Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Melihat perkembangan Bisnis PJU Solar Cell di 2021
#1
Pendahuluan

Taraf hidup masyarakat Indonesia yang semakin meningkat tentunya akan berpengaruh pada kebutuhan energi listrik sebagai pendukung setiap aktivitas yang dilakukan. Tidak heran, tanpa adanya aliran listrik membuat berbagai kegiatan akan terganggu.
“Kebutuhan akan energi listrik sekarang ini merupakan salah satu hal yang sangat penting dan tidak bisa dipisahkan dari kehidupan masyarakat,” kata Ahmad Kurnain Direktur PT Green Energi Mandiri salah satu perusahaan penyedia solar cell  dengan ratusan perwakilan di seluruh Indonesia.
Namun kebutuhan energi listrik yang sangat pesat, tidak sebanding dengan kesiapan Pemerintah dalam menyediakan listrik ke masyarakat. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa hal di antaranya jumlah pembangkit yang masih kurang, terbatasnya dan semakin mahalnya bahan bakar yang digunakan dalam proses penyediaan tenaga listrik hingga letak geografis yang kepulauan sehingga membuat Perusahaan Listrik Negara membutuhkan waktu untuk membangun infrastruktur listrik di berbagai daerah.

Solar Panel

Dari informasi beberapa pelaku usaha jasa pemasangan solar cell baru marak beberapa tahun belakangan. Hal tersebut dapat dilihat dari umur pelaku usaha yang kurang dari dua tahun menjalankan usaha ini. “Saya tertarik menjalankan usaha ini karena pangsa pasar usaha solar cell  semakin meningkat,” jelas Muhammad Dody Haryadi  yang merintis usaha pada Maret 2013 yang lalu.

Bagi sebagian orang, usaha jasa pemasangan atau perakitan solar cell  ini dianggap sulit. Namun hal tersebut tidaklah benar, karena menurut Ahmad Kurnain, modal paling utama dalam menjalankan jasa perakitan solar cell  adalah pengetahuan seputar komponen dari solar panel yang dipasang.

Pemasaran

Melihat semakin besarnya permintaan akan solar cell  membuat pelaku usaha kebanjiran pesanan. Seperti Mukhamad Dody pemilik Cahaya Teknik misalnya, walaupun baru satu tahun menjalankan usaha jasa perakitan namun saat ini dalam satu bulan paling tidak ia bisa memasang 10 solar cell  dengan omset Rp 3 juta.

Sedangkan Suryanto Edward, Pemilik Royal PV yang sudah sekitar 2 tahun menjalankan usaha ini paling tidak dalam satu bulan bisa melakukan perakitan sebanyak 20-30 solar cell  dengan omset sekitar Rp 90 juta. “Kebanyakan konsumen dari perorangan maupun perusahaan besar,” kata pemuda berusia 28 tahun ini.

Bicara mengenai pasar usaha, menurut pelaku besar usaha solar cell  Ahmad Kurnain, usaha solar cell  ini sekarang tidak hanya didominasi pasar perusahaan, melainkan juga pasar perorangan atau perumahan masyarakat kelas menengah. Hal itu didasari dari kebutuhan tenaga listrik yang semakin meningkat dan juga pelayanan listrik yang dilakukan Pemerintah belum sesuai dengan yang diharapkan masyarakat.

Lebih lanjut pengamat marketing Agung Setiadi mengatakan, untuk lokasi usaha  sebaiknya pelaku usaha mulai melakukan ekspansi usaha ke kota-kota maupun desa yang berada di luar Pulau Jawa. Karena memang dari informasi yang ada, mereka sangat membutuhkan energi alternatif sebagai sumber energi listriknya.

[Image: 20200714-125419-2048x2048.jpg]

SEKILAS iNDOTECH SOLARCELL

PT. Tatacipta Pelangi adalah perusahaan swasta nasional yang didirikan
untuk memenuhi kebutuhan listrik melalui energy baru dan terbarukan,
terutama untuk daerah yang belum terjangkau listrik PLN. Didirikan pada
tahun 2006
PT. Tatacipta Pelangi terus mengembangkan produknya agar dapat
memberikan banyak solusi dan manfaat yang lebih baik.



Fast respon call:
0819-1899-9888
Jl. Pangeran Jayakarta gang Buntu Warga no.6p Jakarta Pusat

www.indotechsolarcell.com
Reply




Users browsing this thread: 1 Guest(s)

About Ziuma

ziuma - forum diskusi dan komunitas online. disini kamu bisa berdiskusi, berbagi informasi dan membentuk komunitas secara online. Bisa juga berdiskusi dengan sesama webmaster/blogger. forum ini berbasis mybb

              Quick Links

              User Links

             powered by