Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Model Bisnis On-Demand Yang Tak Pernah Tumbang
#1
Bisnis on-demand merupakan model baru hasil dari pekembangan teknologi digital yang mempertemukan konsumen dengan pemiliki produk atau jasa untuk saling bertransaksi secara online. Model ini di dorong oleh teknologi yang memungkinkan bisnis memenuhi permintaan konsumen dengan tujuan memberikan pengalaman pada konsumen cepat, praktis, dan efisien. Dengan segala kenyamanan yang dimiliki, diprediksi model tersebut bisa bertahan dalam jangka waktu yang lama dan saat ini belum ada model bisnis lain yang benar - benar bisa menumbangkannya.
.
Startup on-demand di Indonesia mulai dikenal dalam lima tahun terakhir dengan ditandai pemesanan transportasi online dari aplikasi GoJek, Grab, dan Uber. Saat itu, layanan yang mengandalkan aplikasi di smartphone dan jaringan internet untuk menghubungkan penyedia transportasi seperti ojek dan mobil dengan penumpang, sangat diminati oleh masyarakat urban karena pemesanan yang mudah, cepat datang, dan harga yang bisa lebih murah daripada layanan transportasi konvensional seperti taksi dan ojek pangkalan. Bisnis ini datang untuk menjawab permintaan konsumen dan kebutuhan masyarakat urban yang mobilitasnya tinggi. Selain transportasi, ada layanan untuk pemesanan makanan dan kurir barang, sehingga customer sangat dimudahkan dengan adanya aplikasi - aplikasi tersebut. Hal ini sontak mengubah pola pikir konsumen, yang menginginkan segalanya serba cepat, mudah, dan harga terjangkau melalui aplikasi on-demand.
.
Kini banyak perusahaan - perusahaan teknologi yang mengadopsi model bisnis serupa untuk membuat aplikasi on-demand sesuai dengan segmen pasar dan target market yang dituju. Model bisnis on-demand relatif mudah untuk diperluas jangkauan bisnisnya karena terbuka untuk segala jenis produk dan jasa, seperti pemesanan hotel, konsultasi dokter, pemesanan tiket bioskop, cleaning service, layanan bengkel, dsb. Siapapun bisa menjadi pemasok barang atau jasa, serta bisa menjadi konsumen asalkan memiliki akun di aplikasi itu. Cara registrasinya rata - rata mudah, minimal mendaftarkan nomor telpon dan email, serta melakukan verifikasi untuk secara resmi memiliki akun.
.
Tak sampai disitu, banyak efek positif dari segi perekonomian dengan adanya aplikasi on-demand. Salah satunya kesempatan membuka lapangan kerja baru bagi tenaga - tenaga ahli, serta bagi pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) dan usaha kecil menengah (UKM) yang bergabung menjadi mitra perusahaan teknologi pemilik aplikasi, terbuka peluangnya untuk memajukan bisnis mereka. Dalam model bisnis ini, perusahaan teknologi hanya berperan sebagai jembatan yang menghubungkan penyedia produk dan jasa ke target market. Kemajuan perekonomian secara nasional pun dapat tumbuh dengan baik melalui pasar on-demand ini. Ditambah lagi, pemerintah di era Presiden Joko Widodo tengah gencar - gencarnya membangun infrastruktur untuk menyambungkan satu daerah dengan daerah lainnya, serta memberikan akses internet yang layak. Semakin baik infrastruktur internet, semakin besar pula peluang UMKM dan UKM lokal memajukan bisnisnya dengan bergabung menjadi vendor bagi perusahaan teknologi penyedia aplikasi.
.
Dengan berbagai dampak positif yang dihasilkan dari model bisnis on-demand, diprediksi perkembangannya akan jauh lebih pesat untuk tahun - tahun ke depan. Teknologi digital semakin familiar digunakan oleh masyarakat baik yang tinggal di perkotaan maupun pedesaan, peluang bagi perusahaan teknologi untuk mengaplikasikan model bisnis tersebut terbuka lebar. Sehingga, bagi pebisnis lokal yang masih kesulitan mendapatkan market untuk produk dan jasanya, akan terbantu dengan masuknya jaringan aplikasi on-demand di daerah mereka.

Referensi: Halo Jasa
Reply




Users browsing this thread: 1 Guest(s)

About Ziuma

ziuma - forum diskusi dan komunitas online. disini kamu bisa berdiskusi, berbagi informasi dan membentuk komunitas secara online. Bisa juga berdiskusi dengan sesama webmaster/blogger. forum ini berbasis mybb

              Quick Links

              User Links

             powered by