Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Makanan Penyebab Alergi dan Obat Alergi Makanan
#1
Photo 
[Image: dengan-atau-tanpa-resep-dokter-ini-dafta...846637.jpg]

Apakah Anda punya alergi makanan? Sebenarnya apa yang menyebabkan seseorang memiliki alergi terhadap makanan tertentu? Alergi makanan adalah kondisi saat sistem kekebalan tubuh memberikan respon kurang tepat terhadap suatu makanan atau zat tertentu yang ada pada makanan. Ketika sistem kekebalan tubuh Anda menyalahartikan makanan sebagai zat berbahaya, tubuh akan memproduksi antibodi immunoglobulin atau disingkat dengan IgE untuk melawannya. Saat Anda makan makanan tertentu, antibodi IgE akan mendeteksinya dan membuat sistem kekebalan tubuh menyebarkan zat kimia untuk melawannya. Zat kimia inilah yang menyebabkan gejala reaksi alergi. Tidak ada obat alergi makanan, dalam artian kondisi tersebut tidak dapat disembuhkan. Namun, gejala dan reaksi alergi dapat dirawat dengan pengobatan tertentu.


Faktor risiko alergi makanan

Beberapa faktor dapat menyebabkan Anda memiliki risiko alergi makanan yang tinggi. Salah satunya adalah faktor usia. Alergi makanan sangat sering dijumpai pada bayi dan balita. Alergi pada susu, kedelai, gandum, dan telur dapat berkurang seiring berjalannya waktu. Namun, alergi terhadap kacang-kacangan dan kerang biasanya akan berlangsung seumur hidup. Selain faktor usia, faktor lain yang meningkatkan risiko alergi makanan adalah riwayat keluarga. Apabila keluarga Anda memiliki asthma, eksim, dan gatal-gatal, ada risiko Anda untuk menderita alergi makanan menjadi lebih besar. Makanan penyebab alergi yang paling umum Karena obat alergi makanan tidak ada, salah satu cara agar Anda terhindar dari kondisi ini adalah dengan menjauhi makanan-makanan yang menyebabkan alergi. Beberapa makanan yang paling sering menyebabkan alergi adalah sebagai berikut:
  • Susu
Alergi terhadap susu lebih biasa terjadi pada anak-anak dibandingkan dengan orang dewasa. Menurut Penelitian dan Pendidikan Alergi Makanan, alergi susu adalah alergi yang paling sering terjadi pada anak-anak, yang menyerang 2.5% anak-anak berusia di bawah tiga tahun. Dua tipe protein pada susu yang dapat menyebabkan reaksi alergi adalah kasein dan whey (dalam kebanyakan kasus whey lebih sering menyebabkan reaksi alergi).
  • Telur
Sama halnya dengan susu, alergi terhadap susu juga lebih sering terjadi pada anak-anak dibandingkan dengan orang dewasa. Menurut Perguruan Tinggi Asthma, Alergi, dan Imunology Amerika, setidaknya ada 2% anak-anak menderita alergi ini. Beberapa jenis protein yang ada pada kuning dan putih telur yang menyebabkan alergi ini. Namun, alergi terhadap putih telur lebih sering dijumpai daripada kuning telur. Penting diingat bahwa mereka yang memiliki anak dengan alergi parah terhadap telur harus berkonsultasi dengan dokter sebelum menerima vaksin flu. Karena protein putih telur digunakan untuk menciptakan vaksin tersebut.
  • Kacang
Alergi kacang juga lebih sering dijumpai pada anak-anak daripada orang dewasa. Kacang merupakan penyebat serangan alergi makanan yang parah. Penitng untuk memperiksakan anak Anda apabila terdapat sedikitpun alergi terhadap selai kacang atau produk lain yang mengandung kacang. Meskipun alergi anak Anda tergolong ringan, ada kemungkinan alergi jenis ini berubah menjadi semakin parah di masa mendatang. Banyak produk makanan olahan yang tidak mengandung kacang diproses di pabrik yang mengolah produk kacang, dan kemungkinan mengandug
protein kacang di produk tersebut. Bacalah label makanan dengan cermat apabila anak Anda memiliki alergi kacang. 


Mengingat tidak adanya obat alergi makanan, hal yang bisa Anda lakukan adalah menghindari makanan-makanan yang disebutkan di atas. Periksakan ke dokter apabila Anda atau anak mengalami alergi terhadap makanan tertentu. Perawatan alergi makanan berupa mengurangi gejala yang ditimbulkan oleh reaksi alergi.
Reply




Users browsing this thread: 1 Guest(s)

About Ziuma

ziuma - forum diskusi dan komunitas online. disini kamu bisa berdiskusi, berbagi informasi dan membentuk komunitas secara online. Bisa juga berdiskusi dengan sesama webmaster/blogger. forum ini berbasis mybb

              Quick Links

              User Links

             powered by