Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Makanan Sehat dalam Piramida Makanan yang Baik Dikonsumsi
#1
Lightbulb 
[Image: CIELOV_Silky_Lava_Pudding_Powder.jpeg]

Mengkonsumsi makanan sehat serta aktif bergerak dengan melakukan berbagai macam aktivitas fisik merupakan dua hal penting yang bisa membantu meningkatkan kesehatan. tidak ada satu menu makanan yang bisa menyediakan berbagai macam nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Piramida makanan bisa dijadikan sebagai panduan nutrisi yang bisa digunakan untuk merencanakan pola makan yang sehat. Dengan ukuran porsi makanan dan jenis berbentuk piramida.
 
Mengatur pola makan berjangka panjang jauh lebih penting dibandingkan dengan memperhatikan makanan ketika sekali akan. Bila Anda memperoleh nutrisi yang diperlukan dengan tepat, Anda bisa menjaga kesehatan dan mencapai berat badan yang ideal. Ada 4 tingkat bagian dari piramida makanan. masing-masing tingkat menyediakan jenis makanan, dari satu jenis tersebut tidak bisa digantikan dengan kelompok lain. Anda memerlukan semuanya agar bisa memenuhi nutrisi harian. Berikut ukuran porsi dan piramida makanan tersebut.
 
Tingkat pertama, makanan yang berada di paling dasar piramida makanan terdiri dari makanan biji-bijian yang banyak dikonsumsi setiap hari seperti sereal, nasi hingga pasta. Untuk jenis makanan biji-bijian ini yang paling direkomendasikan sebesar 6 hingga 11 porsi sehari. 1 porsi setara dengan 1/3 cangkir nasi dan 1 potong nasi. 

Tingkat makanan sehat kedua di piramida makanan adalah makanan yang berasal dari tanaman seperti buah dan sayur yang diperlukan oleh tubuh untuk memperoleh asupan serat, vitamin dan mineral. Di kelompok buah, Anda bisa mengkonsumsi 2 hingga 4 porsi dalam sehari. 1 porsi buah seperti 1 buah dengan ukuran sedang, atau ¼ cangkir buah kering. Sedangkan untuk sayuran, Anda bisa mengambil porsi 3 hingga 5 porsi, 1 porsi sayur setara dengan ½ cangkir sayuran, ¾ jus sayuran dan 1 cangkir sayur mentah.

[Image: Tahu_Tuna.jpg]
 
Tingkat ketiga, di tingkat ini, terdiri dari 2 kelompok makanan yang banyak dari hewan seperti yoghurt, susu, daging, unggas, ikan, telur. Jenis makanan di tingkat ini penting agar bisa memenuhi kebutuhan protein, kalsium, seng dan besi di dalam tubuh Anda. untuk jenis makanan pada tingkat ini direkomendasikan 2 hingga 3 porsi dalam sehari. Bagaimana cara penyajiannya? Anda bisa menyajikan 1 cangkir susu. Untuk daging, seporsi daging setara dengan 3 ons sapi, ikan dan jenis daging lain. Selain daging, makanan di tingkat ini bisa diganti dengan kacang polong, telur, kacang-kacangan atau selain kacang. Cara mengukur porsi daging ialah untuk 3 ons daging sama ukurannya dengan setumpuk kartu atau telapak tangan wanita.
 
Tingkat terakhir adalah di posisi paling ujung. Pada posisi paling ujung ini terdiri dari lemak, minyak serta gula. Jenis makanan ini seperti krim, mentega, gula, margarin dan permen. Jenis makanan di tingkat ini hanya memiliki sedikit kandungan nutrisi sehingga harus dibatasi penggunaannya. Makanan yang memiliki kandungan garam atau gula tinggi kurang baik untuk kesehatan, begitu pun dengan minyak. Bila dikonsumsi secara berlebihan bisa menyebabkan berbagai macam penyakit seperti diabetes, tekanan darah tinggi hingga stroke. Seporsi lemak sama dengan 1 sendok teh minyak, 1 irisan bacon, dan seporsi makanan manis setara dengan 1 sendok teh gula. Piramida makanan sehat seperti ini bisa membantu Anda dalam memilih jenis makanan serta melakukan pengontrolan asupan sesuai dengan tingkatan masing-masing. Anda bisa mengkonsultasikannya dengan ahli gizi tentang pola makan yang paling tepat untuk Anda. jadi, tidak akan ada lagi kelebihan makanan yang bisa menyebabkan penumpukan lemak.
Reply




Users browsing this thread: 2 Guest(s)

About Ziuma

ziuma - forum diskusi dan komunitas online. disini kamu bisa berdiskusi, berbagi informasi dan membentuk komunitas secara online. Bisa juga berdiskusi dengan sesama webmaster/blogger. forum ini berbasis mybb

              Quick Links

              User Links

             powered by