Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Macam-macam Aktivitas Latihan Fisik Bagi Tubuh
#1
[Image: __p__.jpg]

Menurut Kemenkes RI, bahwa latihan fisik adalah aktivitas yang dilakukan secara terstruktur dan terencana misalnya adalah jalan kaki, jogging, push-up, peregangan, senam aerobik, bersepeda, dan sebagainya. Dilihat dari kegiatannya, latihan fisik memang seringkali disatu kategorikan dengan olahraga.

Salah satu manfaat aktivitas latihan fisik pada tujuan utama adalah mencegah terjadinya penyakit penular

Aktivitas fisik harian
Jenis aktivitas ini ada dalam kehidupan Anda sehari-hari dalam mengurus rumah dan bisa membantu dalam membakar kalori yang didapatkan dari makanan yang dikonsumsi. Contohnya seperti, mencuci baju, mengepel lantai, jalan kaki, membersihkan jendela, berkebun, menyetrika pakaian, bermain bersama dengan anak-anak,.

Kalori yang terbakar bisa mencapai 50 sampai 200 kcal per kegiatan.

Menurut pakar Harvard Medical School, berikut ada lima aktivitas fisik yang terbaik diantaranya adalah:

1. Jalan Kaki
Jalan kaki merupakan aktivitas yang mudah dilakukan dan membantu untuk menurunkan kadar kolesterol, memperkuat tulang, dan mencegah berbagai penyakit parah, termasuk penyakit jantung dan diabetes.

Tak hanya itu, Ini sangat disarankan karena dapat membantu memperbaiki suasana hati, jika rutin dilakukan.

Sebagai permulaan, Anda cukup berjalan kaki selama 15 menit. Seiring berjalannya waktu, tingkatkan durasi ini menjadi 30-60 menit dalam satu hari. Jangan lupa, pastikan sepatu yang Anda kenakan nyaman di kaki.

2. Berenang
Olahraga ini dapat menjadi aktivitas fisik yang menyenangkan dan bukan hanyai itu, ternyata aktivitas latihan fisik ini sangat membantu  dalam meredakan ketegangan sendi yang menyebabkan sakit, serta membantu kita untuk bergerak lebih leluasa.

Renang menjadi aktivitas fisik yang sangat baik untuk penderita radang sendi (artritis).

Tak hanya untuk kesehatan fisik, berbagai studi juga telah menemukan bahwa renang memberikan efek positif untuk kesehatan mental serta membantu meningkatkan suasana hati.

Selain renang, olahraga fisik di kolam yang bisa diikuti adalah aerobik dalam air. Aerobik membantu pembakaran kalori serta membantu pembentukan badan.

3. Senam Kegel
Mampu menjaga kesehatan otot dasar panggul yang menopang kandung kemih.

Dengan otot dasar panggul yang kuat, kita bisa menurunkan risiko inkontinensia urine dan gejala akan terjadi ketika tubuh tak mampu mengontrol diri keinginan untuk buang air kecil.

Senam ini tak hanya menyehatkan untuk wanita, namun juga kaum pria juga loh.

4. Latihan Kekuatan
Semua kalangan bisa melakukan latihan kekuatan, baik pria maupun wanita.

Rutin menjalani latihan ini dapat mencegah penurunan kekuatan pada otot.

Selain itu, juga dapat menjaga berat badan ideal karena massa otot yang lebih banyak membantu tubuh dalam membakar kalori.

Kunci awal dalam melakukan adalah gerakan yang tepat dan kami sarankan untuk tidak fokus pada berat beban yang diangkat. Beban ringan dapat menjadi awal mula yang baik, asalkan gerakan yang dilakukan bisa tepat.

5. Tai Chi
Tai chi adalah bentuk aktivitas fisik tradisi China yang melibatkan gerakan lambat dan penarikan napas yang dalam.

Aktivitas fisik ini amat baik untuk tubuh serta pikiran kita.

Latihan ini sangat disarankan untuk kelompok lanjut usia karena aktivitas ini menawarkan keseimbangan.

Untuk melakukan gerakan yang tepat, Anda lebih disarankan untuk mengambil kelas dibandingkan melakukannya tanpa pendamping.

Aktivitas fisik tidak memandang umur. Berapa pun usia Anda saat ini, tetap banyak pilihan aktivitas fisik dan latihan yang bisa dilakukan dengan rutin, demi tubuh yang sehat dan bugar.

Referensi:
* https://bandung.ob-fit.com/macam-macam-latihan-fisik/
* https://www.ob-fit.com
Reply




Users browsing this thread: 1 Guest(s)

About Ziuma

ziuma - forum diskusi dan komunitas online. disini kamu bisa berdiskusi, berbagi informasi dan membentuk komunitas secara online. Bisa juga berdiskusi dengan sesama webmaster/blogger. forum ini berbasis mybb

              Quick Links

              User Links

             powered by