Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Materi Permainan Bola Voli
#1
[Image: waktu-permainan-bola-voli-1.jpg]

Hallo para pelacak ilmu, bertemu kembali dalam postingan di seputarilmu. com. Kali ini hendak mangulas hal Bola Voli. Terdapat yang telah memahami ataupun sempat mengikuti hal Bola Voli? Ikuti Uraian Terlengkapnnya di dasar ini.

Penafsiran Bola Voli

Bola voli ialah salah satu agen game berolahraga dari bola yang metode bermainnya dengan bisa menjatuhkan bola ke dalam suatu petak alun- alun rival serta buat mencari kemenangan dalam main. Dalam menjatuhkan bola itu net yakni bagaikan penghalang dampingi masing- masik regu.

Permaianan bola voli ialah salah satu berolahraga game yang dimainkan oleh 2 regu, tiap regu terdiri atas 6 pemaian bola voli alhasil bila dijumlah hingga semua dari pemeran bola voli merupakan 12 orang.

Game bola voli ini merupakan salah satu berolahraga bumi yang amat disukai banyak orang. Sedangkan Di negeri Indonesia sendiri, penggemar bola voli mulai banyak bermunculan.

Perihal ini diisyarati dari banyaknya bermacam perlombaan sah bola voli yang di adakan, serta timbulnya komunitas- komunitas penggemar bola voli di tanah air. Salah satu dari perlombaan sah yang terdapat di Indonesia ialah proliga.

Berolahraga voli pada tingkatan bumi dinaungi oleh FIVB( Federation Internationale de Volleyball), sebaliknya di negeri Indonesia dinaungi oleh sesuatu badan PBVSI( Aliansi Bola Voli Semua Indonesia).

Penafsiran Bola Voli Bagi Para Ahli

1. Aliansi Bola Voli Semua Indonesia

Game bola voli merupakan suatu game berolahraga yang dimainkan oleh 2 regu ataupun pula 2 golongan di alun- alun dengan net bagaikan pemisahnya.

2. Wikipedia

Bola Voli ialah salah satu game berolahraga yang dimainkan 2 regu yang bertentangan.

3. Aip Syaifudin serta Muhadi

Berolahraga bola voli ini dimainkan oleh 2 golongan dengan pemeran 6 orang yang disetiap golongan serta tiap golongan berupaya memukul bola serta bisa menjatuhkannya dilapangan rival melampaui net dan bisa menghindari rival menjatuhkan bola kembali.

4. Suharno

Pemainan bola voli ialah sesuatu berolahraga beregu yang dimainkan dengan suatu determinasi masing- masing golongan berjumlah 6 orang, main dilapangan yang berdimensi 18×9 m, serta dicoba dengan metode membalikkan bola dengan cara bergantian serta tiap pemeran hendak berupaya menjatuhkan bola di wilayah rival.

5. Mahfud Irsyada

Game bola voli ialah salah satu game beregu dengan mengaitkan sebagian orang pemeran dalam bagan buat bisa mengecap nilai dengan metode melupakan bola diatas net serta menjatuhkannya didaerah pertahanan regu rival alhasil dapat mencapai sesuatu kemenangan.

Asal usul Game Bola Voli

1. Asal Mula Berolahraga Bola Voli

Inventor pada game bola voli ialah William Gram. Morgan. Dia ini ialah seseorang guru pembelajaran badan di Young Men Christian Association( YMCA), di suatu kota Holyoke, Massachusetts, Amerika Sindikat.

Pada dini kemajuannya, Morgan ini menghasilkan suatu game bola voli dengan berdebar- debar bola ke atas melampaui jala yang bisa memilah alun- alun jadi 2 bagian.

Berikutnya, game itu selalu hadapi sesuatu kemajuan mengarah arah yang lebih modern.
Kemajuan itu bisa diawali dari perlengkapan yang dipakai dalam game, ilustrasinya bola serta jaring. Morgan juga mulai memesan bola yang spesial buat suatu game voli pada industri yang memproduksi alat- alat berolahraga. Bola seperti itu yang berikutnya diketahui pula bagaikan bola voli.

2. Bertumbuhnya Berolahraga Game Bola Voli Di Dunia

Awal mulanya, Morgan melabeli suatu game itu dengan gelar‘ minnonete’. Kawan Morgan, Dokter. Halsted Springfield ini menganjurkan supaya Morgan mengubah julukan‘ minnonete’ jadi‘ volleyball’. Reputasi pada game bola voli juga terus menjadi memanjat sehabis itu.
Suatu badan pembelajaran YMCA, tempat Morgan bertugas, pula mulai melangsungkan sesuatu pertandingan bola voli. Kompetisi bola voli nasional yang awal pula sukses diselenggarakan pada tahun 1922.

