Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Mengenal Avoidant Personality Disorder, Gangguan Kepribadian yang Sering Dialami
#1
Avoidant Personality Disorder (AVPD) merupakan salah satu jenis gangguan kepribadian yang seringkali dianggap mirip dengan kondisi lain berupa Social Anxiaty. Padahal keduanya adalah jenis gangguan kepribadian yang berbeda. Pada penderita AVPD, penderitanya biasanya merasa rendah diri sehingga menghindari berinteraksi dengan orang lain. Sedangkan penderita social anxiety, lebih condong pada fobia sosial sehingga kesulitan berinteraksi di depan umum atau pada kerumunan. Berikut akan dijelaskan lebih mendetail mengenai Avoidant Personality Disorder.

Apa Itu Avoidant Personality Disorder?

Perilaku AVPD pada seseorang akan bertahan lama dan menghambat kegiatan sehari-hari. AVPD sendiri dijelaskan sebagai gangguan kepribadian berupa pola perilaku yang terkait dengan rasa ketidakmampuan, rendah diri, sensitif terhadap penolakan, dan kesulitan bersosial. AVPD cukup umum dialami oleh banyak orang. Penyebab gangguan kepribadian ini belum diketahui dengan pasti. Meski demikian, diperkirakan berbagai faktor dapat menjadi pemicunya seperti faktor gentika, sosial, lingkungan, hingga psikologis seseorang. 

Ciri-ciri Avoidant Personality Disorder
Tidak hanya perasaan rendah diri saja, penderita AVPD biasanya akan menunjukkan berbagai ciri-ciri. Akan tetapi, satu hal yang perlu diperhatikan. Berbagai ciri yang akan dijelaskan hanya dialami oleh orang dewasa saja. Apabila ciri-ciri tersebut dialami oleh anak-anak atau remaja maka belum tentu mengalami AVPD. Anak-anak masih cenderung memiliki kepribadian yang dapat berubah. Sedangkan pada remaja, berbagai ciri tersebut perlu menetap minimal satu tahun untuk dapat digolongkan sebagai penderita AVPD. Berikut beberapa ciri-cirinya.
Seringkali merasa tidak menarik, lebih rendah dari orang lain, serta kurang kompeten.
Selalu ragu dalam mengambil keputusan, melakukan tindakan tertentu yang dianggap memiliki risiko, bahkan menghindari memulai hal baru sebab merasa malu.
Menghindari berbagai kegiatan yang membutuhkan interaksi dengan orang lain sebab khawatir adanya penolakan.
Sensitif dan takut terhadap kritik atau ketidaksepakatan dari orang lain terhadap dirinya.
Bersikap kaku dan biasanya menghindari hubungan romansa.
Apabila menjalin hubungan romansa, biasanya akan cenderung menjadi orang yang suka mengekang.

Cara Menangani Avoidant Personality Disorder
Untuk menangani AVPD hingga saat ini dilakukan menggunakan beberapa metode. Hal tersebut bertujuan agar kualitas hidup pendertia AVPD dapat meningkat dan menjadi lebih baik. Berikut penjelasan lebih lengkapnya.
Obat-obatan
Meski tidak ada obat tertentu yang dapat menyembuhkan AVPD, dokter biasanya tetap akan meresepkan obat terkait yang dapat membantu meredakan gejala yang dialami pasien. Obat antidepresan umumnya akan diberikan pada pasien yang mengalami depresi.
Psikoterapi psikodinamik
Psikoterapi psikodinamik adalah terapi berbicara yang dapat dijalani oleh pasien AVPD. Terapi ini bertujuan untuk menggali kejadian masa lalu pasien yang mungkin menjadi pemicu AVPD yang melekat padanya. Setelah itu, pasien akan dibantu untuk mengatasi berbagai kejadian di masa lalu tersebut termasuk emosi, konflik, serta rasa sakit hati.
Terapi tingkah laku kognitif
Terapi tingkah aku kognitif adalah bentuk lain dari psikoterapi psikodinamik. Pada terapi ini, fokus utama adalah bagaimana pasien bisa menyadari bad mindset atau pikiran buruk yang ada pada dirinya kemudian membantu mengubah hal tersebut.

Seringkali, orang melakukan diagnosis mandiri hanya berbekal pengetahuan dari internet saja. Hal itu perlu dihindari sebab diagnosis gangguan kepribadian perlu dilakukan oleh ahlinya. Apabila Anda atau orang yang dikenal menunjukkan berbagai ciri Avoidant Personality Disorder , maka sebaiknya segeralah berkonsultasi dengan psikolog. Hal itu bertujuan untuk mendapatkan diagnosis yang lebih akurat sehingga dapat ditangani dengan tepat. Berbagai informasi mengenai Avoidant Personality Disorder  dapat Anda akses secara online melalui aplikasi SehatQ.
Reply




Users browsing this thread: 1 Guest(s)

About Ziuma

ziuma - forum diskusi dan komunitas online. disini kamu bisa berdiskusi, berbagi informasi dan membentuk komunitas secara online. Bisa juga berdiskusi dengan sesama webmaster/blogger. forum ini berbasis mybb

              Quick Links

              User Links

             powered by