Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Thread Modes
Kematian Jonghyun dan Tren Bunuh Diri Pakai Batu Bara [Tragis]
#1
[Image: 5a38d65d02f99-1513674333-68a924bc8b749cf...09e917.jpg]
Ilustrasi batu bara / Ilustrasi: Kriminologi.id

Kim Jonghyun, salah satu personel SHINee, tewas setelah bunuh diri di kamar apartemennya di Cheongdam-dong, Distrik Gangnam, Seoul bagian selatan, Senin, 18 Desember 2017. Hasil penyelidikan polisi, Jonghyun tewas akibat menghirup racun dari batu bara yang dibakar.
Peristiwa itu berawal saat saudara perempuan Jonghyun melaporkan kondisi Jonghyun yang tak sadarkan diri sekitar pukul 16.42 waktu setempat kepada petugas darurat melalui nomor 119. Ia melaporkan bahwa Jonghyun berusaha melakukan bunuh diri di kamar apartemennya.
Seperti dilaporkan kantor berita Korea Selatan Yonhap, Jonghyun kemudian dievakuasi ke rumah sakit terdekat, namun nyawa Jonghyun tidak tertolong. 

Baca: Suami Gantung Diri, Istri Sempat Terima Tamu Pria di Rumah

Pihak kepolisian yang menangani kasus itu menyatakan, Jonghyun dilaporkan tiba di rumah sakit karena serangan jantung dan menerima penanganan darurat. Pihak dokter akhirnya tidak berhasil memulihkan kesadarannya. Jonghyun dinyatakan tewas pada pukul 18.00 waktu setempat.
Dari penyelidikan pihak kepolisian, penyidik mengatakan bahwa mereka menemukan briket batu bara yang dibakar di atas penggorengan saat tiba di apartemen itu. Polisi juga menemukan Jonghyun dalam kondisi tidak sadar. 
Menurut polisi, briket batu bara dapat mengeluarkan karbon monoksida yang dapat menimbulkan kematian saat dihirup dalam jangka panjang. Diperkirakan briket ini yang menjadi pemicu kematian Jonghyun.
Sementara itu kakak perempuan Jonghyun yang melaporkan persitiwa itu mengaku menerima pesan teks dari Jonghyun yang mencurigakan. Menurutnya, pesan tersebut menunjukkan bahwa Jonghyun akan mengakhiri hidupnya.
"Tolong biarkan saya pergi. Katakan bahwa saya baik-baik saja.” 

Baca: Tiga Bulan Tak Bisa Bekerja, Pemuda Ini Pilih Gantung Diri

Usai Jonghyun dinyatakan tewas, para penggemar berkumpul di depan Konkuk University Medical Center di Seoul Senin, 18 Desember 2017. 
Menurut pihak kepolisian, sebelum meninggal Jonghyun diketahui meminta nasihat kepada kakak perempuannya itu pada Sabtu, 16 Desember 2017. Dalam pengakuannya itu Jonghyun mengaku bahwa dirinya tertekan dan mengalami masa sulit. 
Jhongyun memulai karirnya pada Mei 2008 sebagai penyanyi SHINee di bawah S.M. Entertainment, label musik terbesar Korea Selatan.
Berita tentang kematian Jonghyun mengejutkan para penggemar, karena ia menjadi sorotan publik baru-baru ini dalam penampilan solonya di Soul pada 9-10 Desember 2017. 

Baca: Pria Pengidap HIV Bunuh Diri di Sungai Cisadane

Tren bunuh diri di Korea Selatan menggunakan briket batu bara yang dibakar menurut penelitian meningkat tajam. Seperti dilansir dari ncbi.nlm.nih.go, kasus bunuh diri menggunakan pembakaran arang atau briket batu bara di antara semua kasus bunuh diri yang dilaporkan adalah 0,7 persen atau 84 kasus pada tahun 2007.
Sementara sejak tahun 2008 kasus bunuh diri menggunakan medium tersebut meningkat tajam menjadi 7,9 persen atau 1.251 kasus di tahun 2011.
Kuat dugaan, tingginya faktor bunuh diri menggunakan medium tersebut dipicu karena faktor pemberitan media yang melaporkan secara masif peristiwa bunuh diri Ahn Jae-hwan, seorang aktor Korea berusia 36 tahun. Ia dilaporkan bunuh diri menggunakan briket batu bara pada 8 September 2008.

Baca: Pria Coba Bunuh Diri, Getok Kepala Pakai Martil

Bunuh diri menggunakan pembakaran arang dinilai lebih efektif dari pada menggunakan tali dalam artian gantung diri. Di Hong Kong bahkan pemerintah setempat mengeluarkan kebijakan untuk membatasi penjualan arang batu bara. Pihak supermarket juga dilarang memajang arang batu bara di atas rak.


Reply
#2
ngeri yah artis korea meninggalnya lebih banyak ke bunuh diri

Reply




Users browsing this thread: 1 Guest(s)

About Ziuma

ziuma - forum diskusi dan komunitas online. disini kamu bisa berdiskusi, berbagi informasi dan membentuk komunitas secara online. Bisa juga berdiskusi dengan sesama webmaster/blogger. forum ini berbasis mybb

             Quick Links

             User Links

             Advertise