Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Manfaat Curcumin Untuk Meningkatkan Kesehatan Tubuh
#1
[Image: manfaat-curcumin.jpg]
Masa pandemi saat ini obat – obatan herbal begitu diminati oleh masyarakat. Tujuan dari mengonsumsi obat – obatan ini dipercaya dapat meningkatkan ketahanan tubuh. Salah satunya adalah kunyit. Kunyit mengandung banyak zat curcumin. Manfaat curcumin begitu besar bagi kesehatan tubuh.
Manfaat curcumin bagi kesehatan yang paling besar adalah adanya potensinya untuk mencegah kanker. Curcumin adalah kandungan aktif dalam kunyit dengan efek anti-peradangan dan memiliki khasiat antioksidan cukup unggul. Nah, berikut ini beberapa manfaat curcumin yang bisa Anda dapatkan untuk meningkatkan kesehatan tubuh.
  • Antioksidan
Curcumin memiliki efek anti-inflamasi dan antioksidan yang sangat kuat. Namun, kandungan curcumin pada kunyit tidak terlalu tinggi, yakni sekitar 3% dari berat kunyit. Jadi, jika ingin merasakan efek secara maksimal, diperlukan mengonsumsi suplemen yang mengandung curcumin dalam jumlah yang banyak.
  • Memaksimalkan kesehatan otak
Di otak, ada hormon yang berfungsi meningkatkan jumlah neuron disebut brain-derived neurotrophic factor. Ketika kadar hormon ini menurun, seseorang rentan menderita Alzheimer hingga depresi. Faktanya kandungan dalam kunyit ini bisa meningkatkan level BDNF dalam otak. Artinya, dapat mencegah terjadinya penurunan fungsi otak akibat penuaan. Lebih jauh lagi, senyawa ini juga dapat meningkatkan daya ingat dan mencerdaskan otak.
  • Mengurangi gejala dan risiko penyakit maag
Kunyit sudah sejak lama banyak digunakan sebagai obat gangguan pencernaan yang ampuh. Biasanya, saat gejala maag kambuh, beberapa orang menyeduh secangkir teh kunyit hangat untuk meredakan nyeri. Kemunculan maag dapat dipicu oleh adanya luka di lambung yang diakibatkan oleh infeksi bakteri H. Pylori. Berbagai hal yang dapat mengikis lapisan dinding usus memicu refluks asam lambung untuk naik.
Penelitian dari jurnal Pharmacognosy Reviews menyatakan bahwa efek curcumin dapat mengobati peradangan yang disebabkan oleh luka dan melindungi perut dari iritan-iritan dengan meningkatkan produksi lendir pada lambung. Lalu, jurnal Systematic Reviews menyatakan bahwa kunyit membantu mengurangi frekuensi kekambuhan gejala maag, karena curcumin dalam kunyit mengendalikan produksi asam lambung dan empedu yang berlebih.
  • Bermanfaat untuk peradangan
Kandungan curcumin yang bersifat anti-inflamasi dalam kunyit bermanfaat untuk pengobatan radang sendi atau arthritis. Dalam sebuah penelitian pada orang dengan rheumatoid arthritis, curcumin bahkan lebih efektif daripada obat anti-inflamasi. Banyak penelitian lain telah melihat efek curcumin pada radang sendi dan mencatat perbaikan dalam berbagai gejala.
Kandungan curcumin bekerja sama efektifnya seperti obat anti-peradangan, namun tidak menimbulkan efek samping apapun. Cara kerjanya adalah dengan menahan molekul NF-kB yang berperan besar memicu berbagai penyakit kronis.
  • Menurunkan risiko penyakit jantung
Penyakit jantung adalah penyebab kematian nomor satu di dunia. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa curcumin dapat meningkatkan fungsi endotel yang merupakan lapisan di pembuluh darah. Disfungsi endotel adalah pendorong utama penyakit jantung dan melibatkan ketidakmampuan endotel untuk mengatur tekanan darah, pembekuan darah, dan berbagai faktor lainnya.

Begitu besar manfaat curcumin bagi kesehatan tubuh. Selain di dalam kunyit, kandungan curcumin juga banyak ditemukan pada temulawak. Jadi, tidak heran jika kunyit dan temulawak begitu dicari oleh masyarakat.

Akan tetapi perlu diketahui bahwa sebagian besar penelitian seputar manfaat curcumin memerlukan takaran lebih dari 1 gram setiap harinya. Mustahil mencapai angka ini apabila hanya bersumber dari kunyit sebagai bumbu masakan saja. Jadi, jika Anda ingin mendapatkan manfaat curcumin secara maksimal juga diperlukan vitamin atau suplemen pendamping lainnya yang sudah dikonsultasikan dengan dokter terlebih dahulu.
Reply




Users browsing this thread: 1 Guest(s)

About Ziuma

ziuma - forum diskusi dan komunitas online. disini kamu bisa berdiskusi, berbagi informasi dan membentuk komunitas secara online. Bisa juga berdiskusi dengan sesama webmaster/blogger. forum ini berbasis mybb

              Quick Links

              User Links

             powered by