Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Jangan Remehkan, Ini Tanda-tanda Rosacea
#1

[Image: Adobe-Stock-244076895-popup.jpg]

Masalah kulit ada banyak rupanya. Rosacea adalah salah satu masalah kulit yang paling umum.
Rosacea sendiri merupakan kondisi ketika kulit menjadi kemerahan dan pembuluh darah menjadi terlihat. Sayangnya, kebanyakan orang yang mengalami rosacea mengetahui penyakit kulitnya ketika sudah tergolong parah. 

Pasalnya, gejala rosacea pada awalnya sulit disadari. Kebanyakan orang memandang rosacea hanya seperti jerawat atau kemerahan alami akibat iritasi. Tanpa disadari, kondisi masalah kulit ini tidak kunjung hilang selama berminggu-minggu, bahkan berbulan-bulan. 
Karena itu, menjadi penting untuk menangani rosacea sedari awal. Mewaspadai dan mengenali gejalanya adalah kunci untuk mengontrol masalah kulit ini agar tidak sampai menimbulkan ketidaknyamanan yang parah bagi Anda yang menderitanya. 

1. Rasa Terbakar
Warna kemerahan pada kulit penderita rosacea tidak muncul begitu saja. Pada awalnya, penderita penyakit kulit ini bahkan hanya akan merasakan adanya sengatan pada kulit seperti terbakar matahari. Namun lama-kelamaan, rasa menyengat tersebut berbuah pada mulai kemerahannya kulit, yang biasa diawali di bagian tengah wajah. 


2. Jerawat Merah 
Pada tahap awal, kemerahan rosacea memang hanya terlihat seperti jerawat. Namun, perbedaan antara jerawat biasa dengan jerawat yang mengarah pada rosacea terlihat pada warna daerah di sekitar jerawat. Jerawat biasa tidak memengaruhi warna di sekitar timbulnya benjolan jerawat. Kalaupun ada, umumnya warnanya akan menghitam. Namun pada kasus rosacea, area sekitar jerawat akan sangat merah. 


3. Pori-pori Besar 
Jenis kulit tiap orang memang berbeda, termasuk pori-pori di kulit itu sendiri. Ada orang yang memiliki pori-pori cukup besar sehingga rentan mengalami komedo. Ada juga kulit seseorang yang terlihat sangat mulut karena pori-pori yang dimiliki kecil. Namun, berhati-hatilah apabila pori-pori kulit Anda mendadak membesar. Bisa jadi itu merupakan tanda awal dari rosacea. 


4. Pembuluh Darah Terlihat 
Pembuluh darah yang terlihat merupakan gejala rosacea yang paling khas. Penampakan pembuluh darah akan semakin parah jika kondisi rosacea ini dibiarkan. Bahkan, tidak jarang pembuluh darah akan rusak. Namun untuk tahap awal, penampakan pembuluh darah akibat rosacea hanya terlihat tipis. 


5. Penebalan Kulit 
Gejala lain dari rosacea yang perlu diwaspadai adalah penebalan kulit. Biasanya, penebalan kulit terjadi di bagian wajah, khususnya di bagian dagu, dahi, dan telinga. Tanda dari kulit yang menebal adalah ada tekstur bergelombang ketika Anda merabanya. 


6. Berminyak dan Bersisik
Kulit bersisik umumnya terjadi karena kondisi kulit yang begitu kering sehingga menimbulkan peradangan parah. Namun uniknya, kulit bersisik yang menjadi gejala rosacea kerap muncul berbarengan dengan kondisi minyak pada kulit yang berlebihan. 


7. Iritasi Mata 
Penderita rosacea kerap mengalami iritasi mata. Gejala ini mesti diwaspadai karena jika dibiarkan, akan berujung pada rusaknya pembuluh di kelopak mata. Pada tahap awal, gejala rosacea di mata lebih mengarah ke kondisi mata merah dan berair. Anda juga mungkin akan merasa ada pasir di dalam mata sehingga kemampuan penglihatan menjadi berkurang. 

*** 

Jika menemukan gejala rosacea pada diri Anda, cobalah mengkonsultasikan ke dokter untuk mengontrol kondisi penyakit kulit yang satu ini. Komplikasi parah memang jarang terjadi. Namun, berdasarkan survei, rosacea rentan membuat penderitanya mengalami penurunan kualitas hidup karena masalah kecemasan dan frustasi.
Reply


Messages In This Thread
Jangan Remehkan, Ini Tanda-tanda Rosacea - by info.sehat - 6 April 2021, 04:07 PM



Users browsing this thread: 1 Guest(s)

About Ziuma

ziuma - forum diskusi dan komunitas online. disini kamu bisa berdiskusi, berbagi informasi dan membentuk komunitas secara online. Bisa juga berdiskusi dengan sesama webmaster/blogger. forum ini berbasis mybb

              Quick Links

              User Links

             powered by