Pada tahun 1929, badan nasional yang menaungi suatu game bola voli juga dibuat serta diketuai oleh George J. Fisher.
Game bola voli ini pula mulai diketahui diberbagai negeri semacam Uni Soviet, Rumania, Jepang, serta Pakistan.

Pada tahun 1961, badan bola voli di negeri Pakistan menyelenggarakan suatu pertandingan bola voli yang diberi julukan Morgan Cup Tournament. Pertandingan itu terbuat bagaikan sesuatu wujud apresiasi kepada William Morgan bagaikan inventor pada game bola voli.
Game bola voli ini mulai diketahui di negeri Indonesia pada tahun 1928. Bola voli ini pula dikenalkan pada orang Indonesia lewat serdadu Hindia Belanda.

Setelah itu, pada bertepatan pada 22 Januari 1955 lahirlah sesuatu badan yang menaungi berolahraga voli yang bernama Aliansi Bola Voli Semua Indonesia( PBVSI).

Tujuan Game Bola Voli

Tujuan dari game bola voli yakni buat bisa melupakan bola di atas net biar dapat jatuh memegang lantai wilayah alun- alun rival serta buat dapat menghindari upaya yang serupa dari regu rival.

Melindungi sesuatu kesehatan badan. Kalau salah satu tujuan berolahraga ini tidak lain yakni buat bisa menggapai kesehatan.

Mencari suatu hasil. Dengan memahami sesuatu metode serta keterampilan yang ahli dalam game bola voli, bisa pula menghasilkan kita seseorang olahragawan serta bisa jadi sesuatu pangkal pemasukan jika kita sukses memperoleh hasil dari tiap event ataupun pula adu.

Memamerkan sesuatu metode serta siasat main bola di alun- alun buat bisa menggapai kemenangan dalam tiap perlombaan.

Membuat sesuatu soladiritas ataupun mencari sahabat. Dengan banyak pengalaman dalam main, ini hendak menggandakan sahabat klub ataupun pula sahabat main bola voli yang bagus.

Metode Dasar Game Bola Voli

1. Passing Bawah

Passing dasar biasanya bisa dicoba pemeran bila bola yang tiba padanya kecil, bagus buat dapat diumpan pada sahabat dalam regu ataupun buat bisa dimasukkan ke wilayah pertahanan rival.

2. Passing Atas

Passing atas ialah salah satu metode buat bisa memancing bola yang terletak di atas kepala dengan jari- jari tangan.

3. Service Bawah

Service dasar ialah sarah satu wujud service yang dicoba dengan tangan dasar. Jasa ini bisa dicoba buat menghidupkan game.
Triknya ialah Siku ini diluruskan serta buaian tangan dari balik ke depan lewat sisi tubuh, salah satunya dengan tangan menggenggam bola serta bola itu dilambungkan ke atas setelah itu bola dipukul. Permainan bola voli

4. Service Atas

Service atas ialah suatu metode buat bisa melaksanakan bogem mentah permulaan dari dasar service dengan memukul bola dari atas kepala bagaikan salah satu upaya menghidupkan bola ke dalam game.

5. Service Samping

Service sisi ialah suatu buat bisa melaksanakan bogem mentah permulaan buat menghidupkan game dari wilayah service kearah wilayah pertahanan rival dengan sesuatu tindakan berdiri menyamping serta berat tubuh terletak di kaki kanan.

6. Service Lompat

Service kinja ialah salah satu metode melaksanakan bogem mentah permulaan buat menghidupkan game di wilayah service dengan melompat sehabis bola bisa dilambungkan dengan satu tangan ataupun 2 tangan kea rah wilayah pertahanan rival.

7. Smash( Spike)

Smesh ataupun spike ialah suatu pola pemukulan bola yang bisa dicoba dengan kokoh serta keras dan jalannya bola kilat, runcing serta menukik kearah wilayah pertahanan rival alhasil rival hendak hadapi kesusahan dalam menyambut ataupun menegembalikan bola.

8. Membendung

Membatasi( Bloking) ialah salah satu wujud aksi seorang ataupun sebagian orang pemeran yang terletak didekat net ataupun pemeran depan.

9. Passing Atas

Passing atas ialah salah satu metode buat bisa menyuguhkan bola ataupun membagikan bola dengan memakai jemari tangan buat seseorang teman ataupun langsung ke wilayah perlawanan rival.

