Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Mengintip Cara Merawat Baju Batik Modern Supaya Awet dan Warnanya Tetap Bagus
#1
 
Nama kain batik sudah sangat tersohor dikalangan masyarakat Indonesia, bahkan hampir setiap orang memiliki baju batik. Sebagian besar orang juga rela mengeluarkan uang yang tidak sedikit untuk melengkapi koleksi baju batiknya, terlebih UNESCO sudah menetapkan batik sebagai salah satu warisan dunia. Hal ini tentu saja akan membuat kebanggaan tersendiri ketika Anda mengenakan baju batik. Seiring berkembangnya waktu banyak sekali jenis dan model baju batik yang beredar luas di Indonesia, salah satunya adalah fenomena baju batik modern yang mengusung desain terkini dengan motif-motif yang menawan.
 
Ada empat jenis bahan dasar yang sering digunakan sebagai kain untuk membuat batik, yaitu:
 
       Kain mori, warna putih kain mori akan mudah di variasikan dengan beragam motif batik.
       Kain kapas grey, ini adalah kain alami yang juga sering digunakan sebagai bahan dasar membuat kain batik.
       Kain kapas, hasil olahan kain ini biasanya berupa batik katun.
       Kain sutra, kain ini memiliki tekstur yang lembut dan mengkilap.
 
Tehnik pembuatan batik juga dibagi dalam beberapa cara, yaitu batik tulis, batik cap dan batik printing. Baju batik selalu memberi kesan elegan saat dipakai, namun memiliki kelemahan yaitu terkadang warnanya cepat pudar dan ukurannya juga dapat menyusut, untuk menghindari hal tersebut maka dibawah ini ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan, antara lain:
 
  1. Lakukan pencucian pertama kali dengan tangan
Setelah membeli pakaian baru, biasanya Anda akan mencucinya terlebih dahulu sebelum dipakai. Khusus untuk baju batik Anda disarankan agar mencucinya dengan tangan secara terpisah dan menggunakan air hangat kuku supaya tidak ada sisa pewarna yang akan luntur ke pakaian Anda yang lain. Hal ini juga bertujuan untuk menjaga kain batik agar tidak mengalami kerusakan.
 
  1. Gunakan sabun cuci khusus kain batik
Usahakan jangan menggunakan deterjen untuk mencuci baju batik, ini dikarenakan deterjen dapat menghasilkan busa yang berlebihan dan bisa berakibat kurang bagus terhadap warna dan tekstur baju batik Anda. Gunakan sabun cuci khusus kain batik yang saat ini banyak tersedia dipasaran. Saat menjemur, hindarkan juga baju batik dari sinar matahari langsung supaya tidak terjadi pemudaran warna.
 
  1. Setrika dengan kain pelapis dan menyimpannya didalam plastik
Saat Anda akan menyetrika baju batik, Anda tidak boleh menyetrikanya secara langsung, melainkan harus melapisinya dengan sehelai kain terlebih dahulu. Ini supaya kain batik Anda tidak bersentuhan langsung dengan suhu panas setrika dan jika ingin menyimpannya, disarankan untuk meletakkan baju batik didalam plastik untuk menghindari adanya ngengat dan debu yang bisa merusak koleksi baju batik Anda.
 
Itulah informasi mengenai kain batik dan beberapa cara untuk merawat baju batik modern Anda supaya bisa awet, warnanya tetap bagus, dan tahan lama.
Reply




Users browsing this thread: 1 Guest(s)

About Ziuma

ziuma - forum diskusi dan komunitas online. disini kamu bisa berdiskusi, berbagi informasi dan membentuk komunitas secara online. Bisa juga berdiskusi dengan sesama webmaster/blogger. forum ini berbasis mybb

              Quick Links

              User Links

             powered by