Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Thread Modes
Inilah 5 Manfaat Kecipir untuk Kesehatanmu
#1
[Image: manfaat-kecipir.jpg]

Kecipir adalah salah satu sayuran yang bisa dimasak sebagai sayur bening, tumis, hingga campuran gado-gado. Bahkan, terkadang kecipir juga bisa dimakan mentah sebagai lalapan. Bentuk kecipir ini panjang dengan warna yang hijau sehingga menjadi salah satu sayuran yang cukup digemari masyarakat di Indonesia. Jangan lupa juga, manfaat kecipir juga banyak lho.

Kecipir masuk dalam daftar teratas tanaman dengan nutrisi yang komplit, mulai dari bagian daun, bunga, batang dan buah bisa dikonsumsi setelah diolah dengan cara tertentu. Kandungan nutrisi paling utama yang membuat kecipir sayang dilewatkan untuk dikonsumsi adalah vitamin A yang baik untuk tubuh tentu jika diolah dengan baik dan benar.
Meski terdengar asing di telinga generasi millennials, kecipir ternyata memiliki kandungan zat-zat baik yang memiliki khasiat seperti berikut ini.
1. Memperkuat sistem imun tubuh dan anti kanker
Memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi, kecipir memiliki khasiat memperbaiki sistem imun yang cukup baik sehingga membuat tubuh tetap bugar. Tak hanya sebagai sistem imun, kecipir juga memiliki manfaat baik bagi tubuh dalam menangkal serangan kanker karena elastisitas tubuh menjadi lebih kuat.
2. Meningkatkan kekuatan tulang
Dikenal juga memiliki kandungan kalsium dan fosfor yang cukup tinggi, kecipir bisa membantu meningkatkan kekuatan tulang dan gigi. Bagi orang yang mudah merasa lelah, mengonsumsi kecipir secara teratur juga bisa membuat tubuh terasa lebih sehat dan kuat.
Energi dari kecipir yang dikonsumsi secara tepat membuat aktivitas harianmu menjadi lebih bersemangat dari sebelumnya.
3. Mencegah cacat bayi baru lahir
Bagi ibu muda yang sedang hamil, mengonsumsi kecipir bisa menjadi salah satu cara agar pertumbuhan bayi di dalam perut tetap sehat. Kandungan folat yang ada dalam kecipir merupakan nutrisi yang sangat baik bagi ibu hamil. Selain asupan makanan sehat yang lain, kecipir merupakan salah satu sayuran yang sangat baik bagi pertumbuhan bayi dalam perut.
4. Menjaga vitalitas dan kebugaran tubuh
Bagi kamu yang sering merasa cepat lelah dalam melakukan aktivitas sehari-hari, mengonsumsi kecipir merupakan salah satu cara agar tetap bugar. Karena mengandung zat besi, mangan, kalsium, fosfor, dan magnesium, kecipir dipercaya bisa membangkitkan kembali vitalitas yang menurun akibat terlalu lelah bekerja.
Tak hanya meningkatkan vitalitas, mengonsumsi kecipir juga bisa membuat mood-mu lebih baik dan suasana hati jadi semakin meningkat.
5. Menurunkan berat badan berlebih
Karena kecipir memiliki kandungan kalori yang rendah, maka kamu bisa mengonsumsinya untuk mengatasi masalah berat badanmu. Bagi yang sedang melakukan diet, tak ada salahnya menjadikan masakan kecipir dengan berbagai variannya sebagai menu harian di meja makan. Sudah rasanya gurih dan nikmat, berat badan kamu juga akan turun secara perlahan, siapa yang tidak ingin?
Meski memiliki banyak manfaat, namun kecipir juga memiliki kekurangan yakni memiliki bau yang langu. Nah, untuk menghilangkan bau ini, kamu cukup menambahkan garam saat merebusnya. Atau kecipir ditumis dengan memakai bumbu bawang putih, bawang merah dan cabai merah, dengan ini menikmati kecipir bisa memiliki rasa yang bervariasi. Tambahkan potongan sosis dan bakso daging untuk menambahkan rasa, atau juga bisa irisan tahu dan tempe ke dalam tumisan.
Demikianlah manfaat kecipir yang perlu kamu ketahui. Dengan mengetahuinya, kamu jadi tidak ragu untuk mengonsumsi kecipir sebagai pilihan sayur yang akan kamu makan nantinya. Semoga artikel ini dapat menambah wawasanmu.

Reply




Users browsing this thread: 1 Guest(s)

About Ziuma

ziuma - forum diskusi dan komunitas online. disini kamu bisa berdiskusi, berbagi informasi dan membentuk komunitas secara online. Bisa juga berdiskusi dengan sesama webmaster/blogger. forum ini berbasis mybb

             Quick Links

             User Links

             Support by

  • Ngalih.id