Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Inilah Cara Mengolah dan Menyimpan Daun Sendok!
#1
[Image: daun-sendok.jpg]


 
Daun sendok adalah tanaman obat yang telah ada sejak zaman nenek moyang. Tanaman ini banyak tumbuh di berbagai daerah dan memiliki sebutan yang berbeda-beda pula. Masyarakat yang tinggal di daerah Sumatra menyebut daun sendok dengan istilah daun urat, daun urat-urat, ekor angin, dan kuping menjangan. Sementara itu, di Jawa tanaman obat ini dikenal dengan sebutan ki urat, ceuli uncal, meloh kiloh, otot-ototan, sangkubah, sembung otot, dan suri pandak. Lain lagi di daerah Minahasa yang menyebutnya dengan torongoat.
 
Manfaat daun sendok untuk tubuh.
Tanaman ini sering kali dimanfaatkan untuk mengatasi luka, bengkak, diabetes, batu ginjal, dan batu empedu. Selain itu, manfaat luar biasa dari daun sendok adalah sebagai anti kanker, karena memiliki senyawa flavonoid dan triterpenoid. Kedua senyawa tersebut dapat menghambat pertumbuhan sel-sel kanker di dalam tubuh. Manfaat lainnya yang dapat Anda peroleh adalah sebagai berikut.
·        Melindungi saluran pencernaan.
·        Mempercepat penyembuhan luka.
·        Menjaga kadar gula darah tetap normal.
·        Mencegah peradangan (efek antiinflamasi).
·        Memelihara sistem imunitas tubuh.
·        Menjaga kesehatan organ hati dan ginjal.
 
Cara mengolah daun sendok.
Berikut ini beberapa cara mengolah daun sendok menjadi obat herbal alami yang menyehatkan.
 
Salad sayur atau sayur bening.
Daun sendok dicuci terlebih dahulu, lalu ditiriskan. Anda bisa memotong kecil-kecil daunnya dan dimasukkan bersamaan dengan sayuran lain menjadi salad sayur. Selain itu, tanaman ini juga dapat diolah menjadi sayur bening dengan kacang lentil. Jangan lupa untuk menambahkan garam secukupnya. Biasanya, olahan sayur daun sendok dikonsumsi oleh orang-orang yang mengalami masalah pada pencernaannya.
 
Cairan yang diseduh.
Daun sendok sebanyak kurang lebih 100 gram dicuci bersih dengan air mengalir. Kemudian, rebus daun-daun tersebut dengan air mendidih selama 3-5 menit. Setelah itu, diamkan hingga dingin. Air rebusan daun sendok dapat ditambah dengan madu untuk memperkaya rasa dan manfaatnya. Tidak hanya itu, air rebusan ini juga bisa Anda gunakan sebagai obat kumur dan pembersih wajah.
 
Sari daun sendok.
Olahan ini mirip dengan cairan seduhan daun sendok. Hanya saja, untuk memperoleh sarinya, Anda perlu menghancurkannya terlebih dahulu dengan blender atau sejenisnya. Setelah dihancurkan, saring daun tersebut ke dalam gelas untuk memisahkan sari dengan ampasnya. Anda tidak perlu menambahkan air lagi ke gelas. Jika air sarinya masih kurang, blender daun sendok kembali hingga jumlah sari yang diperoleh sesuai dengan yang diinginkan. Beri madu sekitar satu sendok makan untuk menetralisir rasa pahit yang mungkin dirasakan.
 
Pasta
Daun sendok ditumbuh halus hingga membentuk pasta. Anda bisa menggunakan mortar atau blender untuk menghancurkannya. Orang menggunakan daun sendok dalam bentuk pasta untuk mengobati luka pada bagian tubuh yang meradang. Selain itu, bisa dicampurkan dengan jus buah untuk kesehatan organ hati.
 
Minuman sirup.
Daun sendok dicuci, lalu ditumbuk hingga cukup halus. Ambil kain kasa, lalu isi dengan daun sendok yang telah dihaluskan tersebut. Kemudian, peras kain hingga menghasilkan cairan bening dan sedikit kuning. Untuk mendapatkan konsistensi cairan seperti sirup, Anda bisa menambahkan dengan madu. Umumnya, orang mengonsumsi sirup daun sendok untuk mengobati batuk dan radang tenggorokan.  
 
Tips menyimpan daun sendok.
Cara menyimpan daun sendok agar awet tidaklah sulit. Petik daunnya, lalu pilih daun-daun yang masih segar dan pisahkan dari daun yang busuk. Setelah itu, Anda cuci dengan air mengalir hingga bersih, kemudian tiriskan hingga kering.
 
Setelah daun kering, Anda bisa langsung meletakkannya ke dalam wadah tertutup dan menyimpannya ke dalam lemari es. Jika tidak ada lemari pendingin, simpan di tempat yang teduh atau tidak terpapar oleh sinar matahari.
 
Catatan
Penggunaan jangka panjang daun sendok dapat menimbulkan efek samping pada tubuh. Oleh sebab itu, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter apakah Anda bisa mengonsumsi jenis tanaman obat ini atau tidak. Selain itu, mintalah saran dokter terkait takaran daun sendok yang aman untuk dikonsumsi, sehingga bisa diperoleh manfaatnya tanpa menimbulkan efek samping.


Attached Files Thumbnail(s)
   
Reply




Users browsing this thread: 1 Guest(s)

About Ziuma

ziuma - forum diskusi dan komunitas online. disini kamu bisa berdiskusi, berbagi informasi dan membentuk komunitas secara online. Bisa juga berdiskusi dengan sesama webmaster/blogger. forum ini berbasis mybb

              Quick Links

              User Links

             powered by