Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Thread Modes
Mengatasi masalah yang biasa terjadi pada aplikasi jasa
#1
Bagaimana mengatasi masalah pada aplikasi mobile ? Sebelum masuk ke pembahasan lebih mendalam sebelumnya harus tahu dulu apa itu aplikasi mobile? Aplikasi mobile merupakan salah satu tool yang digunakan oleh banyak pebisnis sebagai media untuk menjemput pelanggan dari bisnis yang mereka miliki. Saat ini kemajuan teknologi memberikan berbagai manfaat kepada seluruh umat manusia. Teknologi telah digunakan pada semua aspek hudup, mulai dari kesehatan, pendidikan maupun perekonomian. Dari bidang perekonomian, teknologi digunakan untuk memudahkan promosi bisnis dan melakukan pengelolaan dari bisnis yang dilakukan. Salah satunya yaitu dengan menggunakan sebuah aplikasi dalam bisnis.

Hal ini memberikan banyak manfaat baik bagi pebisnis maupun bagi konsumen. Manfaat yang didapatkan antara lain kemudahan dalam akses, kemudahan dalam melakukan pengelolaan dan memiliki rentang konsumen yang luas karena media ini dapat diakses oleh siapa saja dan dimana saja.

Namun, bisnis yang memberikan layanan berbasis tidak terlepas dari berbagai kendala yang akan muncul. Kendala ini dapat datang dari konsumen, pesaing ataupun dari internal bisnis itu sendiri. Untuk itu bagi setiap pebisnis sangat penting untuk melakukan pencarian terhadap solusi dari permasalahan yang akan muncul pada bisnis yang sedang mereka geluti. Berikut adalah beberapa masalah yang sering muncul berikut dengan mengatasi masalah pada aplikasi mobile dalam bisnis.

1. Munculnya konsumen yang melakukan Hit and run


[Image: 23347c291eea6b15ced5fce38213efa0.jpg]
sumber gambar: pinterest.com


Apapun bisnis yang dijalankan, maka tujuan utama dari bisnis tersebut adalah untuk membantu pelanggan mengatasi permasalahannya dengan produk barang atau jasa yang ditawarkan oleh setiap bisnis. Kemudahaan akses pada metode ini akan membuat konsumen dengan mudah dapat mengakses langsung kepada bisnis kita. Sehingga kita akan mudah menemukan konsumen yang banyak bertanya mengenai segala jasa yang kita tawarkan. Bahkan pertanyaan yang muncul bisa dalam jumlah yang banyak. Namun sayangnya, kebanyakan dari masyarakat memutuskan untuk pergi dan tidak jadi menggunakan jasa yang kita tawarkan setelah kita jelaskan apa saja jenis jasa yang kita tanyakan.
Ini menjadi suatu masalah, karena sebagian besar dari masyarakat cenderung melakukan tindakan ini. Untuk itu setiap bisnis perlu meningkatkan kualitas dan promosinya agar dapat menarik banyak konsumen.

2. Persaingan ketat

[Image: a.jpg]
sumber gambar: pinterest.com

Seperti yang kita ketahui, bidang bisnis yang memanfaatkan teknologi memiliki persaingan yang sangat ketat. Dapat berupa persaingan dalam harga, kualitas pelayanan dan cara promosi. Bahkan antara satu perusahaan dengan yang lainnya dengan produk jasa yang sama hampir memiliki karakteristik yang sama. Baik dari segi harga maupunkualitas. Sehingga konsumen tidak memiliki kecendrungan pasa suatu brand. Hal ini dapat ditingkatkan dengan cara melakukan evaluasi dan perbaikan dari jasa yang ditawarkan secara terus menerus. Karena apabila kita telah menemukan pelanggan yang setia, maka kita dapat melakukan pengembangan dari bisnis yang kita miliki.

Seperti hal yang dialami oleh perusahaan jasa service ac, halo jasa. Seiring dengan kemajuan teknologi kini, maka bermunculan juga banyak vendor-vendor yang menggunakan layanan serupa dengan halo jasa, ambil saja contoh perusahaan gojek dengan go-clean nya, beres.id, seekmi dan lain-lainnnya. Kini halo jasa terus membuat gebrakan baru dengan dilancarkannya layanan-layanan untuk calon customer nya, seperti diskon, layanan jasa baru dan update fitur aplikasi. Tentunya dengan layanan tersebut untuk membuat halo jasa semakin di lirik oleh para konsumen jasanya.

3. Permintaan pasar berubah-rubah

Perubahan merupakan hal yang akan selalu terjadi dalam sebuah bisnis. Seperti kata orang bijak, yang tidak pernah berubah adalah perubahan itu sendiri. Untuk itu pebisnis harus dapat menghadapi masalah perubahan dari permintaan pasar. Kita dapat melakukan persiapan dengan meningkatkan kualitas dari pekerja. Pekerja yang kita miliki dapat didaftarkan pada berbagai pelatiha, sehingga menjadi lebih profesional dalam memberikan layanan. Contoh lainnya adalah dengan melakukan persiapan stock yang cukup untuk menghadapi permintaan pasar yang tidak menentu.

4. Ekspektasi yang kurang realistis.


[Image: b.jpg]
sumber gambar: pinterest.com

Setiap bisnis dibangun dengan sebuah rencana bahwa suatu saat bisnis akan menjadi berhasil. Namun perlu disadari bahwa setiap pebisnis memerlukan pengendalian terhadap ekspektasi atau harap yang dimiliki terhadap bisnis yang dimiliki. Contohnya adalah, apabila kita memiliki sebuah bisnis yang masih dalam tahap awal. Maka apabila kita ingin maju dan berkembang pesat menuju pasar global, maka dibutuhkan usaha yang ekstra. Oleh sebab itu, disarankan setiap pebisnis memiliki target yang realistis.

Demikian adalah beberapa masalah dan cara mengatasi masalah pada aplikasi mobile, semoga bermanfaat.

Reply




Users browsing this thread: 1 Guest(s)

About Ziuma

ziuma - forum diskusi dan komunitas online. disini kamu bisa berdiskusi, berbagi informasi dan membentuk komunitas secara online. Bisa juga berdiskusi dengan sesama webmaster/blogger. forum ini berbasis mybb

             Quick Links

             User Links

             Support by

  • Ngalih.id