Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Minum Susu Bisa Membuat Tubuh Menjadi Lebih Tinggi, Benarkah?
#1
Minum susu tak boleh berbarengan dengan obat, minum susu sebelum tidur bisa membuat tidur nyenyak, susu dapat membuat obesitas. Hanya mitos atau benar-benar fakta? Berikut penjelasan mitos fakta seputar susu dari Anita Pratiwi, Amd.Gizi., dari RSIA Hermina Bogor.
1. Tidak boleh minum susu berbarengan dengan minum obat. Atau, minum susu segera setelah minum obat.
FAKTA
Penjelasan: Susu mengurangi absorbsi antibiotik dalam tubuh sehingga menghambat penyerapan tubuh terhadap komponen tertentu di dalam obat, misalnya zat besi. Beberapa obat seperti antibiotik mengandung tetrasiklik yang bereaksi dengan susu. Contoh lain, kandungan kalsium dalam susu dapat mengganggu efektivitas obat tiroid.

2. Minum susu sebelum tidur membuat tidur lebih nyenyak.
FAKTA
Penjelasan: Susu mengandung asam amino, misalnya tryptophan yang dapat membantu tubuh memproduksi hormon yang dibutuhkan untuk membuat tidur tenang. Asam amino ini akan memicu/menginduksi tidur dengan menaikan serotonin. Serotonin berperan penting untuk membuat orang relaks dan tidur pada malam hari. Akan tetapi membuat kita terjaga penuh pada siang hari.

3. Susu bisa menggantikan makanan yang biasa/rutin dikonsumsi sehari-hari.
MITOS
Penjelasan: Susu hanya sebagai menu pelengkap, bukan sumber zat gizi utama. Bila hanya mengonsumsi susu, kecukupan energi dan zat gizi tidak terpenuhi. Jadi, setiap individu tetap harus mengonsumsi makanan bergizi lainnya agar kebutuhan zat gizi, vitamin, dan mineral yang diperlukan tubuh tercukupi.

4. Bila baru saja sembuh dari sakit, sebaiknya minum susu karena membantu pemulihan.
FAKTA
Penjelasan: Susu dapat membantu pemulihan pasca sakit karena mengandung protein, kalsium, dan fosfor. Protein dalam susu dapat membentuk sel/jaringan baru sehingga membantu proses pemulihan.

5. Hati-hati, susu bisa membuat gigi rusak.
FAKTA
Penjelasan: Konsumsi susu apalagi saat tidur dapat merusak gigi. Kenapa? Karena saat tidur terutama malam hari, produksi saliva atau air liur secara otomatis berkurang. Nah, berkurangnya saliva dan susu inilah yang menjadi sarana bagi kuman di mulut berkembang dan mengubah susu menjadi asam. Asam ini yang menjadi awal pemicu terbentuknya lubang/karies gigi.

6. Susu bisa bikin obesitas.
MITOS
Penjelasan: Susu pertumbuhan justru mengontrol nafsu makan sehingga mengurangi risiko obesitas. Dalam hal ini, pemilihan susu sebaiknya tidak mengandung gula tinggi dan mudah dicerna. Tujuannya, menjaga kalori yang diasup dan membuat rasa kenyang lebih lama.

Susu juga mengandung CLA (conjugated linolenic acid) yang dapat mencegah kegemukan/obesitas. Akan tetapi, sekali lagi, semua bergantung pada asupan makanan lainnya. Misalnya, bila seseorang terbiasa mengonsumsi makanan berkalori tinggi, tentu bisa saja mengakibatkan kegemukan.
7. Susu dapat menyebabkan diare.
FAKTA
Penjelasan: Memang ada individu yang mengalami intoleransi terhadap laktosa. Nah, bagi individu tersebut, bila mengonsumsi susu yang mengandung laktosa dapat menyebabkan diare. Untuk orang yang mengalami hal ini dapat memilih untuk mengonsumsi susu yang tak mengandung laktosa, misalnya susu kedelai.

8. Susu membuat kulit halus.
FAKTA
Penjelasan: Susu mengandung vitamin A dan D yang membantu membuat kulit halus dan sehat. Selain itu, mineral penting seperti zat besi, kalsium, dan tembaga dalam susu dapat meningkatkan kesehatan dan kekuatan sel kulit. Protein dan zat besi pada susu dapat memperlambat proses penuaan, asam laktat pada susu berperan melembapkan kulit dan mendorong tumbuhnya sel kulit baru yang sehat.

9. Susu bisa membuat tubuh menjadi lebih tinggi.
MITOS
Penjelasan: Untuk menambah tinggi badan, seseorang membutuhkan beberapa asupan nutrisi penguat tulang dan komponen penyeimbang hormon. Nah, salah satu asupan nutrisi yang penting bagi pertumbuhan tinggi badan adalah kalsium. Namun, tidak semua susu berkalsium tinggi dapat menambah tinggi badan secara efektif karena adanya perbedaan tingkat penyerapan kalsium tergantung dari jenis kalsium itu sendiri.
Reply
#2
Susu yang dimaksud ini susu sapi, susu kambing, susu kuda atau ASI ya ?
Dapatkan info harga aneka printer id card berkualitas dengan lengkap dari Tokoprinterkartu.id
Reply




Users browsing this thread: 1 Guest(s)

About Ziuma

ziuma - forum diskusi dan komunitas online. disini kamu bisa berdiskusi, berbagi informasi dan membentuk komunitas secara online. Bisa juga berdiskusi dengan sesama webmaster/blogger. forum ini berbasis mybb

              Quick Links

              User Links

             powered by