Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Novel Sastra Lama Balai Pustaka
#1
Novel Sastra Lama Balai Pustaka. Perusahaan penerbit Balai Pustaka pada awalnya adalah perusahaan penerbit Belanda. Setelah Indonesia merdeka kemudian di ambil alih oleh Negara dan hingga sekarang menjadi Persero BUMN. Perusahaan inilah yang lebih banyak menerbitkan Novel sastra lama di Indonesia hingga sekarang. Tapi banyak juga perusahaan penerbit lain yang menerbitkan novel sastra. Menciptakan novel sastra tidak bisa di sengaja. Yang pasti sebuah novel sastra adalah novel yang memiliki banyak unsur dan memilliki nilai estetika yang baik.

Hingga jaman sekarang, terdapat ratusan novel sastra di Indonesia. Yang diterbitkan sejak 1920 hingga tahun 1990an. Sebuah karya sastra sudah pasti sebuah karya yang bagus. Biasanya dikoleksi oleh banyak perpustakaan di berbagai sekolah dan perpustakaan pemerintah bahkan perpustakaan luar negeri.

[Image: Kategori_Novel_Sastra_Lama_Di_Indonesia.jpg]

Berikut ini kategori Novel Sastra di Indonesia:
  • Angkatan 1920 atau Pujangga Lama
  • Angkatan 1930
  • Angkatan 1940 atau pujangga baru
  • Angkatan Kemerdekaan
  • Angkatan 66 atau 1960an
  • Angkatan modern pada jaman sekarang

Novel sastra lama
akan selalu disukai orang karena novel ini sangat menarik dengan penyusuan alur cerita yang berliku. Menggambarkan sebuah tradisi atau sebuah kehidupan dalam masyarakat di jamannya.
Novel Sastra Lama Di Indonesia Hingga Sekarang

Novel sastra lama Indonesia saat ini terus di terbitkan untuk dipelajari oleh anak sekolah. Novel sastra lama biasanya harus di koleksi sebuah perpustakaan di pemerintahan, sekolah dan kampus.

Pengarang sastra lama di Indonesia banyak yang terkenal, hingga ke negeri Belanda. Terutama pengarang sastra pada masa perjuangan kemerdekaan. Dari tahun 1920an-1950an. Hal itu dapat di maklumi. Karena pada waktu Belanda yang mengatur untuk menerbitkan buku dan koran di Indonesia.

Hingga sekarang terdapat puluhan novel sastra terbaru yang dikategorikan sebagai novel sastra. Berikut ini adalah Daftar Novel sastra lama di Indonesia. Daftar itu sudah dilengkapi dengan novel terbaru yang di terbitkan sejak tahun 1960an hingga 1990an.

Novel itu di seleksi oleh orang-orang yang kompeten dan ahli dibidangnya. Karena untuk memilih sebuah novel menjadi kategori sastra tidak mudah.

Untuk anda yang hobby membaca novel sastra. Alamat diatas mungkin bisa membantu anda dalam memilih novel yang tepat untuk anda koleksi. Semoga bermamfaat.
#2
wauu semua kumpulan novel dari tahun 1920 keren banget
#3
Iya, sebenarnya, novel Indonesia belum banyak yang bisa dikategorikan sebagai Karya Novel Sastra
#4
novel sastra sekarang lebih jauh dari novel dulu tapi saya suka novel dahalu
#5
(26 January 2017, 04:42 PM)awanbiru Wrote: novel sastra sekarang lebih jauh dari novel dulu tapi saya suka novel dahalu

Novel dulu klasik, novel sekarang mengitu jaman




Users browsing this thread: 1 Guest(s)

About Ziuma

ziuma - forum diskusi dan komunitas online. disini kamu bisa berdiskusi, berbagi informasi dan membentuk komunitas secara online. Bisa juga berdiskusi dengan sesama webmaster/blogger. forum ini berbasis mybb

              Quick Links

              User Links

             powered by