Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Mengulik Alasan Pentingnya Mencuci Buah Dan Sayur Dengan Sabun Cuci Piring
#1
Berbagai jenis kuman dan virus dapat menempel di berbagai jenis bidang, termasuk pada sayur dan buah. Alasan inilah yang kemudian kebiasaan mencuci buah dan sayur perlu diterapkan. Lantas apakah aman menggunakan sabun cuci piring untuk mencuci mereka? Yuk intip penjelasan beserta cara mencucinya disini!

Alasan Pentingnya Mencuci Buah Dan Sayur
Sayur dan buah yang hendak diolah akan jauh lebih baik jika diberikan terlebih dahulu, terutama di saat pandemi seperti ini. Dikutip dari sebuah website, dijelaskan bahwa belum ada laporan bahwa penyebaran Covid 19 terjadi melalui kemasan makanan. Namun terlepas dari itu, buah dan sayur terbukti mengandung residu pestisida dan mikroorganisme tertentu yang berpotensi burung bagi tubuh.

Mencuci buah dan sayur menjadi alternatif terbaik agar bahan bahan tersebut tidak sampai masuk ke dalam tubuh. Adapun beberapa jenis mikroorganisme yang dapat menempel di permukaan bahan makanan adalah virus, parasit, jamur, dan bakteri, contohnya adalah E.Coli, listeria, dan salmonella. Mereka terbukti dapat menyebabkan timbulnya gejala penyakit baik bagi anak anak maupun orang dewasa.

baca juga langkah mencuci piring yang tepat

Bagaimana Cara Mencici Buah Dan Sayur?
Substansi yang paling berbahaya yang ditemukan di permukaan buah dan sayur adalah residu pestisida. Banyak orang yang memakai sabun cuci piring untuk membersihkannya. Saat masih di lahan, petani kerap kali menyemprot tanaman budidayanya dengan pestisida. Bahkan ada kalanya, petani menggunakan lebih dari satu bahan kimia untuk melindungi tanaman budidayanya.

Menghilangkan residu pestisida juga sebenarnya tidak mudah. Dalam sebuah penelitian, didapatkan hasil jika menggunakan air mengalir saja hanya bisa membilas sembilan jenis residu pestisida, dari dua belas jenis bahan yang diujikan. Artinya, air tidak bisa seratus persen mengangkat bahan kimia, dan dibutuhkan bahan tambahan.

Bahan tambahan yang dimaksud salah staunya adalah sabun pencuci piring seperti Fresh Lime Dishwashing Soap Olaif. Pilihlah sabun pencuci piring yang ampuh mengangkat residu dan juga aman bagi penggunanya. Sabuni seluruh permukaan buah dan sayur dan bilas dengan menggunakan air mengalir. Setelah melaksanakannya, keringkan bahan makanan itu menggunakan tisu.

Anda tidak boleh menyemprot buah dan sayur tadi menggunakan desinfektan. Produk tersebut bukan diproduksi untuk pembersih makanan, sehingga sangat berbahaya hingga sampai ikut termakan. Orang yang mengkonsumsinya bisa mengalami gangguan pencernaan hingga keracunan yang fatal. Oleh karena itu, pastikan produk pembersihnya benar benar aman dan food grade.

Saat ini sudah banyak sabun cuci piring yang aman dan berkhasiat tinggi. Mereka ampuh membunuh kuman, menghilangkan bau tidak sedap, mengangkat sisa lemak membandel, dan aman untuk tangan. Pilih pula produk yang berlabel non paraben atau paraben free. Bahan tersebut tidak baik karena dapat memicu iritasi pada kulit.

Itulah sekilas penjelasan terkait dengan kebiasaan mencuci buah dan sayur dengan menggunakan sabun. Sudah sempat disinggung bahwa produk sabun yang direkomendasikan adalah Olaif. Anda dapat cek langsung keunggulan produknya melalui website resmi Olaif. Di sana, anda juga bisa membeli produk personal care dan household cleaning secara online. 


lihat detail produk sabun cuci piring dan produk rumah tangga lainnya dari Olaif disini 
https://olaif.com/
Reply




Users browsing this thread: 2 Guest(s)

About Ziuma

ziuma - forum diskusi dan komunitas online. disini kamu bisa berdiskusi, berbagi informasi dan membentuk komunitas secara online. Bisa juga berdiskusi dengan sesama webmaster/blogger. forum ini berbasis mybb

              Quick Links

              User Links

             powered by