Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Thread Modes
Kapan Waktu Berjemur di Bawah Sinar Matahari yang Tepat?
#1
Jika Anda mengamati berita belakangan ini, banyak masyarakat yang berbondong-bondong menjemur tubuh di bawah sinar matahari. Namun, masih banyak orang yang belum mengetahui waktu yang tepat untuk berjemur di bawah sinar matahari.
[/url]
[url=https://www.sehatq.com/artikel/ternyata-ini-waktu-berjemur-yang-baik-di-bawah-sinar-matahari]Waktu berjemur
di bawah sinar matahari yang tepat
Beberapa ahli meyakini bahwa waktu yang tepat untuk berjemur di bawah matahari adalah ketika siang hari. Walaupun begitu, tidak sedikit perbedaan pendapat mengenai waktu berjemur yang tepat berkisar pada pukul berapa.

Ketika akan memutuskan untuk berjemur di bawah sinar matahari, Anda perlu mengetahui indeks ultraviolet (UV). World Health Organization (WHO) membagi indeks UV menjadi 1-10, yang mana nilai 1 menunjukkan kadar UV paling rendah (sekitar pukul 09.00-10.00 pagi) dan nilai 10 untuk kadar UV paling tinggi (di atas jam 10.00 pagi).

Penting untuk diingat, bahwa ketika indeks UV rendah, maka kadar UV juga rendah, sehingga tubuh akan membutuhkan waktu lebih lama untuk memproduksi vitamin D secara optimal. Jika Anda berencana untuk berjemur dalam waktu yang lebih lama, maka lakukan aktivitas berjemur pada pukul 09.00-10.00 pagi. Pada waktu tersebut, risiko atau bahaya yang dibawa oleh paparan sinar UV tergolong rendah. Anda dapat berjemur atau melakukan olahraga ringan selama 15 menit.

Sementara itu, Anda juga diperkenankan untuk berjemur di atas jam 10.00 pagi, karena tubuh tetap akan mendapatkan manfaat dari berjemur. Namun, Anda perlu mewaspadai risiko dari paparan sinar UV yang tergolong besar pada waktu-waktu tersebut. Anda hanya membutuhkan waktu sekitar 5 menit saja untuk berjemur.

Secara garis besar, jika Anda menginginkan manfaat yang maksimal dari berjemur di bawah sinar matahari, maka waktu yang tepat untuk berjemur dapat dilakukan pada pukul 09.00-10.00 pagi.

Tips aman berjemur di bawah sinar matahari
Pukul 09.00-10.00 pagi menjadi waktu yang tepat untuk berjemur. Walaupun begitu, Anda tetap membutuhkan tips-tips agar dapat menikmati aktivitas berjemur di bawah sinar matahari dengan aman dan nyaman. Berikut tipsnya:
● Oleskan losion kulit pelindung dari sinar matahari dengan kandungan minimal SPF 30 atau lebih pada permukaan wajah dan seluruh tubuh.
● Oleskan losion SPF tersebut sekitar 15 menit sebelum berjemur agar losion dapat diserap dengan baik dan bekerja secara efektif untuk melindungi kulit dari bahaya paparan sinar UV.
● Upayakan untuk terkena matahari secara langsung.
● Kenakan pakaian lengan panjang dan berwarna terang agar sinar matahari dapat mengenai tubuh dengan maksimal. Anda juga dapat memakai kacamata hitam dan topik.
● Berjemur dengan melakukan kegiatan lain, seperti membaca buku atau olahraga ringan, menyiram bunga atau mencuci kendaraan.
● Siapkan air mineral jika Anda berencana untuk berjemur dalam waktu yang lama agar terhindar dari dehidrasi.
● Beristirahat atau sudahi kegiatan berjemur ketika kulit mulai terasa panas.

Reply




Users browsing this thread: 1 Guest(s)

About Ziuma

ziuma - forum diskusi dan komunitas online. disini kamu bisa berdiskusi, berbagi informasi dan membentuk komunitas secara online. Bisa juga berdiskusi dengan sesama webmaster/blogger. forum ini berbasis mybb

             Quick Links

             User Links

             Support by

  • Ngalih.id