Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Ketahui Masalah Perawatan Payudara Bagi Ibu Menyusui
#1
[Image: perawatan-payudara-bagi-ibu-menyusui.jpg]

Ketika Anda mulai menyusui bayi, maka Anda akan mulai melihat banyak perubahan yang terjadi pada tubuh. Perubahan tersebut seperti fluktuasi ukuran payudara ketika tubuh mulai membuat kolostrum dan ASI matang. Hal ini merupakan hal yang normal tetapi akan membuat Anda merasa sakit. Untungnya, saat Anda mulai menyusui, payudara Anda akan turun. Anda juga perlu mengetahui beberapa masalah perawatan payudara bagi ibu menyusui.

Masalah Perawatan Payudara Bagi Ibu Menyusui
Perawatan payudara bagi ibu menyusui bukan hal yang mudah. Hal ini karena akan timbul beberapa masalah ketika Anda mulai menyusui. Jika Anda mengalami masalah seperti berikut ini, Anda harus segera menghubungi petugas medis atau dokter untuk menentukan tindakan apa yang harus dilakukan untuk memperbaiki masalah.
  • Nyeri Puting
Ketika Anda pertama kali mulai menyusui, Anda akan mengalami sedikit rasa sakit pada puting. Nyeri pada puting merupakan suatu hal yang normal, tetapi hal ini juga bisa merupakan suatu indikasi ada yang salah pada metode menyusui yang Anda lakukan. Anda juga akan merasakan nyeri jika bayi Anda tidak menempel dengan benar atau jika mereka berada dalam posisi yang salah untuk menyusu.
  • Saluran Susu Tersumbat
Saat proses menyusui, Anda disarankan untuk mengosongkan payudara sepenuhnya selama menyusui. Jika tidak, Anda akan memiliki peluang yang jauh lebih tinggi untuk mengalami saluran susu yang tersumbat, yang dapat menyebabkan benjolan yang terasa menyakitkan. Jika bayi Anda tidak mengosongkan payudara Anda selama menyusui, Anda bisa memompa sisa ASI dan menyimpannya untuk nanti.
  • Pembengkakan
Masalah perawatan payudara bagi ibu menyusui berikutnya adalah pembengkakan, yang sering dialami oleh banyak orang. Ketika payudara terasa membengkak, saat itulah payudara Anda mulai memproduksi susu dan menjadi sangat bengkak dan menimbulkan rasa nyeri. Anda bisa mengatasi pembengkakan ini dengan memastikan untuk mengosongkan payudara melalui pemompaan atau menyusui.
Untuk mengurangi rasa sakit pembengkakan Anda juga dapat melakukan hal seperti mandi air hangat atau mengompres payudara, serta menggunakan obat pereda nyeri yang aman untuk menyusui.
  • Mastitis
Mastitis merupakan suatu infeksi atau peradangan yang terjadi pada jaringan payudara. Mastitis dapat mengakibatkan gangguan proses pemberian ASI dari ibu ke bayi. Mastitis juga dapat menimbulkan payudara menjadi semakin membengkak, dan sangat nyeri.
Anda bisa berbicara dengan dokter tentang tindakan terbaik yang dapat diambil, apakah itu dengan pengobatan, perawatan, dan atau perubahan pola makan jika Anda mengalami mastitis. Anda juga dapat melakukan hal sebagai berikut, untuk meredakan mastitis:
  1. Oleskan kompres hangat ke area yang terkena sebelum menyusui.
  2. Biarkan bayi menjadi sering menyusu.
  3. Jika memungkinkan, posisikan bayi sedemikian rupa sehingga dagu atau hidungnya mengarah ke saluran yang tersumbat. Hal ini akan membantu mengeringkan area dengan lebih efektif.
  4. Saat menyusui, pijat area yang mengeras, gerakkan jari-jari Anda dari dada ke arah puting susu.
  5. Gunakan ekspresi tangan atau pompa untuk memeras ASI yang tertinggal di payudara yang tersumbat setelah menyusui.
  6. Oleskan kompres dingin setelah proses menyusui untuk menghilangkan rasa sakit dan bengkak.
  7. Luangkan lebih banyak waktu untuk istirahat, makan makanan yang sehat, dan minum yang cukup.

Menyusui adalah waktu yang tepat bagi Anda untuk menjalin ikatan dengan anak Anda yang baru lahir sambil memberikan manfaat kesehatan yang tak tertandingi. Bukan rahasia lagi bahwa kegiatan menyusui sangat berharga bagi kesehatan bayi Anda, meski terkadang kegiatan tersebut menimbulkan nyeri atau masalah. Penting untuk dicatat bahwa masalah ini dapat dihindari dengan perawatan payudara bagi ibu menyusui yang tepat.
Reply




Users browsing this thread: 2 Guest(s)

About Ziuma

ziuma - forum diskusi dan komunitas online. disini kamu bisa berdiskusi, berbagi informasi dan membentuk komunitas secara online. Bisa juga berdiskusi dengan sesama webmaster/blogger. forum ini berbasis mybb

              Quick Links

              User Links

             powered by