Alat serta Infrastruktur Game Bola Voli

Dimensi Alun- alun Bola Voli

Jauh alun- alun bola voli 18 m ataupun 59 kaki dengan luas 9 m ataupun 29, 5 kaki. Alun- alun ini di untuk jadi 2 bagian yang silih bertentangan dengan dimensi 9 x 9 m dengan memiliki satu m ataupun 40 inchi jaringan yang lumayan besar. Buat bagian atas netnya ialah 2, 43 m buat pemeran putera sebaliknya buat pemeran puteri ialah 2, 24 m. Pastinya hendak bermacam- macam pula serta bisa jadi hendak ditemui perbandingan pada golongan tua serta baru.

Buat dimensi alun- alun bola voli ini semacam yang telah dituturkan tadinya ialah 9 m x 18 m. Buat garis serbuan pemeran belakangnya mempunyai jarak 3 m dari garis tengah. Buat dimensi garis lapangannya merupakan 5 centimeter.
Wilayah serbu ialah wilayah yang mempunyai batasan pada garis tengah alun- alun dengan garis serbu yang terdapat dengan besar alun- alun voli 9 x3 m.

Selanjutnya ini rincian dimensi alun- alun bola voli:

• Jauh alun- alun 18 m.
• Luas alun- alun 9 m.
• Zona jasa 3 m.
• Luas garis serbu 3 m.
• Luas garis tengah 5 centimeter.

2. Bola Voli
Bola standar yang hendak dipakai dalam game voli wajib penuhi patokan bagaikan selanjutnya ialah:

• Berupa bundar.
• Dibuat dari kulit lunak ataupun pula materi bikinan.
• Bola ini mempunyai garis tengah 65- 67 centimeter dengan massa 260- 280 gr.
• Bola pula wajib mempunyai campuran corak.
• Titik berat hawa 294. 3- 318. 82 mbar atau hPa.

3. Jumlah Tim
Game yang terdiri dari 2 golongan, yang tiap- tiap regunya beranggotakan 6 orang pemeran tercantum libero.
Libero ialah pemeran yang keluar- masuk tetapi tidak mempunyai suatu hak buat melaksanakan smash kepada bola sampai ke melintas net.

4. Pakaian
Tiap pemeran bola voli wajib mengenakan ciri ialah bagaikan selanjutnya:

• Pakaian, baju, ataupun jersey dengan no punggung serta pula no dada.
• Celana pendek yang pada bagian pukang kanan ada pula no.
• Baju kaki serta sepatu karet.

5. Dimensi Pilar serta Net

• Besar pada pilar net buat wanita 2. 55 m.
• Besar pada pilar net buat pria 2. 43 m.
• Besar pada antena 80 centimeter.
• Net dengan wujud kotak- kotak bisa berdimensi 10 centimeter persegi.
• Jarak antara pilar net dengan tepi alun- alun dekat 0. 6 m.
• Dimensi pita pada bagian pinggir atas serta pita sisi net 5 centimeter.

6. Penilaian

Evaluasi pada suatu game bola voli didetetapkan dipecah jadi 2 patokan ialah, kekeliruan reli serta kemenangan dalam tiap set.
Selanjutnya ini ialah faktor- faktor yang dipakai buat evaluasi pada:

• Bila pelakon jasa bisa memenangkan reli, hingga timnya memperoleh satu nilai serta wajib meneruskan jasa.
• Bila pelakon jasa kandas dalam melaksanakan reli, hingga golongan rival memperoleh satu nilai serta berkuasa melaksanakan jasa.
• Sesuatu set, melainkan set V, bisa dimenangkan oleh sesuatu golongan yang memperoleh nilai 25 terlebih dulu dengan minimun beda 2 nilai.
• Bila pada game seri( 24- 24), hingga game dilanjutkan hingga nilai memegang nilai beda 2.
• Bila suatu peran kemenangan set 2- 2, hingga pada set determinasi( set V), dimainkan sampai nilai menggapai nilai 15 dengan beda minimun 2 nilai.
• Bila satu golongan menyangkal buat dapat main sehabis terpanggil, hingga golongan itu diklaim takluk 0- 3 serta 0- 25 buat masing- masing set.

Peraturan Game Bola Voli

1. Kalkulasi Angka
• Bila pada pihak rival dapat memasukkan bola ke dalam wilayah alun- alun kita hingga kita hendak kehabisan bola serta kompetitor memperoleh nilai ataupun angka.
• Jasa yang hendak kita jalani wajib melampaui net serta masuk mengarah wilayah kompetitor. Bila tidak, hingga kompetitor yang hendak memperoleh nilai ataupun angka.

