Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Inilah Tingkat Harapan Hidup Penderita Kanker Payudara Stadium Awal
#1
Tingkat harapan hidup merupakan perbandingan antara angka hidup seseorang yang menderita penyakit tertentu dengan orang sehat dalam suatu rentang waktu, dalam hal ini penderita kanker payudara. Pada akhirnya tingkat harapan hidup akan menunjukkan risiko suatu penyakit dalam memperpendek umur seseorang. Tentunya, tingkat harapan hidup kanker payudara stadium awal lebih tinggi dibandingkan dengan kanker payudara stadium lanjut.
 
Tingkat harapan hidup 5 tahun

Kanker payudara stadium awal terdiri dari stadium 0, stadium I, stadium II, dan stadium IIIA menurut National Cancer Institute. Tingkat harapan hidup biasanya diukur dalam 5 tahun.

Kanker payudara stadium 0 atau pra-kanker merupakan kondisi dimana sel kanker belum menyebar ke jaringan sekitarnya atau organ lain. Akan tetapi, kondisi ini tetap memerlukan pemantauan agar sel kanker tidak tumbuh dan berkembang menjadi invasif. Berdasarkan American Cancer Society, penderita kanker dengan kondisi sel kanker belum menyebar di luar jaringan payudara memiliki tingkat harapan hidup 99%.
Kanker payudara invasif dimulai dari stadium 1. Penderita tergolong masih memiliki tingkat harapan hidup yang sangat baik. Risiko pasien meninggal karena penyakit ini yaitu sebesar 1-5% dalam rentang waktu 5 tahun setelah dilakukan diagnosis. Dengan catatan, pasien menjalani perawatan dan pengobatan sesuai dengan rekomendasi dokter.
Kanker payudara stadium II mempunyai tingkat harapan hidup lebih rendah dibandingakan stadium I. Secara umum, kemungkinan pasein meninggal pada stadium ini yaitu sekitar 15%. Sedangkan kanker payudara stadium III memiliki kemungkinan pasien meningal sekitar 28% atau tingkat harapan hidup sebesar 72%.
Pada stadium lebih tinggi, tingkat harapan hidup akan semakin kecil. Terlebih ketika sel kanker telah menyebar ke organ-organ vital.
Tingkat harapan hidup dalam 10 tahun
Sebuah studi menunjukkan bahwa sebanyak 4200 wanita muda yang didiagnosis menderita kanker payudara selama 10 tahun memiliki tingkat harapan hidup sebesar 89%. Kondisi tumor yang berkembang yakni berukuran kurang dari 2 cm. Kanker payudara stadium 0 dan I memiliki ukuran kurang dari 2 cm. Penderita dengan tumor berukuran 2 cm memilki tingkat harapan hidup sebesar 86%.
Hal lain yang perlu diperhatikan
Para ahli sepakat bahwa pasien kanker payudara stadium I memiliki tingkat harapan hidup lebih tinggi dibandingkan pasien kanker payudara stadium II, III, atau IV. Meskipun tingkat harapan hidup juga bergantung dengan perawatan dan pengobatan, seperti operasi pengangkatan tumor, terapi radiasi, kemoterapi, atau bahkan kombinasi dari seluruhnya.
Pada dasarnya, faktor terpenting yang memengaruhi tingkat harapan hidup pasien kanker payudara yaitu penyebaran sel kanker ke organ lain. Diagnosis kanker payudara stadium awal akan meningkatkan kesembuhan pasien sebab sel kanker belum berkembang.
Pasien kanker payudara dengan jenis Triple-Negative Breast Cancer (TNBC) juga memiliki tingkat harapan hidup lebih rendah. Jenis ini lebih cepat menyebar dan kambuh, terutama dalam 3-5 tahun pertama. Setelah melalui 5 tahun, risiko tersebut mungkin jauh lebih rendah dibandingkan jenis kanker payudara lainnya.
Dokter akan mendiagnosis kanker payudara melalui skrining dan serangkaian tes lainnya. Namun, Anda juga mampu memeriksa kemungkinan kanker payudara stadium awal secara mandiri, seperti mengindikasi adanya benjolan di payudara atau bawah ketiak, perubahan puting, keluarnya cairan dari puting (bukan ASI), pembengkakan di ketiak atau sekitar tulang selangka, dan sebagainya. Meskipun tidak semua penderita kanker payudara stadium awal merasakan tanda-tanda tersebut.
Reply




Users browsing this thread: 1 Guest(s)

About Ziuma

ziuma - forum diskusi dan komunitas online. disini kamu bisa berdiskusi, berbagi informasi dan membentuk komunitas secara online. Bisa juga berdiskusi dengan sesama webmaster/blogger. forum ini berbasis mybb

              Quick Links

              User Links

             powered by