Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Nilai Dasar RGE yang Dicanangkan Sukanto Tanoto
#1
Bagi Sukanto Tanoto, tahun 2017 merupakan tahun yang spesial karena tahun ini adalah tahun ke 50 Beliau terjun ke dalam bisnisnya. Oleh karena itu Beliau memanfaatkan kesempatan di tahun 2017 untuk mencanangkan nilai dasar perusahaan. Di bawah kepemimpinan Sukanto Tanoto, RGE berhasil untuk menerjuni dan bahkan menguasai beragam bidang bisnis yang memanfaatkan sumber daya alam. Bisnis tersebut diantaranya selulosa spesial, serat viscose, industri kelapa sawit, hingga pengembangan energi. Kesuksesan RGE selama ini pun bukan hal yang tiba-tiba didapatkan, namun itu semua tidak lepas dari pengalaman panjang yang dialami oleh Sukanto Tanoto. Sukanto Tanoto telah terjun di dunia usaha sejak Beliau berumur 18 tahun, hal itu Beliau lakukan unuk menyambung hidup. Sukanto Tanoto bukan terlahir dari keluarga orang kaya yang dengan mudah memberikan fasilitas dan apapun yang Beliau mau, namun Beliau terlahir dari keluarga sederhana yang merupakan anak sulung dari tujuh bersaudara. Bahkan ketika peristiwa G30S pada tahun 1965, sekolah Tanoto ditutup sehingga beliau tidak dapat sekolah lagi. Tak lama kemudian, ayahnya sakit keras. Karena Sukanto Tanoto anak yang paling tua, akhirnya Beliau harus mengambil tanggung jawab untuk menghidupi keluarganya. Sukanto Tanoto pun akhirnya mengelola toko keluarga yang berjualan bensin, minyak, dan onderdil kendaraan. Pekerjaan itulah yang akhirnya menjadi pengalaman pertama dalam petualangan Sukanto Tanoto di bidang bisnis.
            Sukanto Tanoto yang telah lama terjun di dunia bisnis menjadikan dirinya mengetahui secara persis seluk beluk dunia bisnis, yang akhirnya dituangkan dalam nilai dasar RGE. Hal tersebut Beliau lakukan dengan harapan dapat membantu semua pihak di perusahaan sebagai kerangka kerja dan tata perilaku bekerja. Dalam merumuskan nilai dasar RGE, Sukanto mengambil intisari berbagai hal di dalam RGE yang sebenarnya nilai dasar tersebut sudah diprakteknya di dalam kinerja RGE selama ini. Nilai dasar tersebut antara lain yaitu complementary team, ownership, people, integrity, costumer, dan continuous improvement.
             Complementary team berkaitan dengan kerja sama sebagai tim. Dimana semua karyawan harus saling melengkapi dan membantu untuk mendapatkan tujuan yang sama. Ownership adalah suatu rasa kepemilikan yang harus ada agar semua karyawan merasa memiliki perusahaan. Rasa ini diwujudkan melalui ajakan agar karyawan menggapai target dan bekerja secara ambisius, selain itu juga dilakukan dengan memimpin lewat contoh nyata agar menjadi panutan bagi timnya. Nilai dasar selanjutnya adalah people, dimana Sukanto Tanoto mengaharuskan RGE untuk memperlakukan karyawannya secara profesional dan adil. Lalu integritas agar laju operasional perusahaan berjalan dengan baik. Ada nilai dasar customer, dimana Sukanto Tanoto mengorientasikan pelanggan sebagai salah satu nilai dasar tubuh RGE agar karyawan menghasilkan produk dan pelayanan yang terbaik. Kemudian nilai dasar yang terakhir adalah continuous improvement yaitu sikap yang tidak pernah puas dengan pencapaian yang telah didapatkan. Melalui enam nilai dasar tersebut Sukanto Tanoto berharap kinerja perusahaan dapat menjadi lebih baik.
Reply




Users browsing this thread: 1 Guest(s)

About Ziuma

ziuma - forum diskusi dan komunitas online. disini kamu bisa berdiskusi, berbagi informasi dan membentuk komunitas secara online. Bisa juga berdiskusi dengan sesama webmaster/blogger. forum ini berbasis mybb

              Quick Links

              User Links

             powered by