2. Sistem Pertandingan

• Sistem perlombaan dengan memakai sistem separuh pertandingan yang terdiri dari 8( 8) regu serta pula hendak didistribusikan ke dalam 2( 2) group, tiap- tiap group yang terdiri dari 4( 4) regu.
• Tiap regu pula terdiri dari 10( 10) pemeran yang mencakup 6( 6) pemeran inti yang hendak main di alun- alun serta 4( 4) pemeran persediaan.
• Pergantian pada pemeran inti serta pula pemeran persediaan tidak dibatasi pada dikala perlombaan berjalan.
• Jumlah pada pemeran minimal yang bisa main yakni 4( 4) orang.
• Bila dalam suatu perlombaan itu kurang dari 4( 4) orang, hingga regu itu diklaim takluk.
• Tiap perlombaan hendak berjalan 3 sesi( Best of Three), melainkan pada sesi 2( kedua) telah bisa ditentukan siapa pemenangnya hingga sesi 3( ketiga) tidak butuh dilaksanakan.
• Sistem hitungan yang hendak dipakai ialah 25 rally poin. Bila nilai para partisipan seri( timbal 24- 24) hingga perlombaan ini hendak ditambah 2( 2) nilai. Partisipan yang hendak awal kali menang dengan beda 2 nilai hendak memenangkan perlombaan itu.
• Kemenangan dalam suatu perlombaan eliminasi menemukan nilai ataupun angka 1. Bila terdapat 2 regu ataupun pula lebih menemukan nilai ataupun angka yang serupa, hingga pada determinasi pemenang group serta runner- up hendak diamati dari suatu mutu nilai pada setiap set yang dimainkan.
• Tiap regu bisa diharuskan beralih bagian alun- alun pada dikala sesi selesai. Serta bila ini didetetapkan sesi determinasi( set ke 3) hingga sebagian regu yang bisa angka terendah bisa memohon beralih alun- alun sedetik regu rival menggapai nilai 13.
• Time out pula bisa dicoba cuma 1 kali dalam tiap sesi serta lamanya cuma 1 menit.
• Di luar dari bermacam ketentuan yang tercetak disini, peraturan game menjajaki peraturan global.

Posisi Pemeran Bola Voli

1. Defender
Kewajiban penting seseorang defender ialah buat bisa menyambut serbuan dari rival.
2. Spiker( Smasher)
Semacam pula namanya, smasher ataupun spiker pula mempunyai kewajiban buat bisa melaksanakan bogem mentah smash ataupun serbuan. Seseorang smasher ini harus memahami suatu metode smash serta pula blocking supaya menciptakan bermacam nilai maksimum dalam game ini. Posisi smasher ini terdapat di bagian depan, persisnya pada posisi 2 serta 4.
3. Libero
Dalam game bola voli, libero mempunyai sesuatu kewajiban buat bisa menyambut serta pula menahan serbuan dari rival. Metode dasar pada game bola voli yang harus dipahami oleh libero merupakan passing, bagus pada passing dasar ataupun passing atas.
Walaupun posisi liberto ini dapat dimana saja serta leluasa pergi masuk, tetapi seseorang liberto tidak bisa melaksanakan smash serta pula blocking.
4. Set- upper ataupun Tosser
Set- upper ataupun tosser ialah seseorang pengatur suatu regu. Tugasnya ialah buat bisa memancing bola ke arah sahabat dalam satu regu yang memiliki posisi bagaikan spiker.
Korban ini pula bermaksud supaya spiker ataupun smasher bisa melaksanakan smash. Posisi tosser hendak senantiasa terletak di depan. Oleh sebab itu, buat bisa jadi seseorang tosser, Kamu harus memahami metode smash serta blocking.
Demikianlah uraian terlengkap hal√ Bola Voli: Penafsiran, Asal usul, Metode, Peraturan, Alat& Dimensi Lapangannya Komplit. Mudah- mudahan berguna serta dapat menaikkan ilmu wawasan untuk para pelacak ilmu. Dapat Kasih.
Reply


Messages In This Thread
Materi Permainan Bola Voli - by arya - 13 November 2020, 02:41 PM



Users browsing this thread: 1 Guest(s)

About Ziuma

ziuma - forum diskusi dan komunitas online. disini kamu bisa berdiskusi, berbagi informasi dan membentuk komunitas secara online. Bisa juga berdiskusi dengan sesama webmaster/blogger. forum ini berbasis mybb

              Quick Links

              User Links

             powered by