Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Thread Modes
Manfaat Jalan Kaki Bersama Anak; Pengaruhi Mental & Karakter
#1
Bagi sebagian orang olahraga merupakan aktivitas yang membosankan dan melelahkan. Padahal, olahraga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan kebugaran tubuh. Oleh karenanya hal ini perlu dibiasakan dengan olahraga sederhana, seperti berjalan kaki. Apalagi, begitu banyak manfaat jalan kaki yang bisa Anda dapatkan.

Pembiasaan olahraga dapat dimulai sejak seseorang masih berusia kanak-kanak. Mulailah perkenalkan anak Anda dengan aktivitas-aktivitas olahraga yang menyenangkan baginya. Namun, meski Anda amat ingin si kecil mencintai olahraga, jangan pernah memaksanya dengan keras. Berjalan kaki, tentu saja bisa menjadi pilihan ideal.

Olahraga murah dan efektif tersebut nyatanya sangat bagus untuk meningkatkan kebugaran dan berdampak signifikan pada kesehatan tubuh anak Anda secara keseluruhan. Tak hanya itu, dengan mengajaknya berjalan kaki, Anda jadi memiliki kesempatan untuk lebih mengenalnya.
Akhirnya, tidak berlebihan jika berjalan kaki bersama anak memiliki manfaat untuk membentuk dan memengaruhi kesehatan mental dan karakternya. Seperti yang telah SehatQ himpun, berikut beberapa manfaat jalan kaki bagi anak:

Membentuk Gaya Hidup Sehat Sejak Dini

Mengajak dan mengajari anak untuk hidup sehat harus dilakukan sedari dini, agar kebiasaan baik ini terbawa hingga dewas. Ada beberapa cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk membentuk gaya hidup sehat pada anak, salah satunya dengan mengajaknya berjalan kaki bersama.
Berjalan kaki selama 30 menit dalam sehari secara rutin, secara tidak langsung dapat tertanam di ingatan anak akan gaya hidup sehat. Di mana berjalan kaki memiliki manfaat untuk kesehatan fisik dan mentalnya yang akan terus terjaga dengan baik.

Melatih Sensorik Anak untuk Mengembangkan Kognitifnya

Mengajak anak berjalan kaki adalah aktivitas yang bisa dilakukan di mana saja tanpa harus mengeluarkan biaya. Anak di bawah 3 tahun memang lebih baik diajak aktivitas fisik seperti berjalan kaki. Dengan jalan kaki selama 30 menit bersama-sama, maka kepekaan sensorik dan panca indera anak akan tumbuh dan berkembang dengan baik.

Berjalan dengan memegang daun, menginjak tekstur rumput, mencium udara pagi dan lain sebagainya merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan. Olahraga ini bisa meningkatkan sensorik anak untuk mengembangkan kemampuan kognitif, daya pikir, serta komunikasinya.
Mengenalkan Anak dengan Lingkungan Sekitar

Ada banyak cara untuk mengenalkan alam dan lingkungan sekitar pada anak, salah satunya dengan mengajak anak berjalan kaki bersama-sama. Dari pengamatannya saat sedang berjalan kaki, anak Anda akan belajar tentang bagaimana caranya beramah tamah dengan orang lain, mengenal orang di sekitarnya dan mengenal lebih jauh mengenai tempatnya hidup.

Tentunya hal ini menjadi pelajaran dan meningkatkan hubungan sosialnya, sehingga membantu anak lebih percaya diri.

Terjalin Hubungan Komunikasi antara Anda dan Anak

Manfaat jalan kaki bersama anak selanjutnya adalah terjalinnya komunikasi antara Anda dengan anak. Terjadinya interaksi ini sangatlah penting untuk pembelajaran komunikasi anak-anak. Bahkan anak yang sering diajak berbicara dengan orangtuanya akan cenderung terhindar dari depresi.

Membangun komunikasi yang positif dengan anak saat berjalan kaki juga dapat membantu dalam mengembangkan kepercayaan diri dan membangun konsep diri anak yang positif. Jadi jangan malas mengajak sang buah hati untuk berjalan kaki bersama-sama.

Memberi Kesempatan Anak untuk Bereksplorasi Dengan Alam

Sebenarnya berjalan kaki memberi kesempatan anak untuk bereksplorasi dan menghabiskan waktu di luar ruangan. Sekalipun hanya berjalan kaki di dalam kompleks, Anda bisa tetap menikmati alam dengan memerhatikan semua fenomena alam di sekitarnya.

Anak yang menikmati alam nyatanya dapat memperbaiki mood dan membakar kalori, meningkatkan kebugaran tubuh, dan mengurangi kecemasan di usia dini. Selain itu, pancaran sinar matahari alami membantu anak-anak tetap segar di siang hari dan membuatnya lebih mudah untuk tidur di malam hari.
Setelah mengetahui beragam manfaat berjalan kaki bersama anak, Anda sebagai orangtua bisa mulai melirik kegiatan ini sebagai ajang menjalin keintiman dengan buah hati. Selain Anda dan si anak mendapat manfaat kesehatan, manfaat-manfaat lain seperti kecerdasan, mental, dan karakter juga sudah siap menanti Anda dan si anak.

Reply




Users browsing this thread: 1 Guest(s)

About Ziuma

ziuma - forum diskusi dan komunitas online. disini kamu bisa berdiskusi, berbagi informasi dan membentuk komunitas secara online. Bisa juga berdiskusi dengan sesama webmaster/blogger. forum ini berbasis mybb

             Quick Links

             User Links

             Advertise