Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Mungkinkah Positif Hamil Setelah Selesai Haid?
#1
[Image: positif-hamil-setelah-selesai-haid.jpg]

Haid merupakan pertanda bahwa wanita sedang tidak hamil. Namun, tahukah kamu bahwa ada kondisi di mana positif hamil setelah selesai haid? Selain menjadi kabar bahagia, terkadang berita kehamilan menjadi kabar yang membuat bimbang bagi beberapa orang yang tidak mengharapkan kehamilan.

Bagi beberapa orang yang tidak mengharapkan atau ingin menunda kehamilan, haid atau menstruasi adalah hal yang dinanti. Haid yang datang terlambat bisa membuat stres beberapa orang.

Padahal, stres juga dapat memicu jadwal haid yang berantakan dan haid kerap membuat seseorang menjadi cinta sekaligus benci. Mencari tahu kapan haid itu datang? Berapa lama haid wanita akan bertahan? Lantas bagaimana jika positif hamil setelah selesai haid? Apakah mungkin terjadi, positif hamil tepat setelah haid?

Pertanyaan-pertanyaan seperti ini kerap menghantui beberapa wanita yang ingin menunda kehamilan. Padahal kunci dari itu semua adalah mengetahui waktu atau jendela kesuburan ibu sendiri dan menghitung peluang untuk hamil.

Kemungkinan Positif Hamil Setelah Selesai Haid
Jika Ibu berovulasi secara teratur, Ibu memiliki 'jendela subur' bulanan saat Ibu paling bisa hamil.  Sayangnya dikutip dari Healthline, tidak semua wanita dapat berovulasi secara teratur. Ini dapat membuat Ibu sulit mengetahui kapan waktu Ibu yang paling subur, yang biasanya terjadi di tengah siklus. Akhirnya, Ibu akan bingung ketika mendapat diri positif hamil setelah selesai haid. Perlu Ibu ketahui bahwa jadwal subur ini terjadi sekitar hari ke-14, jika Ibu memiliki siklus 28 hari.

Beberapa wanita secara alami memiliki siklus yang lebih pendek yaitu sekitar 21 hari. Jika ini mirip dengan siklus Ibu, maka tidak mustahil Ibu bisa positif hamil setelah selesai haid atau selama mendapatkan haid.

Jika Ibu berovulasi secara sporadis di awal atau akhir, ada kemungkinan juga untuk positif hamil setelah selesai haid karena berhubungan seks tepat sebelum, selama, atau setelah haid. Akan tetapi sekali lagi, kemungkinan positif hamil setelah selesai haid ini bisa saja sangat kecil. 
Kemungkinan positif hamil setelah selesai haid sangat rendah, terutama apabila dibandingkan dengan kemungkinan positif hamil setelah selesai haid beberapa hari setelah atau seminggu dalam siklus menstruasi.

Perlu Ibu ketahui, ketika seorang wanita berhubungan seks tanpa menggunakan kontrasepsi, dia dapat hamil kapan saja termasuk positif hamil setelah selesai haid. Kontrol yang paling penting memang memanfaatkan alat kontrasepsi.

Ibu juga bisa positif hamil setelah selesai haid jika Ibu memiliki siklus yang tidak teratur. Siklus haid dianggap tidak teratur jika berada di luar kisaran 'normal'. Dikutip dari Office on Women Health, dilaporkan bahwa siklus menstruasi yang tidak teratur adalah yang kurang dari 21 hari atau lebih lama dari 35. Itulah mengapa, masa subur ini bervariasi dari satu wanita ke wanita lainnya dan terkadang juga dapat berubah dari bulan ke bulan.

Apakah Aman Berhubungan Seks Selama Haid?
Banyak alasan kenapa Ibu akhirnya bisa positif hamil setelah selesai haid. Salah satunya melupakan penggunaan kondom atau alat pengaman.
Seks tanpa kondom selama haid, bukanlah hal yang dianjurkan. Dikutip dari Medicine Net, berhubungan seks tanpa kondom, baik oral, anal, atau vaginal, selalu meningkatkan risiko infeksi karena kontak kulit-ke-kulit. Terkadang beberapa orang menganggap berhubungan seks saat haid adalah hal yang aman.

Akan tetapi, hal itu dapat menyebabkan risiko infeksi akibat keputihan. Infeksi jamur adalah infeksi paling umum yang didapat saat berhubungan seks. Menerapkan tindakan pengendalian kelahiran, seperti menggunakan kondom, dapat menurunkan kemungkinan tertular infeksi dan kemungkinan kehamilan termasuk positif hamil setelah selesai haid. 
Namun, ada beberapa manfaat umum lainnya ketika Ibu melakukan hubungan seks yang terlindungi selama haid:
  • Meredakan Kram Menstruasi
Karena rahim mungkin melepaskan lapisannya, orgasme dapat meredakan kram saat haid. Otot rahim yang berkontraksi dan lepas dari waktu ke waktu, menyebabkan ketegangan otot berkurang. Selain itu, seks mengarah pada pelepasan endorfin, yang membantu meredakan nyeri tubuh, sakit kepala, dan ketidaknyamanan.
  • Pelumasan yang Lebih Baik
Salah satu manfaat paling menonjol dari berhubungan seks selama haid adalah memungkinkan pelumasan yang lebih baik. Jika sebagian besar vagina kering saat berhubungan seks, aliran menstruasi dapat membantu meningkatkan lubrikasi dengan bertindak sebagai pelumas alami. Ini berkontribusi pada seks yang lebih aman dan nyaman.
Demikian penjelasan singkat mengenai positif hamil setelah selesai haid. Semoga menambah wawasanmu.
Reply




Users browsing this thread: 1 Guest(s)

About Ziuma

ziuma - forum diskusi dan komunitas online. disini kamu bisa berdiskusi, berbagi informasi dan membentuk komunitas secara online. Bisa juga berdiskusi dengan sesama webmaster/blogger. forum ini berbasis mybb

              Quick Links

              User Links

             powered by