Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Membersihkan Kaca Lampu Mobil Yang Menguning Dengan Benar
#1
Lampu mobil merupakan komponen paling penting saat dimalam hari terutama dalam kondisi hujan dan berkabut. Penerangan akan menjadi kurang optimal apabila lapisan kaca lampu buram dan kusam.

Nah ini biasanya terjadi karena tegangan listrik terlalu tinggi pada lampu terlalu tinggi dan mobil selalu terpakir dibawah sinar matahari langsung. Dan biasanya si pengguna tidak pernah merawat dan membersihkan lampu mobil nya.

Oleh karna itu anda harus tau nih caranya membersihkan lampu mobil dengan benar. Gak perlu membawanya ke bengkel kok, anda bisa membersihkan nya dirumah asalkan anda tau nih cara nya yang benar dan tepat tahapan nya. Nah ane mau share-ing caranya, simak ya!

Alat dan Bahan Yang Diperlukan
Jadi sebelum kita mulai cara membersihkan lampu mobil, anda harus siapkan alat-alatnya terlebih dahulu.
  • Masking Tape
  • Amplas kertas berukuran 1500
  • Wax mobil
  • Compound/kompon khusus kaca
  • Sabun pembersih mobil
  • Kain microfiber/kanebo
  • Air bersih
Kalo bisa buat anda membersihkan nya disaat waktu senggang atau di weekend agar tidak terburu-buru sehingga membersihkan nya bisa lebih maksimal!

Cara Membersihkan Lampu Mobil
Berikut ini tahapan-tahapan nya untuk membersihkan lampu mobil!

Mencuci Lampu Mobil
Pertama-tama, hilangkan jamur dan kotoran kering yang menempel pada lampu mobil menggunakan lap/kain. Ini adalah tahapan penting yang tidak boleh dilupakan setiap akan membersihkan bagian-bagian mobil ya.

Kemudian, cuci bagian lampu mobil dengan sabun pembersih atau wax. Jangan lupa untuk mengeringkannya dengan kanebo atau kain halus lainnya hingga benar-benar tidak ada sisa air sabun yang menempel.

Jika Terdapat Baret pada Lampu Mobil
Siapkan amplas 1500 dan gosok bagian kaca/mika lampu perlahan setelah mencelupkannya ke air secara berkala. Bilas dengan air sambil digosok lagi menggunakan amplas sampai goresannya menghilang.

Jika dirasa sudah benar-benar bersih, langsung keringkan. Jangan sampai ada bekas embun atau cairan yang tertinggal karena bisa menimbulkan noda baru yang sulit dihilangkan.


Jika Lampu Mobil sudah Menguning
Siapkan kompon, oleskan bahan kompon pada kaca/mika lampu mobil secara merata di bagian yang terlihat menguning dan buram. Tidak masalah jika anda ingin mengoleskannya ke segala area, siapa tahu ada noda kuning yang tidak terlihat oleh kasat mata.

Setelah itu, bersihkan olesan kompon tadi dengan lap/kain microfiber, kanebo, atau kain lainnya. Kemudian bilas sampai bersih dan jangan lupa dikeringkan.

Supaya lebih mengkilap, lapisi kaca/mika lampu mobil dengan wax secara merata ke seluruh bagian. Lalu bersihkan dengan kain hingga benar-benar bersih.


Cara Menggosok pada Lambu Mobil
Mungkin banyak dari anda yang belum mengetahui, bahwa ketika menggosok bagian ini harus menggunakan gerakan memutar searah jarum jam atau berlawanan arah jarum jam.

Menggosoknya juga jangan terlalu kencang karena bisa menimbulkan goresan baru. Cukup dengan perlahan namun pasti, memang dibutuhkan ketelitian dalam membersihkannya.


Periksa Kondisi Mika Lampu Mobil
Setelah selesai membersihkan lampu mobil sesuai dengan tahapan 1 sampai 4, segera periksa kondisi lampu mobil. Caranya yaitu dengan menyalakan dan menyorotnya ke arah dinding yang bertekstur rata. Pastikan semua kotoran/noda pada mika lampu hilang dan cahaya lampu mampu berfungsi sempurna seperti sedia kala.

Namun, jika masih merasa kurang puas karena lampu belum memberikan cahayanya dengan baik, anda bisa mengulangi kembali langkah-langkah mengenai cara membersihkan lampu mobil di atas.

Perlu diperhatikan, sebisa mungkin anda menutup daerah sekitar lampu dengan kain atau masking tape supaya cat pada body mobil tidak tergores amplas. Anda juga harus berhati-hati dan lebih teliti ketika membersihkan kaca mobil. Jangan sampai memunculkan noda baru yang tidak diinginkan akibat kelalaian yang tidak disengaja.


Cara Merawat Lampu Mobil agar Tidak Menguning
Selain cara membersihkan lampu mobil, Anda juga perlu memahami bagaimana cara merawat lampu mobil supaya tidak cepat buram dan menguning. Di antaranya adalah dengan:
  • Tidak memarkirkan mobil di bawah terik matahari, melainkan memarkirkannya di tempat teduh supaya lampu mobil tidak cepat berubah warna menjadi agak kuning.
  • Menggunakan lampu yang sesuai dengan spesifikasi mobil yang kamu miliki. Jangan memakai lampu yang watt-nya terlalu besar ya!
  • Menggunakan cairan khusus untuk melindungi lampu mobil, seperti cairan wax dan cairan anti sinar UV.
  • Langsung mencucinya setelah terguyur hujan, jangan didiamkan terlalu lama supaya noda air tidak membekas.
Nah jadi itu cara membersihkan dan cara merawat nya. So, selalu jaga mobil Anda ya selain buat kenyamanan saat berkendara ini juga mencermikan si pemilik mobil yang bersih. Hiahahahahha peace!







source: tunastoyota
Reply




Users browsing this thread: 2 Guest(s)

About Ziuma

ziuma - forum diskusi dan komunitas online. disini kamu bisa berdiskusi, berbagi informasi dan membentuk komunitas secara online. Bisa juga berdiskusi dengan sesama webmaster/blogger. forum ini berbasis mybb

              Quick Links

              User Links

             powered by