Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Thread Modes
Manfaat Bersepeda: Baik Untuk Mencegah Corona
#1
[Image: 5efb1f405d1a5.jpg]



Meskipun dunia sedang menghadapi pandemi virus Corona atau Covid-19, hal tersebut tidak menghentikan sebagian orang untuk melakukan aktivitas di luar rumah. Orang-orang yang keluar rumah tidak hanya untuk bekerja, namun juga untuk bersantai seperti bersepeda. Di Indonesia, bersepeda sudah menjadi hal yang trendi untuk dilakukan. Tidak hanya itu, manfaat bersepeda juga beragam, salah satunya adalah menjaga berat badan.


Bersepeda tidak hanya menjaga kesehatan fisik manusia, namun juga dapat menjaga kesehatan mental. Bersepeda merupakan salah satu aktivitas yang berguna bagi wanita jika mereka ingin mencobanya. Jika Anda termasuk salah satu wanita yang ingin mencoba aktivitas seperti ini, Anda bisa melakukannya. Anda sangat dianjurkan untuk bersepeda secara rutin, namun Anda perlu terapkan dengan cara yang benar dan aman. Selain itu, Anda juga diharapkan untuk mengikuti protokol kesehatan untuk melindungi diri dari virus Corona.


Manfaat Bersepeda
Berikut adalah manfaat bersepeda yang perlu Anda ketahui:
Menjaga berat badan
Jika Anda ingin bersepeda, maka salah satu manfaat yang diperoleh adalah mampu menjaga berat badan. Bersepeda juga merupakan olahraga kardio dimana jenis olahraga tersebut mampu membakar kalori di dalam tubuh sebanyak 450 sampai 750 kalori per jam. Anda mungkin dapat membakar kalori lebih banyak jika waktu bersepeda Anda lebih lama.
Menjaga kesehatan mental
Manfaat lain yang diperoleh adalah mampu menjaga kesehatan mental. Bersepeda juga dapat membuat Anda mengurangi stres, depresi, serta gangguan kecemasan. Bersepeda dapat membantu Anda menenangkan diri dari pikiran-pikiran negatif dan mengalihkan pikiran Anda secara positif seperti menikmati momen bersepeda.
Meredakan gejala yang terjadi pada wanita
Manfaat lain yang diperoleh dari olahraga yang melibatkan sepeda adalah mampu meredakan berbagai gejala spesifik yang dialami wanita. Contoh-contoh gejala yang dialami wanita adalah gejala menstruasi dan menopause.

Menambah kekuatan kaki
Manfaat lain dari sepeda adalah mampu menambah kekuatan kaki Anda. Jika Anda bersepeda secara rutin, maka Anda akan meningkatkan kekuatan paha, betis, dan bagian kaki lainnya.

Memperbaiki keseimbangan tubuh
Bersepeda dapat dilakukan karena dapat memperbaiki keseimbangan dan postur tubuh wanita. Ketika Anda bersepeda, Anda tentunya perlu menjaga keseimbangan dengan terus mengayuh pedal. Jika Anda bersepeda secara rutin, maka tubuh Anda semakin terjaga dengan baik.

Seiring bertambahnya usia, keseimbangan manusia terus berkurang. Oleh karena itu, bersepeda adalah salah satu cara yang dapat dilakukan jika ingin menjaga keseimbangan tubuh. Cara seperti ini juga dapat mengurangi risiko cedera akibat ketidakseimbangan pada tubuh.
Meningkatkan rasa percaya diri
Sebagian orang mengatakan bahwa bersepeda juga dapat meningkatkan rasa percaya diri mereka. Hal tersebut dapat memberikan berbagai manfaat, salah satunya termasuk menjaga berat badan. Oleh karena itu, kelebihan yang dimiliki dapat membuat seseorang termotivasi untuk terus melakukan apa yang disukai, termasuk bersepeda.

Mengurangi risiko kanker
Bersepeda juga merupakan cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi risiko kanker seperti kanker payudara. Meskipun sebagian wanita mengalami kanker payudara, mereka juga sangat dianjurkan untuk terus berolahraga seperti bersepeda. Hal tersebut dapat mengurangi efek samping pengobatan seperti lemas.

Tips Bersepeda
Selain manfaat bersepeda, berikut adalah tips yang sebaiknya Anda terapkan jika Anda ingin bersepeda:
  • Memakai alat pelindung
Anda sangat dihimbau untuk memakai alat pelindung seperti helm jika Anda bersepeda. Menggunakan alat pelindung dapat melindungi Anda dari risiko cedera akibat kecelakaan sepeda.
  • Memakai masker
Anda juga perlu memakai masker ketika Anda berada di luar, termasuk bersepeda, karena virus Corona belum berakhir.
  • Patuhi lalu lintas
Ketika Anda bersepeda di tempat yang ramai, Anda perlu patuhi lalu lintas seperti tetap berada di jalur khusus sepeda. Anda juga perlu jaga jarak dengan pesepeda lain untuk mencegah risiko kecelakaan.
  • Memilih waktu yang tepat
Anda juga dianjurkan untuk memilih waktu yang tepat jika ingin bersepeda. Jika Anda tidak dapat memutuskan waktu yang mana untuk bersepeda, Anda sebaiknya coba bersepeda di waktu-waktu yang berbeda (seperti Sabtu pagi atau Minggu pagi), lalu Anda tentukan waktu mana yang terdapat paling sedikit kerumunan.

Banyaknya kerumunan merupakan salah satu faktor yang perlu dihindari, karena merupakan penyebaran virus Corona.

Bersepeda merupakan salah satu aktivitas yang mampu mendukung kebutuhan manusia sehari-hari. Tidak hanya itu, manfaat bersepeda tidak hanya mengenai kesehatan, namun juga untuk bersenang-senang, baik bersama teman maupun keluarga. Anda juga perlu menerapkan protokol kesehatan dan keamanan ketika bersepeda untuk mencegah risiko kecelakaan dan penularan virus Corona.

Reply




Users browsing this thread: 1 Guest(s)

About Ziuma

ziuma - forum diskusi dan komunitas online. disini kamu bisa berdiskusi, berbagi informasi dan membentuk komunitas secara online. Bisa juga berdiskusi dengan sesama webmaster/blogger. forum ini berbasis mybb

             Quick Links

             User Links

             Support by

  • Ngalih.id