Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Thread Modes
Mengatasi Folikulitis Kulit Kepala Dengan Mudah
#1
[Image: folikulitis.jpg]

Folikulitis adalah kondisi peradangan kulit yang umum terjadi dan menyerang folikel rambut. Folikel adalah bukaan pada kulit yang menggenggam akar rambut Anda. Folikulitis biasanya disebabkan karena infeksi bakteri atau jamur yang terjadi ketika Anda merusak folikel rambut. Folikulitis dapat menyerang bagian tubuh apapun yang dapat tumbuh rambut, termasuk kulit kepala. Folikulitis bukanlah suatu kondisi yang menular, dan biasanya dapat dirawat atau disembuhkan di rumah tanpa perlu penanganan medis. Namun, dalam beberapa kasus tertentu, infeksi dapat menyerang ke folikel lain dan menyebabkan bekas luka ataupun kerontokan rambut permanen. 

Gejala dan penyebab folikulitis kulit kepala
Folikulitis awalnya akan menyebabkan benjolan merah kecil yang terlihat seperti jerawat pecah. Setelah beberapa lama, folikulitis akan menyebar ke folikel lain, menyebabkan benjolan berubah menjadi semakin besar dan meradang. Meskipun folikulitis dapat menyerang bagian kulit kepala mana pun, biasanya kondisi akan bermula di sepanjang garis rambut. Gejala atau tanda-tanda lain folikulitis kulit kepala adalah sekumpulan benjolan merah kecil di kulit kepala dengan ujung berwarna putih, koreng berwarna coklat kekuningan, koreng yang mengeluarkan nanah, gatal, rasa terbakar, dan rasa sakit. 

Folikulitis disebabkan akibat kerusakan di folikel rambut Anda, yang membuatnya rentan akan bakteri dan jamur penyebab infeksi. Banyak hal dapat merusak folikel rambut yang ada di kulit kepala Anda, seperti sering menggaruk kepala, memutar-mutar rambut, memiliki gaya rambut yang dapat menarik rambut, sering memakai topi, mencukur rambut, dan memakai produk rambut terlalu banyak. Selain itu, beberapa hal dapat meningkatkan risiko Anda menderita folikulitis kulit kepala, termasuk memiliki jerawat atau dermatitis, berjenis kelamin pria dengan rambut keriting, memiliki sistem kekebalan tubuh yang rendah akibat kondisi medis tertentu, dan mengonsumsi obat-obatan atau menggunakan krim steroid untuk jerawat. 

Merawat folikulitis kulit kepala di rumah
Biasanya Anda dapat merawat kasus folikulitis ringan di rumah tanpa perlu bantuan medis apapun. Hal yang paling penting adalah berhenti melakukan hal apapun yang menyebabkan folikulitis. Misalnya, apabila Anda sering mencukur gundul rambut Anda, cobalah berhenti melakukannya selama beberapa minggu. Apabila folikulitis hilang, mungkin Anda perlu mengganti teknik mencukur. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan alat bantu seperti:
  • Kompres hangat. Mengoleskan kompres hangat atau handuk basah yang hangat beberapa kali dalam sehari dapat membantu meringankan gejala yang muncul di kulit kepala dan dapat mengeringkan nanah
  • Sabun antibakteri. Apabila folikulitis Anda muncul di sekitar garis rambut, basuhlah kulit dua kali sehari menggunakan sabun antibakteri dan keringkan daerah tersebut menggunakan handuk yang bersih
  • Sampo anti ketombe. Mencuci kulit kepala menggunakan sampo anti ketombe yang mengandung sifat antijamur seperti ketoconazole, minyak pohon teh, dan ciclopirox dapat membantu meringankan gejala yang ditimbulkan. 
  • Krim cortisone. Krim jenis ini dapat membantu meredakan peradangan dan gatal pada folikulitis kulit kepala. 
  • Air hangat. Hindari mencuci rambut atau kulit kepala menggunakan air panas karena dapat membuat iritasi menjadi lebih parah. Alih-alih, gunakan air hangat. 
Setelah folikulitis Anda mereda dan sembuh, pastikan untuk terus menjaga kebersihan kulit kepala dengan baik. Hal ini penting guna mencegah folikulitis datang kembali di kemudian hari. Cucilah rambut dan kulit kepala secara teratur dengan menggunakan shampo antibakteri untuk menghindari penumpukan produk-produk rambut dan minyak yang dapat menyumbat dan mengiritasi folikel rambut Anda. Karena mencegah lebih baik daripada mengobati.

Reply




Users browsing this thread: 1 Guest(s)

About Ziuma

ziuma - forum diskusi dan komunitas online. disini kamu bisa berdiskusi, berbagi informasi dan membentuk komunitas secara online. Bisa juga berdiskusi dengan sesama webmaster/blogger. forum ini berbasis mybb

             Quick Links

             User Links

             Support by

  • Ngalih.id