Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Thread Modes
Mengenal Progesteron, Sidekick-nya Estrogen
#1
Bila estrogen diandaikan sebagai superhero hormon seks wanita, maka progesteron adalah sidekick-nya. Seperti tugas sidekick, progesteron terutama berfungsi menyeimbangkan efek estrogen dalam tubuh.

Jangan cuma kenal estrogen, sekali-kali yuk kenalan dengan sidekick-nya estrogen ini. Ternyata progesteron punya peranan yang tidak kalah penting dari estrogen dalam menjaga kesuburan wanita.

Apa itu progesteron?

Progesteron diproduksi oleh bagian spesifik dalam indung telur yaitu korpus luteum. Progesteron merupakan hormon yang dominan pada pertengahan siklus haid.

Perannya adalah melanjutkan kerja estrogen dalam menyiapkan dinding rahim akan kemungkinan kehamilan.

Bila memang terjadi pembuahan dan kehamilan, korpus luteum akan terus memproduksi progesteron sampai usia kehamilan 10 minggu, setelahnya produksi progesteron digantikan oleh plasenta.

Namun bila sel telur tidak dibuahi dan tidak terjadi kehamilan, maka korpus luteum akan mengecil dan level progesteron dalam tubuh pun akan menurun sehingga terjadilah haid.

Progesteron berfungsi terutama untuk mempertahankan dan menguatkan dinding rahim sehinnga dapat menyediakan nutrisi bagi janin selama kehamilan.

Selain itu progesteron berguna untuk merangsang pembentukan air susu setelah melahirkan.

Kadar progesteron yang rendah dalam tubuh menyebabkan berbagai kondisi seperti tidak teraturnya siklus haid, kehamilan ektopik atau di luar kandungan, preeklamsia, keguguran, dan gangguan fungsi indung telur lainnya.

Begejala rendahnya progesteron pada wanita yang tidak sedang hamil antara lain :
• Sering sakit kepala atau migren
• Gangguan mood seperti cemas berlebihan atau depresi
• Tidak teraturnya siklus menstruasi

Sedangkan gejala rendahnya progesteron pada wanita yang sedang hamil diantaranya sering mengalami bercak dan keguguran.

Apakah kamu termasuk salah satu yang mengalami ciri-ciri di atas? Namun tidak perlu khawatir dulu karena selain diproduksi oleh tubuh, progesteron juga bisa didapatkan dari luar, yaitu dari suplemen progesteron.

Suplemen progesteron

Senyawa progesteron yang dibuat di laboratorium yang memiliki efek sama dengan progesteron alami disebut progestin.

Dosis Suplemen progesteron biasanya diresepkan dokter sesuai kondisi medis. Sediaannya ada yang berbentuk kapsul lunak atau tablet, obat suntik, dan pessary.

Suplemen progesteron sebaiknya tidak dikonsumsi atau dipakai oleh wanita yang memiliki karakteristik sebagai berikut :
• mengalami perdarahan di luar siklus haid
• memiliki riwayat kanker payudara
• penyakit liver
• sebelumnya pernah mengalami serangan jantung, stroke, atau pengentalan darah

Inilah sekilas seluk beluk tentang progesteron yang wajib kamu ketahui.


Sumber: SehatQ.com

Reply
#2
Saya kurang tau seberapa mampukah progetin menggantikan progesteron alami. Kalo saya sih pendukung stimulasi hormonal alami. Menjaga hormon supaya tetap seimbang itu penting banget. Agan setuju kan?

Reply
#3
Iya memang sih menjaga keseimbangan hormon itu salah satu masalah penting yg wajib diperhatiin kalo kita mau sehat. Tapi gimana caranya kita bisa tau kalo hormon lagi ngga seimbang cuma dari gampang capek atau kurang vitamin doang.

Reply




Users browsing this thread: 1 Guest(s)

About Ziuma

ziuma - forum diskusi dan komunitas online. disini kamu bisa berdiskusi, berbagi informasi dan membentuk komunitas secara online. Bisa juga berdiskusi dengan sesama webmaster/blogger. forum ini berbasis mybb

             Quick Links

             User Links

             Support by

  • Ngalih.id