Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Jangan Sepelekan, Cedara Kepala Ringan Bisa Sebabkan Gegar Otak
#1
[Image: cedera-kepala.jpg]

Kamu pernah mengalami cedera kepala? Hal ini tentunya jangan kamu anggap remeh. Benturan yang keras dan membuat cedera kepala bisa sebabkan gegar otak. Gegar otak termasuk kedalam cedera otak ringan dibandingkan dengan cedera yang lainnya. Namun, jangan meremehkan kondisi ini karena gegar otak menyebabkan perubahan kimiawi di dalam otak.

Pada beberapa masalah ini bisa merusak sel-sel jaringan otak. Mengerikan, bukan? Nah, gegar otak terdiri dari beberapa jenis, baik yang ringan, sedang, sampai berat. Penyebabnya pun juga bermacam-macam, mulai dari benturan keras di bagian kepala, terjatuh, aktivitas olahraga, ataupun kecelakaan saat berkendara. Apakah kamu pernah berfikir, apakah efek samping dari gegar otak ringan pada seseorang yang mengalaminya?

Apa itu cedera kepala ringan?
Cedera kepala ringan atau trauma kepala ringan adalah kondisi dimana cedera kepala terjadi akibat terbentur, kecelakaan, atau dipukul dengan benda yang keras. Cedera kepala jenis ini bisa sebabkan trauma kepala dan kehilangan kesadaran selama kurang dari 30 menit. Dalam hal ini, otak dilindungi oleh tengkorak, sehingga dampak yang muncul karena tabrakan tidak berlangsung lama. Diperkirakan 75-80% kasus cedera kepala tergolong dengan kategori cedera ringan.

Cedera kepala ringan berpotensi menyebabkan gangguan fungsi sel otak untuk sementara waktu. Kondisi bisa menyebabkan pengidapnya kehilangan kesadaran untuk sementara waktu. Namun, jika ditangani hal ini pasti akan timbul komplikasi, yakni adanya kerusakan, robed, atau memoir pada jaringan sel otak.

Gangguan keseimbangan sampai gangguan tidur
Umumnya, gegar otak dapat menyebabkan permasalahan pada memori, konsentrasi, keseimbangan, koordinasi. Saat itu, tubuh kamu bisa menimbulkan reaksi seperti lupa ingatan, demam. Aktivitas otak juga menurun, sampai mual dan muntah.
Lalu, apa dampaknya dari gegar otak ringan?

1. Kehilangan keseimbangan
Salah satu dampak dari gegar otak ringan, kehilangan keseimbangan. Hal ini akan mengakibatkan salah satu bagian otak yang mengalami cedera kepala ringan.

2. Sakit kepala
Dampak gegar otak ini bisa sebabkan kepala terasa sakit, seperti migrain yang terus berulang. Kondisi ini bisa diatasi dengan mengkonsumsi obat untuk menghilangkan rasa nyeri tersebut tak mendapatkan pengobatan, rasa sakit kepala tersebut akan lebih sering terjadi.

3. Pendarahan pada otak
Dalam beberapa kasus, efek gegar otak akibat cedera kepala dalam jangka panjang bisa memicu terjadinya pendarahan otak. Awas, pendarahan pada otak sangat berbahaya karena bisa membuat pengidapnya alami stroke.
Masih banyak dampaknya gegar otak ringan lainnya. Berikut ini penjelasan lebih lengkap seperti dalam Nasional Institutes of Health (NIH)-MedlinePlus, yakni:
  • Membuat pengidapnya terasa bingung, tidak berkonsentrasi, atau tak bisa berpikiran jernih.
  • Membuat ngantuk atau sulit bangun
  • Bisa sebabkan hilangnya kesadaran untuk periode waktu yang cukup singkat
  • Dapat kehilangan ingatan (amnesia) dari peristiwa sebelum cedera atau setelahnya
  • Mual dan muntah
  • Membuat pengidapnya seperti merasa “kehilangan waktu”
  • Adanya kelainan atau gangguan tidur

Cedera kepala yang menyebabkan gegar otak, sering menimbulkan cedera pada leher dan tulang belakang. Untuk itu, harus hati-hati ketika memindahkan saat seseorang alami kecelakaan.

Bagaimana cara pertolongan pertama untuk cedera kepala?
Pertolongan pertama kepada seseorang yang telah alami cedera kepala, yaitu:
  • Periksa jalan napas (airway), pernafasan, sirkulasi jantung pada korban. Bila diwajibkan melakukan CPR.
  • Jika orang tersebut selalu bernafas dan detak jantungnya masih normal, tetapi tidak sadar, menstabilkan posisi kepala dan leher dengan tangan (collar neck). Pastikan kepala dan leher tetap benar dan hindari menggerakkan kepala dan leher
  • Jika terjadi pendarahan, tekanan luka dengan kuat menggunakan kain bersih
  • Bila diduga adanya patah tulang tengkorak, jangan tekan luka dan jangan bersihkan luka. Tutup lukanya menggunakan pembantu luka steril
  • Bila korban mengalami muntah, miringkan posisi tubuhnya agar tak tersedak muntah
  • Hubungi petugas keamanan

Nah, setelah kamu membaca ulasan yang sudah dijelaskan diatas, bila kamu mengalami cedera ringan sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter secepatnya. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat.
Reply




Users browsing this thread: 3 Guest(s)

About Ziuma

ziuma - forum diskusi dan komunitas online. disini kamu bisa berdiskusi, berbagi informasi dan membentuk komunitas secara online. Bisa juga berdiskusi dengan sesama webmaster/blogger. forum ini berbasis mybb

              Quick Links

              User Links

             powered by