Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Thread Modes
Jangan Panik, Begini Cara Mengobati Tipes pada Anak
#1
[Image: g8be0nxru6br33nf2uqm.jpg]

Anda mungkin sudah tahu apa itu penyakit tipes lantaran begitu banyaknya kasus terjadi di Indonesia. Ya, betul, tipes adalah sebuah penyakit yang membuat penderitanya kehilangan kekuatan sehingga terlihat seperti tak berdaya. Penyakit yang terjadi lantaran infeksi bakteri
Salmonellia typhi ini membuat penderita merasakan demam bersuhu tinggi, sakit kepala, sakit perut, mual, konstipasi, maupun diare. Tipes bisa dialami siapa saja, termasuk anak-anak. Oleh karenanya, mengetahui cara mengobati tipes menjadi penting untuk menghindarkan anak dari kemungkinan terburuk.
Bakteri penyebab tipes masuk menginfeksi seseorang melalui makanan, air, atau kotoran. Anak-anak adalah kelompok paling rentan, sebabnya mereka belum memiliki pengertian yang cukup terhadap kebersihan. Anak cenderung cuek dengan kebersihan makanan atau minuman yang dikonsumsinya, sementara si bakteri dapat masuk ke dalam tubuh dan menginfeksi dengan sangat cepat.
Jika anak Anda sudah mengalami beberapa tanda atau gejala, segeralah periksakan ke dokter. Penegakkan diagnosa oleh dokter terhadap penyakit ini dilakukan melalui tes darah, feses atau urine. Jika ditemukan bakteri Salmonella typhi pada aliran darah, artinya dia positif terserang penyakit tipes.
Adapun tindakan selanjutnya ditentukan tergantung kondisi si anak. Jika sudah terlampau parah, besar kemungkinan dokter akan mendapatkan perawatan intensif di rumah sakit. Namun, jika belum terlalu mengkhawatirkan, Anda dapat merawat dan menjalankan cara mengobati tipes di rumah. Akan tetapi, opsi kedua tersebut tetap harus mengikuti prosedur medis yang dokter sarankan untuk proses penyembuhan, seperti:

1. Beri Antibiotik
Dokter akan meresepkan antibiotik yang wajib dihabiskan selama 7-14 hari. Antibiotik ini bertujuan untuk membunuh bakteri Salmonella typhi hingga tuntas.

2. Kompres untuk Turunkan Demamnya
Untuk meredakan demamnya, kompres kepala si anak dengan handuk hangat. Jangan asal memberikan obat penurun demam tanpa anjuran dokter. Jadikan obat luar sebagai alternatif terakhir, maksimalkan dulu istirahatnya.

3. Terus Jaga Asupan Cairannya
Gejala tipes biasanya disertai dengan diare dan penurunan nafsu makan. Kondisi ini membuat anak-anak amat rawan mengalami dehidrasi. Pastikan asupan airnya tercukupi, sesekali berikan air putih hangat untuk menenangkan lambungnya.

4. Pasok Vitamin ke dalam Tubuhnya Melalui Sari Buah
Agar keseimbangan ion tubuh tetap terjaga, berikan air kelapa sedikit demi sedikit. Boleh ditambah jus buah seperti jambu untuk menambah asupan vitamin. Pasokan vitamin ke dalam tubuh ini efektif sebagai cara mengobati tipes pada anak.

5. Jangan Beri Makanan Tinggi Serat Terlebih Dahulu
Saat terkena gejala tipes, sistem pencernaan menjadi lemah dan kurang stabil. Hindari memberinya makanan tinggi serat yang akan membuat pencernaan bekerja lebih keras. Berikan makanan mudah cerna seperti bubur, roti, dan/atau pisang. Hindari dulu sayuran hijau, susu dan buah kaya serat.

6. Beri Waktu Istirahat yang Cukup
Istirahat yang cukup membuat proses pemulihan tipes pada anak jauh lebih cepat. Pasalnya, istiraha yang cukup ampuh untuk mengembalikan kondisinya. Kondisi yang baik membuat tubuh si anak memiliki cukup energi untuk melawan bakteri.

7. Cobalah Lirik Madu
Jika anak Anda benar-benar susah makan, berikan satu sendok madu setiap beberapa jam sekali. Atau campurkan madu ke dalam teh hangat untuk menjaga asupan energinya. Madu murni mempunyai kandungan gula baik untuk memenuhi kebutuhan kalori Si Kecil selama nafsu makannya belum membaik.
Kata orang bijak, lebih baik mencegah daripada harus mengobati. Berangkat dari situ, selain mengetahui cara mengobati tipes, memiliki informasi terkait pencegahan penyakit ini juga tak kalah pentingnya. Lantaran bakteri penyebab tipes tumbuh dan berkembang di lingkungan yang tak sehat, maka cara pencegahan yang efektif adalah memastikan kondisi tempat tinggal Anda tetap terjaga kebersihannya. Menjaga makanan dan minuman juga ampuh untuk mencegah anak terserang tipes.

Reply




Users browsing this thread: 1 Guest(s)

About Ziuma

ziuma - forum diskusi dan komunitas online. disini kamu bisa berdiskusi, berbagi informasi dan membentuk komunitas secara online. Bisa juga berdiskusi dengan sesama webmaster/blogger. forum ini berbasis mybb

             Quick Links

             User Links

             Support by

  • Ngalih.id