Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Jenis Vitamin untuk Kulit Kering, Apa Saja?
#1
[Image: vitamin-untuk-kulit.jpg]

Memiliki jenis kulit kering memang tidak nyaman karena kerap kali menjadi gatal, bersisik, hingga pecah-pecah sehingga sangat mengganggu. Selain mencukupi kebutuhan cairan tubuh, Anda juga bisa konsumsi vitamin untuk kulit kering. Apa saja jenis vitaminnya?
Jenis Vitamin untuk Kulit Kering
Kulit kering biasanya disebabkan oleh beberapa faktor, seperti dehidrasi, adanya perubahan musim, penuaan, alergi, hingga kurangnya vitamin. Nah, untuk faktor terakhir, bisa diatasi dengan mengonsumsi vitamin untuk kulit kering yang disarankan.
Ada beberapa jenis vitamin untuk kulit kering yang dapat menjaga kelembapan kulit dan mengatasi berbagai masalah pada kulit kering.Berikut vitamin-vitamin yang sebaiknya dikonsumsi untuk pemilik kulit kering.
1.     Vitamin A
Konsumsi vitamin A dapat mencegah kulit kering, keriput, serta keruskaan kulit secara menyeluruh. Vitamin A juga dpaat menjaga agar kulit tetap elastis dan kencang serta mencegah terjadinya penuaan dini. Vitamin A bisa didapat dari sayuran hijau, wortel, telur, jeruk, hingga blewah.
2.     Vitamin B Kompleks
Vitamin B kompleks juga baik untuk kulit kering. Vitamin yang dimaksud salah satunya adalah biotin atau B7 yang bermanfaat menjaga pertumbuhan sel rambut, kuku, dan kulit. Agar kebutuhan vitamin B kompleks ini terpenuhi, Anda bisa mengonsumsi telur, pisang, oatmeal, ikan, daging, hingga nasi.
3.     Vitamin C
Vitamin C ini sangat penting dalam memproduksi kolagen untuk menjaga kesehatan kulit. Selain itu, vitamin C juga dapat menghidrais kulit sehingga menjaga kulit agar tidak kering.
Vitamin C yang dikombinasikan dengan nutrisi lain bahkan dapat meningkatkan kelembapan kulit secara signifikan.
4.     Vitamin D
Selain bermanfaat untuk tulang, vitamin D juga bermanfaat baik bagi kulit. Gunanya adalah untuk melindungi kulit, menjaga sistem kekebalan kulit, serta mendorong pertumbuhan sel kulit.
Vitamin D juga terbukti memperbaiki gejala adanya gangguan kulit yang menjadi penyebab kulit gatal dan kering. Bahkan vitamin D, menurut penelitian yang sudah dilakukan, dapat meningkatkan hidrasi kulit.
Untuk mendapatkan manfaat vitamin D ini, bisa dengan mengonsumsi salmon, susu, sereal, jamur kancing, dan sebagainya.
5.     Vitamin E
Vitamin E yang dikonsumsi dapat melindungi kulit dari kerusakan. Selain itu, vitamin E ini juga dapat mmenenangkan kulit kering, merah, dan juga gatal karena terdapat kandungan anti peradangan.
Sedangkan ketika krim wajah yang digunakan mengandung vitamin E, maka dapat membantu melembapkan kulit dan menjaganya tetap terhidrasi.
6.     Kolagen
Selain itu, Anda juga disarankan untuk mengonsumsi suplemen yang mengandung kolagen. Sebab, kolagen memiliki berbagai manfaat untuk kulit, seperti menghidrasi kulit dan mengurangi kerutan.
7.     Lutein dan Zeaxanthin
Luten dan zeaxanthin merupakan antioksidan kuat yang tidak diproduksi di dalam tubuh. Sehingga untuk mencukupi kebutuhan ini bisa didapat melalui asupan makanan. Kedua karotenoid ini dapat meningkatkan kelembapan kulit dan membuatnya tidak kering. Untuk mencukupinya, Anda bisa mengonsumsi sayuran yang berdaun hijau seperti bayam dan juga kangkung.
Namun, jika Anda memilih untuk mengonsumsi vitamin-vitamin tersebut dari suplemen, perhatikan juga berbagai efek samping yang akan terjadi pada tubuh. Seperti konusmsi vitamin C berlebihan, misalnya, bisa membuat seseorang mengalami diare, mual, atau maslah-masalah lain.
Oleh karena itu, sebaiknya konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu sebelum Anda mengonsumsi vitamin untuk kulit kering ini. Patuhi rekomendasi dari dokter terkait dosis dan aturan minum vitamin tersebut. Bila salah konsumsi, alih-alih menyehatkan, justru memberikan dampak buruk bagi kesehatan kulit dan tubuh.


Attached Files Thumbnail(s)
   
Reply




Users browsing this thread: 2 Guest(s)

About Ziuma

ziuma - forum diskusi dan komunitas online. disini kamu bisa berdiskusi, berbagi informasi dan membentuk komunitas secara online. Bisa juga berdiskusi dengan sesama webmaster/blogger. forum ini berbasis mybb

              Quick Links

              User Links

             powered by