Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Manfaat Terong Ungu untuk Ibu Hamil dan Menyusui
#1
[Image: manfaat-terong-ungu.jpg]

Sebagai salah satu jenis sayuran, terong ungu bisa jadi alternatif konsumsi sehat sehari-hari. Pasalnya, seperti sayur pada umumnya, terong ungu mengandung banyak sekali zat yang baik untuk tubuh kita. Sayuran ini terbukti kaya akan nutrisi, vitamin, mineral, maupun serat. Lantas apa saja manfaat terong ungu berdasarkan kandungannya tersebut?

Banyak kalangan meyakini bahwa salah satu manfaat terong ungu adalah baik bagi ibu hamil dan menyusui. Sebab kondisi ibu hamil dan menyusui memang dituntut untuk selalu mendapat asupan terbaik demi kesehatan, pertumbuhan, juga perkembangan bayi. Dan terong ungu mengakomodir kebutuhan itu. Bagaimana tidak? Dalam seporsi terong ungu, atau sekira 80 gram, terdapat 3 gram nutrisi, 1 gram protein, 5 gram karbohidrat, dan cukup banyak nutrisi.
Selain itu, dengan mengonsumsi terong ungu dalam jumlah yang sama, Anda telah memenuhi sekira 5% folat, 5% kalium, 10% mangan, 4% vitamin K, serta 3% vitamin C dari total yang dibutuhkan tubuh per harinya. Tak hanya itu, zat-zat lain macam; phycocyanian, antosianin, vitamin A, B kompleks, D, E selenium, nasunin, manfaat zat besi, ellagic acid, resveratrol, dan salicylates juga dapat ditemukan pada terong ungu.
Ada sebuah penelitian yang menyatakan bahwa sayuran satu ini sangat dianjurkan dikonsumsi ibu hamil. Karena zat-zat yang dikandung terong ungu dinilai amat baik bagi orang dengan kondisi tersebut. Nah, untuk mengetahui lebih jauh mengenai manfaat terong ungu untuk ibu hamil dan menyusui ini, mari simak penjelasan di bawah ini:
Melancarkan Pencernaan Ibu Hamil
Selama kehamilan, masalah kesehatan yang paling sering Anda alami, mungkin, adalah pada sistem pencernaan. Hal ini memang wajar karena tubuh ibu hamil mengalami beragam perubahan hormon ketika menyerap nutrisi. Untuk itu, anda harus mengoptimalkan kerja usus dengan mengkonsumsi sayur terong. Sayur terong memiliki kandungan serat tinggi yang berguna untuk mengatasi masalah pencernaan. Bahkan nutrisi di dalam sayur terong juga berguna untuk menurunkan resiko terserang penyakit usus besar.
Membantu Melancarkan ASI Ibu Menyusui
Sayur terong sangat baik dikonsumsi oleh ibu menyusui. Dengan mengkonsumsi terong, suplai ASI saat menyusui lebih optimal dan produksi ASI bayi terpenuhi. Terong merupakan sayuran yang kaya manfaat bagi ibu hamil dan menyusui.
Meningkatkan Pertumbuhan Janin Lebih Optimal
Sayur terong mengandung fosfor dan magnesium tinggi yang berguna untuk mengoptimalkan pertumbuhan bayi di dalam rahim. Kandungan ini akan membantu pembentukan tulang dan gigi pada janin dan menjaga kesehatannya. Jadi selama masa kehamilan, semua kebutuhan sang janin terpenuhi dengan baik dengan mengkonsumsi sayuran terong.
Sebagai Antioksidan untuk Ibu Hamil
Selama kehamilan, kondisi kesehatan ibu sendiri sering mengalami naik turun karena perubahan hormon yang terjadi. Hal ini juga menjadi faktor mengapa ibu hamil mudah lelah dan terserang penyakit. Sayur terong yang memiliki kandungan antioksidan tinggi bakal berguna untuk menangkal radikal bebas. Dengan antioksidan ini pula kesehatan ibu selama kehamilan lebih terjaga dan terhindar dari berbagai keluhan.
Mencegah Keracunan pada Masa Kehamilan
Manfaat terong ungu selanjutnya adalah mampu menjaga tekanan darah tetap dalam batas normal. Tekanan darah yang tinggi dapat membuat preeklampsia atau keracunan pada masa kehamilan, untuk itulah sangat penting menjaga tekanan darah Anda tetap stabil. Dengan tekanan darah yang stabil, kondisi kesehatan ibu pun lebih terjaga dan terhindari dari penyakit darah tinggi (hipertensi) yang membahayakan.
Mencegah Kerusakan Otak Janin di Dalam Rahim
Pembentukan otak bayi dimulai sejak di dalam rahim, oleh karenanya, mengkonsumsi makanan bernutrisi sangat bermanfaat untuk mengoptimalkan perkembangan sistem saraf janin. Untuk itu, Anda perlu memenuhi kebutuhan nutrisi bayi dengan konsumsi sayur terong. Terong mengandung nutrisi yang cukup untuk perkembangan janin Anda. Sementara itu, kandungan asam folat terong ungu juga cukup tinggi dan berguna untuk menunjang perkembangan sistem saraf. Mengkonsumsi sayur terong secara rutin akan menjaga perkembangan sistem saraf tidak terjadi kerusakan. Jika anda tidak memenuhi kebutuhan asam folat ini, maka bayi beresiko terlahir prematur dengan berat badan yang kurang.
Nah, kurang lebih itulah manfaat terong ungu untuk ibu hamil dan menyusui yang berhasil kami himpun. Tak ada salahnya Anda mengonsumsi terong dengan harapan bisa mengambil khasiatnya. Namun, yang harus Anda ingat adalah jangan berlebihan dalam mengonsumsi sayur ini. Sebab meski belum ada bukti ilmiah, beberapa kalangan mengatakan bahwa terong ungu bisa memberi dampak negatif terhadap Anda. Ohya, tak ada salahnya juga, lho, Anda berkonsultasi dengan dokter kandungan sebelum mengonsumsi terong ungu.
Reply


Messages In This Thread
Manfaat Terong Ungu untuk Ibu Hamil dan Menyusui - by info.sehat - 6 December 2019, 04:31 PM



Users browsing this thread: 1 Guest(s)

About Ziuma

ziuma - forum diskusi dan komunitas online. disini kamu bisa berdiskusi, berbagi informasi dan membentuk komunitas secara online. Bisa juga berdiskusi dengan sesama webmaster/blogger. forum ini berbasis mybb

              Quick Links

              User Links

             powered by