Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Thread Modes
Ini Suhu Kamar yang Ideal untuk Tidur
#1
[Image: suhu-kamar.jpg]

Tidur malam menjadi waktu yang tepat untuk mengistirahatkan tubuh setelah beraktivitas seharian. Terkadang, kamu perlu suasana tidur yang nyaman agar bisa nyenyak dan bangun pagi kembali segar. Salah satu faktor kenyamanan yang paling penting ialah suku kamar. Sebab, suhu kamar akan menentukan kamu akan selalu kebangun untuk buang air kecil karena kedinginan atau bangun karena kegerahan. Selama kamu tidur, suhu tubuh akan menurun dari normal karena hal itu dipengaruhi oleh kinerja otak. Penurunan suhu tubuh ini dapat membuatmu merasa ngantuk dan tetap tertidur. Maka dari itu, suhu kamar sangat membantumu untuk tidur lebih nyenyak.

Ralph Downey III, PhD, kepala divisi Pengobatan Masalah Tidur dari Loma Linda University menyatakan bahwa penurunan suhu tubuh akan lebih cepat terjadi di ruangan yang bersuhu lebih dingin. Akan tetapi, jika kamu berada di ruangan yang panas, kamu lebih berisiko terbangun tengah malam karena kepanasan atau merasa pengap saat tidur. Namun, H. Craig Heller, Ph.D, profesor biologi dari Stanford University menyatakan bahwa jika suhu kamar saat tidur terlalu panas atau terlalu dingin, maka tubuh akan berjuang keras untuk mencapai titik temu tersebut sehingga juga dapat mengganggu kenyamanan.
Suhu kamar juga memengaruhi kualitas tidur REM (fase tidur mimpi). Fase tidur ini biasanya terjadi 90 menit setelah kamu tertidur. Otak dan sistem tubuh lainnya tetap aktif bekerja selama fase tidur REM, sementara otot-otot menjadi lebih rileks. Kemampuan tubuh untuk mengatur suhunya juga terhambat ketika fase ini, sehingga suhu kamar yang terlalu panas atau dingin dapat mengganggu tidurmu. Oleh karena itu kamu memerlukan suhu kamar yang tepat agar kualitas dan kenyamanan saat tidur tetap terjaga.

Lalu, berapa suhu kamar yang ideal untuk tidur?
Dr. Rachel Salas, MD, seorang ahli saraf di Johns Hopkins University mengutip sebuah studi dari National Sleep Foundation yang menyatakan bahwa suhu kamar terbaik untuk tidur yakni berada di sekitar 18-22º Celcius. Downey dan Heller juga mengamini pernyataan tersebut dengan mengatakan bahwa rentang suhu 18-22ºC bisa menjadi acuan kamu saat mengatur suhu kamar yang pas sebelum tidur.

Mungkin sebagian dari kamu bertanya-tanya mengapa suhunya sampai serendah itu? Para ahli menyebutkan bahwa suhu inti tubuh secara alami akan menurun saat tidur nyenyak dan akan meningkat menjelang akhir siklus tidur kamu. Peningkatan suhu tubuh menjadi semacam sinyal pada tubuh untuk segera bangun.
Oleh karena itu penting untuk menjaga suhu ruangan tetap rendah agar tubuh melakukan tugasnya dengan baik saat tidur. Selain itu, suhu kamar yang terlalu dingin dan terlalu panas juga dapat mengganggu penyesuaian suhu alami tubuh dan membuat kamu gelisah sepanjang malam yang akan berakibat buruk pada kesehatan.

Selain itu, seorang pakar dari American Academy of Sleep Medicine juga menyarankan untuk membuat kamar tidur kamu senyaman mungkin. Usahakan untuk membuatnya tetap sejuk dan jauh dari kebisingan. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan kaus kaki untuk membuat kaki tetap hangat sehingga kenyamanan tidur tetap terjaga.
Demikian penjelasan mengenai suhu kamar yang tepat agar kamu bisa tidur nyenyak. Dengan kamu tidur nyenyak maka saat kamu terbangun bisa dalam kondisi segar dan siap menjalani aktivitas selanjutnya. Namun, saat kamu tidur tidak nyenyak saat terbangun kamu akan merasa Lelah dan bisa saja pusing. Keadaan itu tentu tidak akan mendukungmu beraktifitas. Yuk setel suhu kamar dengan lebih baik agar tidur bisa nyenyak.

Reply




Users browsing this thread: 1 Guest(s)

About Ziuma

ziuma - forum diskusi dan komunitas online. disini kamu bisa berdiskusi, berbagi informasi dan membentuk komunitas secara online. Bisa juga berdiskusi dengan sesama webmaster/blogger. forum ini berbasis mybb

             Quick Links

             User Links

             Support by

  • Ngalih.id