Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Thread Modes
Lindungi Mobil Pertama Anda dengan Asuransi yang Tepat
Jangan sampai mobil pertama anda rusak tanpa jaminan. Yuk pilih asuransi kendaraan yang tepat.
#1
Punya mobil pertama pasti begitu berkesan. Ini akan menjadi cerita yang tak pernah selesai untuk diceritakan. Sayangnya, banyak pemilik mobil pertama lalai. Mereka hanya membeli tapi tidak memikirkan perlindungan. Seharusnya, setelah melakukan pembelian, mereka langsung mencari asuransi mobil yang murah. Ini sebagai tanda bahwa memang kendaraan pertama mereka benar-benar berharga.
Tentu sangat dimaklumi mengapa banyak pemilik mobil baru pertama kali tidak mengasuransikan kendaraan tersebut. Biasanya, ini terkait dengan budget. Mereka sudah habis-habisan untuk membeli mobil. Apalagi jika harus kredit. Tentu sangat membebani jika mereka harus mengasuransikan mobil tersebut.

Padahal, tidak semua asuransi itu berat. Toh ada asuransi mobil murah. Jika memang mobil pertama dalam hidup ini benar-benar berharga, seharusnya dilindungi dengan baik, bukan?

Tips Agar Asuransi Tidak Membebani Keuangan
Mengasuransikan mobil tidak akan membebani keuangan Anda jika Anda memilih premi asuransi yang murah. Dalam hal ini, Anda perlu tahu bahwa ada dua jenis asuransi mobil. Yaitu TLO dan All Risk. Untuk yang pertama, premi asuransinya lebih murah. Hanya saja, perlindungannya terbatas pada kerusakan yang mencapai 75% dan kehilangan saja. Untuk kerusakan kecil, perusahaan tidak mencover dengan tipe asuransi TLO ini.
Inilah yang membuat TLO dianggap sebagai asuransi mobil yang murah. Preminya lebih terjangkau.

Meskipun demikian, bukan berarti Anda tidak boleh memilih All Risk jika ingin berhemat. Anda pun mampu membayar premi asuransi mobil All Risk asalkan Anda terapka tips berikut ini:

  • Buat Perencanaan dari Awal Tahun
Sejak awal Anda membeli mobil, Anda harus tahu bahwa pengeluran Anda semakin banyak. Jika biasanya Anda hanya membeli BBM Rp 100 ribu setiap minggunya, bisa saja Anda harus keluarkan uang Rp 500 ribu karena Anda sudah menggunakan mobil. Belum lagi dengan pajak tahunan mobil yang mencapai jutaan rupiah.


Hal ini harus Anda benar-benar sadari. Maka dari itu, Anda perlu melakukan perencanaan keuangan sejak awal ketika Anda membeli mobil baru. Usahakan untuk menuliskan pengeluaran tahunan yang pasti. Contohnya saja pajak tahunan serta estimasi biaya perbaikan per tahun.


Selain itu, anggarkan juga dana untuk membayar asuransi. Pilih yang pembayarannya tahunan. Anda bisa memilih asuransi mobil yang murah agar tidak begitu membebani keuangan Anda.
  • Kurangi Konsumtif
Hal-hal yang sifatnya konsumtif harus dikurangi. Jika Anda sudah berkeluarga, buat kesepakatan untuk mengurangi hal yang bersifat konsumtif. Kurang makan di luar. Masak sendiri. Ini sepele tapi dampaknya bagi pengurangan pengeluran Anda sangat signifikan. Pasalnya, makan di luar sekali biayanya bisa digunakan untuk masak sendiri di rumah berhari-hari.
  • Lebih Mengutamakan Menabung
Ketika Anda sudah mengambil polis asuransi mobil murah, sebenarnya Anda bisa lebih tenang. Ketika terjadi kecelakaan, perusahaan akan menganggung. Jadi, Anda tidak perlu mengeluarkan uang.


Akan tetapi, ada hal yang diluar dugaan. Ada jenis kerusakan yang tidak ditanggung oleh perusahaan. Contohnya saja mobil baret karena ulah orang iseng. Tentu saja Anda tidak bisa mengajukan klaim. Untuk hal-hal seperti itu, otomatis Anda harus mengambil tabungan. Untuk itu, mulai sekarang, utamakan menabung.

  • Update Informasi Terbaru
Sebenarnya, Anda tidak harus terus menerus mengasuransikan mobil Anda di satu perusahaan. Tidak salah juga jika Anda beralih ke perusahaan asuransi lainnya. Apalagi banyak perusahaan asuransi yang sering memberikan diskon di momen-momen tertentu.


Namun, pastikan dulu masa asuransi sudah selesai. Baru kemudian Anda bisa pindah ke perusahaan lain.
Dengan melakukan perencanaan seperti itu, Anda tidak akan keberatan untuk membayar premi asuransi. Mobil pertama Anda terlindungi. Dan potensi Anda mengeluarkan uang yang banyak karena kecelakaan di jalan raya bisa diantisipasi.
Memilih Asuransi Mobil Sesuai dengan Budget
Premi asuransi yang ditawarkan oleh setiap perusahaan asuransi bisa saja berbeda. Untuk itu, tidak salah jika teliti dulu sebelum mengambil keputusan.
  • Pilih 10 Perusahaan Asuransi Terbaik
Hal pertama yang Anda lakukan adalah mengumpulkan setidaknya 10 perusahaan asuransi yang paling kredibel dan terkenal. Setidaknya perusahaan tersebut sering Anda dengar namanya.
  • Sortir Menjadi 5
Selanjutnya, sortir menjadi 5. Pilih perusahaan yang paling banyak mendapatkan review positif dari pelanggan. Anda bisa masuk ke grup otomatif di Facebook. Biasanya, di sana ada forum diskusi mengenai asuransi mobil yang murah. Dari sana, Anda bisa tahu perusahaan mana yang sebaiknya Anda pilih.
  • Pilih yang Menawarkan Budget Termurah
Setelah Anda sortir menjadi 5, pilih perusahaan asuransi yang menawarkan premi asuransi paling murah. Akan tetapi, Anda juga perlu perhatikan apa saja layanannya. Perhatikan juga bengkel rekanan yang mereka tunjuk.

Untuk mengetahui berapa sebenarnya premi asuransi mobil Anda, sekarang Anda bisa langsung ketahui. Cek saja di www.cekpremi.com. Di sana simulasi untuk menghitung berapa premi asuransi yang harus Anda bayar untuk tipe kendaraan Anda. Premi ditentukan oleh banyak faktor, seperti tipe mobil, tahun pembuatan, tipe asuransi, penggunaan mobil, dan lain sebagainya.

Terlepas dari hal tersebut, Anda harus tahu setiap perusahaan biasanya memberikan pelayanan yang beda. Contohnya saja ada perusahaan yang menyediakan fasilitas mobil derek. Bahkan, ada juga yang memberikan pinjaman mobil selama mobil Anda diperbaiki. Fasilitas ini seharusnya Anda jadikan bahan pertimbangan selain hanya mencari asuransi mobil yang murah. Karena bagaimanapun juga, Anda butuh pelayanan yang optimal. Tidak hanya sekedar premi asuransi yang murah, bukan?

Reply




Users browsing this thread: 3 Guest(s)

About Ziuma

ziuma - forum diskusi dan komunitas online. disini kamu bisa berdiskusi, berbagi informasi dan membentuk komunitas secara online. Bisa juga berdiskusi dengan sesama webmaster/blogger. forum ini berbasis mybb

             Quick Links

             User Links

             Advertise