Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Merek Dagang Glyceryl Guaicolate Populer di Pasar Indonesia
#1
[Image: glyceryl-guaicolate.jpg]


Ada banyak jenis dan macam obat batuk. Salah satu faktor yang jadi pembeda adalah kandungan zat aktif di dalamnya. Dunia farmasi banyak memanfaatkan dua zat aktif, yakni antitusif sebagai penekan batuk dan pengencer dahak. Di kelompok pengencer dahak, para produsen obat menggunakan ekspektoran dan mukolitik. Masing-masing kelompok punya “jagoannya” tersendiri, misalnya Glyceryl Guaicolate di kelompok ekspektoran dan Ambroxol di kelompok mukolitik.
Glyceryl Guaicolate atau dikenal juga dengan sebutan guaifenesin sebenarnya tidak hanya dapat berperan sebagai pengencer dahak. Ia juga berfungsi mengobati gejala batuk dan pembengkakan mukosa yang disebabkan oleh flu, bronkitis, dan gangguan pernapasan lainnya.
Glyceryl Guaicolate tergolong obat bebas sekaligus obat yang harus disertai resep dari dokter. Untuk beberapa kondisi, seseorang memang diharuskan mendapat persetujuan dari dokter sebelum mengonsumsi obat ini. Namun, Glyceryl Guaicolate juga banyak dijual secara bebas dalam berbagai bentuk (kapsul, pil, tablet, atau sirup) dan dengan beragam merek dagang.
Sebenarnya, secara umum hampir semua merek dagang Glyceryl Guaicolate yang beredar di pasar memiliki dosis serta khasiat yang serupa. Pembedanya paling-paling hanya terdapat pada tambahan bahan lain yang memengaruhi rasa juga peruntukannya, misalkan untuk anak-anak dan orang dewasa.
Karena tergolong obat bebas, Glyceryl Guaicolate dapat dikatakan sebagai “obat warungan” atau dapat ditemukan dan dibeli di warung-warung. Di Indonesia, ada banyak sekali merek dagang obat ini. Namun, berikut yang kiranya paling populer serta familiar di telinga kita:
·        Anakonidin
Obat batuk berbentuk sirup ini diproduksi oleh salah satu produsen farmasi kenamaan di Indonesia, Konimex. Obat batuk ini dikemas dalam botol berisi 60 mililiter. Selain mengandung Glyceryl Guaicolate, Anakonidin juga dilengkapi Dextromethorphan HBR, Pseudoephdrine HCL, dan Chlorphenamine Maleate sebagai zat aktifnya. Meski dapat dibeli secara bebas tanpa resep dokter, Anda perlu memperhatikan aturan pakai dan efek sampingnya.
·        Bodrex
Sebagai salah satu raksasa dalam industri farmasi, Tempo Scan Pacific, memiliki banyak produk unggulan dalam ranah obat batuk. Ada banyak sekali merek dagang obat Glyceryl Guaicolate yang dirilis oleh pabrikan ini.
Beberapa di antaranya adalah Bodrex Flu dan Batuk Berdahak PE yang berbentuk kaplet dengan kombinasi Glyceryl Guaicolate, Paracetamol, Phenylephrine HCL, serta Bromhexine HCL; Bodrexin Flu dan Batuk Berdahak PE Sirup yang dikhusukan untuk anak-anak; hingga Bodrexin Demam Sirup.
·        Oskadon Flu & Batuk Berdahak
Oskadon adalah salah satu produk unggulan dari Supra Febrindo. Obat berbentuk tablet ini dapat ditemukan di mana saja di Indonesia. Tiap tablet Oskadon Flu & Batuk Berdahak mengandung zat aktif Bromhexine HCl 8 mg, Paracetamol 500 mg, Phenylpropanolamine HCl 15 mg, dan juga Glyceryl Guaicolate 100 mg. Obat ini memiliki indikasi mengobati gejala flu seperti demam, sakit kepala, disertai batuk dengan dahak/mukus yang berlebihan.
·        Termorex Plus
Berbentuk sirup dengan rasa jeruk, obat ini dikhususkan untuk anak-anak dari usia 2 hingga 12 tahun. Dengan kandungan aktif Paracetamol 120 mg, Pseudoephedrine HCl 7,5 mg, Glyceryl Guaicolate 25 mg, dan Chlorpheniramine maleate 0,5 mg, obat ini digunakan untuk meringankan gejala flu seperti demam, sakit kepala, hidung tersumbat dan bersin-bersin yang disertai batuk. Sama seperti Anakonidin, Termorex Plus juga diproduksi oleh Konimex.
·        Vick Formula 44
Ini adalah salah satu obat batuk paling populer di Indonesia. Diproduksi oleh Darya-Varia Laboratoria, merek Vick Formula 44 punya banyak ragam. Salah satunya adalah khusus untuk meredakan batuk berdahak. Ya, seperti kita ketahui bersama, salah satu kandungan utama dalam batuk berdahak adalah ekspektoran, utamanya Glyceryl Guaicolate, yang efektif mengencerkan dahak.
Merek-merek obat tersebut tentu sudah tidak asing bagi kita orang Indonesia. Mungkin, di antara beberapa merek tersebut, ada satu yang jadi langganan kita setiap mengalami batuk. Namun, apakah Anda menyadari jika tiap-tiap merek di atas mengandalkan Gylceryl Guaicolate sebagai zat yang menyembuhkan batuk berdahak kita?


Attached Files Thumbnail(s)
   
Reply




Users browsing this thread: 1 Guest(s)

About Ziuma

ziuma - forum diskusi dan komunitas online. disini kamu bisa berdiskusi, berbagi informasi dan membentuk komunitas secara online. Bisa juga berdiskusi dengan sesama webmaster/blogger. forum ini berbasis mybb

              Quick Links

              User Links

             powered by