Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Menilik Manfaat dari Diet Gluten Free
#1
Saat menerapkan diet gluten free artinya Anda harus menghindari makanan-makanan yang mengandung gluten. Beberapa orang sangat membutuhkan pola makan bebas gluten ini, seperti penderita penyakit celiac dan mereka yang sensitif dengan gluten.

Meski demikian, diet gluten free tidak hanya dilakukan karena kebutuhan medis tertentu, tetapi sudah menjadi tren atau gaya hidup. Sebetulnya, apa saja manfaat dari menerapkan pola makan bebas gluten ini?

Manfaat kesehatan dari diet gluten free
Diet gluten free sangat bermanfaat bahkan dibutuhkan oleh penderita penyakit celiac. Penyakit ini merupakan salah satu jenis penyakit autoimun, di mana tubuh penderita keliru menilai protein gluten sebagai ancaman bagi tubuh.

Akibatnya, sistem pertahanan tubuh akan menyerang protein gluten. Bagian yang disayangkan, area sekitarnya pun turut terdampak, dinding usus misalnya. Masih banyak gejala yang dapat dirasakan oleh penderita penyakit celiac, oleh karenanya penting untuk menghindari asupan gluten.

Akan tetapi, manfaat dari diet gluten free bukan hanya dapat dirasakan oleh pasien dengan penyakit celiac. Mereka yang sehat pun tetap dapat merasakan manfaat dari pola makan ini.

1. Mengatasi masalah pencernaan
Kebanyakan orang menerapkan diet gluten free untuk mengatasi masalah pencernaan. Termasuk di antaranya mengatasi perut kembung, diare atau konstipasi, gas yang terperangkap di pencernaan, kelelahan, dan berbagai gejala lainnya.

Terlebih bagi pasien penyakit celiac, menghentikan asupan gluten dapat mengatasi berbagai gejala gangguan pencernaan. Dalam sebuah penelitian yang melibatkan 215 peserta, dilaporkan bahwa menerapkan pola makan bebas gluten selama 6 bulan telah membantu mengurangi nyeri perut, frekuensi diare, mual, serta gejala-gejala lainnya.

2. Mengurangi inflamasi kronis pada pasien penyakit celiac
Inflamasi merupakan salah satu mekanisme tubuh yang muncul dalam merawat dan menyembuhkan infeksi. Namun, kadang inflamasi dapat menjadi tidak terkendali dan bertahan dalam hitungan minggu, bulan, hingga tahun. Kondisi inilah yang dikenal sebagai inflamasi kronis, dan berisiko menimbulkan berbagai masalah medis lain.

Penderita penyakit celiac kerap mengalami inflamasi kronis dan kondisi ini dapat diatasi dengan menerapkan diet gluten free.

3. Meningkatkan energi
Bila Anda sering merasa kelelahan, salah satunya mungkin dipicu oleh defisiensi nutrien karena adanya kerusakan di usus. Hal ini sangat umum dialami oleh pasien penyakit celiac. Sebagai contoh, mereka kerap kekurangan zat besi, yang berujung terjadinya anemia.

Bagi Anda yang mengalami kondisi ini, menerapkan pola makan bebas gluten akan membantu Anda merasa lebih berenergi. Tidak lagi merasa letih dan lesu.

4. Membantu menurunkan berat badan
Bukan hal mengejutkan bila berat badan Anda menurun saat menjalani diet gluten free. Sebab Anda harus menyingkirkan aneka junk food yang menambah kalori yang tidak dibutuhkan tubuh. Belum lagi aneka kue, kue kering, dan camilan yang benar-benar harus Anda tinggalkan, turut berperan mengontrol berat badan.

Biasanya, menu tersebut digantikan dengan sayur, buah, dan proteinĀ  tanpa lemak. Wajar saja, terjadi penurunan berat badan.

Berbagai manfaat tersebut, secara khusus sangat dirasakan bagi penderita penyakit celiac dan mereka yang sensitif terhadap gluten.

Meski kebanyakan orang tidak merasakan dampak negatif saat mengonsumsi gluten, tapi bagi pasien penyakit celiac dan gluten intolerant, dampak kesehatan yang serius dapat dirasakan saat ada asupan gluten ke dalam tubuhnya.

Banyak juga orang yang menerapkan diet gluten free karena ingin menurunkan berat badan. Telah disebutkan sebelumnya, pola makan ini memang membantu penurunan berat badan. Akan tetapi, Anda perlu waspada dengan risiko kekurangan nutrisi yang dapat terjadi akibat diet ini.
Reply




Users browsing this thread: 1 Guest(s)

About Ziuma

ziuma - forum diskusi dan komunitas online. disini kamu bisa berdiskusi, berbagi informasi dan membentuk komunitas secara online. Bisa juga berdiskusi dengan sesama webmaster/blogger. forum ini berbasis mybb

              Quick Links

              User Links

             powered by