Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Ketahui Ciri-ciri Kopling Mobil yang Bermasalah Berikut Ini!
#1
 
Berkendara dengan mobil pastinya harus memperhatikan juga beberapa faktor penting, salah satunya adalah memperhatikan komponen yang ada di dalam mobil. Kopling menjadi salah satu yang perlu sekali untuk diperhatikan. Hal ini sangat penting sekali untuk mobil yang memiliki mesin manual. Jika kopling bermasalah pastinya akan membuat berkendara jadi tidak nyaman. Untuk Anda yang belum paham dengan permasalahan yang ada di kopling memang seharusnya memperhatikan apa saja cara merawat kopling pada mobil.
 
Ada beberapa ciri-ciri pastinya yang akan menandakan bahwa kopling mobil kita sedang bermasalah. Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri tersebut antara lain:
 
  1. Pedal kopling terasa lebih tinggi atau terasa lebih berat, jika Anda merasa kopling sulit untuk diangkat maka ini merupakan salah satu ciri bahwa kopling kita sudah mulai habis dan cukup bermasalah.
  2. Terdapat bau terbakar, jika Anda sering menggunakan kopling dengan tidak bertanggung jawab dan muncul bau hangus maka bisa dicurigai bahwa kopling ini sudah mulai rusak dan juga tidak akan nyaman untuk digunakan. Hal ini juga menjadi salah satu ciri yang paling mudah untuk dirasakan.
  3. Sulit pada saat oper gigi, jika merasa kesulitan dalam pindah gigi maka hal ini perlu sekali untuk diperhatikan. Jangan dipaksakan terus menerus untuk menggunakan mobil pada saat keadaan kopling sudah tidak baik.
  4. Adanya selip kopling, hal ini sering kali terjadi karena isi dalam kopling sudah tidak ada sehingga membuat penginjakan kopling juga terasa berat.
 
Beberapa pertanda bahwa kopling sudah tidak baik memang perlu untuk kita pelajari, hal ini akan membuat kita yang membawa mobil akan lebih aman dan juga tidak perlu takut dalam berkendara. Jika Anda merasakan sejumlah pertanda diatas maka harus segera memperbaiki kopling mobil. Tentu saja ada beberapa alasan harus memperbaiki kopling ini, salah satunya karena kopling yang bermasalah bisa membahayakan mobil dan penumpangnya.
 
Untuk memperbaiki kopling ini, biasanya bengkel akan menyediakan beberapa pilihan dan biasanya pengisian kopling yang baru merupakan pilihan yang baik. Jika Anda sering menggunakan mobil maka tidak heran jika kopling ini mudah habis. Tidak hanya itu, pada saat berkendara sebaiknya memang kita berkendara dengan baik jangan sampai terlalu kasar karena bisa saja merusak bagian mobil yang lainnya.
 
Kesalahan fatal yang bisa disebabkan akibat kopling yang rusak adalah bisa menyebabkan bagian mobil yang lain ikut bermasalah. Maka dari itu penting sekali untuk segera memperbaiki kopling yang habis. Biaya untuk memperbaiki kopling yang bermasalah juga tidak terlalu tinggi sehingga kita tidak perlu khawatir dan ragu. Perawatan kopling ini bisa dilakukan 3-6 bulan sekali untuk hasil yang maksimal.
Reply


Messages In This Thread
Ketahui Ciri-ciri Kopling Mobil yang Bermasalah Berikut Ini! - by soleh - 15 January 2018, 12:52 PM



Users browsing this thread: 1 Guest(s)

About Ziuma

ziuma - forum diskusi dan komunitas online. disini kamu bisa berdiskusi, berbagi informasi dan membentuk komunitas secara online. Bisa juga berdiskusi dengan sesama webmaster/blogger. forum ini berbasis mybb

              Quick Links

              User Links

             powered by