Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Kondisi Ini Ganggu Fungsi Mitokondria
#1
[Image: fungsi-mitokondria.jpg]
Penyakit mitokondria merupakan hasil dari kegagalan mitokondria. Mitokondria bertanggung jawab dalam menciptakan 90 persen energi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk dapat menunjang hidup dan mendukung fungsi organ tubuh. Saat mitokondria gagal memenuhi tugasnya, jumlah energi yang diproduksi akan menjadi semakin sedikit di dalam sel. Apabila fungsi mitokondria yang utama tidak dapat terpenuhi, sel akan cidera dan bahkan mati. Dan apabila proses tersebut berulang terus menerus di seluruh tubuh, sistem organ keseluruhan akan mulai gagal. Bagian tubuh seperti otak, jantung, otot, dan paru-paru yang membutuhkan energi dalam jumlah besar akan mulai terpengaruh.
Penyakit mitokondria sangat sulit untuk didiagnosa, karena penyakit ini akan mempengaruhi setiap orang secara berbeda. Selain gagal memenuhi fungsi mitokondria, gejala yang utama dan sering muncul adalah kejang, stroke, penundaan perkembangan yang parah, ketidakmampuan untuk berjalan, berbicara, melihat, dan mencerna makanan, serta komplikasi kesehatan parah lain. Apabila tiga atau lebih sistem organ terlibat, penyakit mitokondria harus dicurigai. Selain itu, meskipun penyakit mitokondria sering dijumpai pada kasus anak-anak, kondisi ini juga mulai sering dijumpai pada orang dewasa.
Mengenal penyakit mitokondria
DNA yang ada di dalam mitokondria lebih rentan terhadap kerusakan apabila dibandingkan dengan genome lain. Hal ini dikarenakan radikal bebas, yang dapat menyebabkan kerusakan pada DNA, diproduksi saat sintesis ATP. Selain itu, mitokondria juga kekurangan mekanisme pelindung yang biasa ditemukan di sel nukleus. Akan tetapi, penyakit mitokondria pada umumnya disebabkan oleh mutasi di DNA nukleus yang mempengaruhi produk-produk yang akan berakhir di mitokondria. Mutasi ini dapat terjadi akibat faktor turunan maupun terjadi secara spontan.
Saat fungsi mitokondria berhenti, sel-sel tempat mitokondria berada akan kekurangan energi. Sehingga, tergantung jenis sel yang terpengaruh, gejala yang ditimbulkan dapat bervariasi. Sebagai aturan utama, sel-sel yang membutuhkan energi paling besar, misalnya sel otot jantung dan saraf, akan terpengaruh paling parah akibat kegagalan mitokondria.
Karena mitokondria melakukan berbagai macam fungsi yang berbeda di setiap jaringan yang berbeda, ada ratusan penyakit mitokondria yang berbeda. Karena permainan yang kompleks antara ratus gen dan sel yang harus bekerja sama untuk menjaga mesin metabolisme tetap bekerja dengan lancar, sudah menjadi ciri khas penyakit mitokondria bahwa mutasi mtDNA yang identik tidak akan menghasilkan jenis penyakit yang sama pula. Penyakit-penyakit yang menghasilkan gejala yang berbeda namun disebabkan karena mutasi yang sama disebut dengan genocopies. Sementara itu, penyakit yang menunjukkan tanda atau gejala yang sama namun disebabkan karena mutasi dalam gen berbeda disebut phenocopies. Salah satu contoh dari phenocopy adalah sindrom Leigh, yang dapat disebabkan karena beberapa mutasi berbeda. Meskipun gejala dari penyakit mitokondria bermacam-macam, gejala yang umum ditemui seperti masalah dengan penglihatan dan pendegaran, ketidakmampuan dalam belajar, penyakit hati, jantung, dan ginjal, gangguan saraf, dan hilangnya koordinasi otot. Kondisi lain yang dipercaya memiliki disfungsi mitokondria adalah penyakit Parkinson, Alzheimer, schizophrenia, penyakit Huntington, diabetes, dan autisme.
Mitokondria dapat dianggap sebagai organel yang paling hebat. Selain fungsi mitokondria sebagai gardu tenaga untuk sel-sel tubuh, mereka memiliki fungsi lain dalam menjaga fungsi tubuh. Saat ini, tidak ada obat untuk penyakit mitokondria. Perawatan yang ada hanya sebatas mengurangi gejala dan memperlambat tingkat keparahan penyakit. Keefektifan perawatan pun berbeda dari satu pasien dengan pasien yang lain, dan mereka yang memiliki gangguan ringan, akan memberikan respon yang lebih baik terhadap perawatan dibandingkan dengan mereka yang mengidap gangguan parah.
Reply




Users browsing this thread: 1 Guest(s)

About Ziuma

ziuma - forum diskusi dan komunitas online. disini kamu bisa berdiskusi, berbagi informasi dan membentuk komunitas secara online. Bisa juga berdiskusi dengan sesama webmaster/blogger. forum ini berbasis mybb

              Quick Links

              User Links

             powered by