Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Thread Modes
Lakukan Ini Saat Terjadi Demam Pada Anak
#1
[Image: cara-menurunkan-panas-demam-pada-anak.jpg]
Gejala demam pada anak seringkali membuat para orang tua khawatir. Terlebih jika demam tersebut dialami oleh bayi yang baru lahir. Sering kali anak Anda akan menangis semalaman hingga tak mau makan karena berkurangnya nafsu makan. Penurunan aktivitas juga dapat ditimbulkan oleh demam tinggi yang dialami oleh anak.
 
Namun, tak perlulah Anda merasa panik bila anak mengalami peningkatan suhu hingga 38 derajat celcius. Karena demam tinggi yang terjadi pada anak wajar terjadi di usianya dan dipengaruhi oleh berbagai macam faktor. Seperti infeksi bakteri dan virus, lingkungan yang terlalu dingin hingga efek setelah melakukan imunisasi.
 
Bila anak Anda sedang terjangkiti demam tinggi. Usahakanlah untuk tetap tenang dan lakukan hal-hal di bawah ini untuk mengatasi demam pada anak agar segera menurun.
 
     Asupan cairan yang cukup
Cairan dalam tubuh akan lebih mudah menguap ketika demam terjadi. Untuk Itu, guna menghindari dehidrasi berlebih pada anak. Ada baiknya jika Anda memberikan asupan ASI yang cukup pada bayi dan berikan pula air putih yang cukup pada anak-anak balita berumur 3 hingga 5 tahun. Pemberian cairan yang cukup ini begitu penting agar menghindari terjadinya kekurangan cairan berlebih pada anak yang malah menyebabkan penyakit lainnya timbul.
 
     Suhu ruangan
Salah satu faktor penting yang membuat demam terjadi adalah karena adanya suhu ruangan yang terlalu rendah dan menyebabkan kedinginan sehingga tubuh anak bereaksi mengeluarkan suhu yang hangat. Untuk itu, pastikan suhu ruangan di sekitar anak adalah suhu yang nyaman. Ada baiknya Anda memastikan AC ruangan berfungsi dengan suhu yang tidak terlalu rendah. Selain itu, pastikan pula sirkulasi udara segar pada ruangan tetap lancar agar pergantian oksigen lancar.
     Selimut tipis
Banyak orang yang beranggapan dengan memberikan selimut tebal dapat membuat demam semakin cepat menurun namun sebaliknya, saat demam tinggi terjadi pada anak dianjurkan untuk memberikan selimut tipis yang dapat dilewati oleh udara untuk membantu menyejukkan tubuh anak.
     Kompres handuk hangat
Meletakkan handuk kecil yang sudah direndam sebelumnya dengan air hangat juga mampu menekan demam tinggi pada anak menjadi turun. Sebaiknya hindari mengompres dengan menggunakan air es atau air dingin karena hal ini dapat memicu demam semakin meninggi.
     Perbanyak istirahat
Kunci agar sakit yang kita alami segera sembuh salah satunya adalah beristirahat. Dengan istirahat yang cukup akan membantu tubuh segera meregenerasi sel-sel darah putih yang bertugas untuk memulihkan tubuh. Hindari mengajak anak Anda bepergian tatkala sudah menunjukkan gejala demam. Salah-salah kondisi tubuh yang terlalu lelah dan capek selama perjalanan malah akan memperburuk kondisi anak Anda.
     Tetap berikan makanan bergizi
Saat anak sedang sakit biasanya juga diiringi dengan penurunan pola makan yang dialami. Namun, saat sakit pun tubuh masih membutuhkan asupan karbohidrat, vitamin, protein dan mineral yang cukup. Maka dari itu, hendaknya orang tua tetap memberikan asupan makanan bergizi pada anak seperti biasanya. Akan tetapi tak usah dipaksa bila anak tidak mau memakan makanan dalam jumlah yang besar. Tak masalah jika anak-anak hanya mau memakan makanan dalam porsi yang kecil asal perutnya tak kosong guna mencegah munculnya maag
 
Demam pada anak sebenarnya dapat diatasi dengan rangkaian penanganan yang tepat yang disebutkan pada ulasan di atas. Para orang tua sebaiknya tetap memperhatikan perkembangan rasa sakit yang diderita oleh anak-anak. Apabila demam tak kunjung menurun sebaiknya segera bawalah anak ke dokter guna memperoleh tindakan medis dengan cepat.

Reply




Users browsing this thread: 1 Guest(s)

About Ziuma

ziuma - forum diskusi dan komunitas online. disini kamu bisa berdiskusi, berbagi informasi dan membentuk komunitas secara online. Bisa juga berdiskusi dengan sesama webmaster/blogger. forum ini berbasis mybb

             Quick Links

             User Links

             Support by

  • Ngalih.id