Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Thread Modes
Ini Pilihan Tempat Kerja yang Murah Dibandingkan Sewa Gedung!
#1
Indonesia adalah gudangnya orang-orang kreatif. Kreativitas tersebut dimanfaatkan oleh mereka yang memiliki kemauan untuk berkembang. Dua kalimat di atas bukanlah pernyataan yang diambil tanpa data. 

Sebab, menurut data yang diambil dari techinasia, di Indonesia, ada sekitar 60 juta unik UKM dan ribuan Perusahaan Start Up yang tengah berjuang untuk membesarkan usaha mereka.

Namun, ada satu masalah yang memusingkan mereka, yakni pendanaan yang kurang memadai sehingga sulit untuk menemukan tempat untuk bekerja. Oleh karena itu, coworking space hadir sebagai sebuah solusi yang memudahkan para pengusaha pemula tersebut. 

Dari jumlah pelaku usaha yang sangat banyak dan pastinya akan terus meningkat, membuat usaha coworking sepertinya merupakan hal yang masuk akal. 

Banyak yang mengatakan jika coworking seperti sebuah "kos-kosan" bagi para perusahaan yang tengah merintis.

Lantas, apa sebenarnya ruang bersama tersebut dan bagaimana perkembangannya di Indonesia?

Coworking Space adalah sebuah ruangan bersama yang menyediakan tempat untuk melakukan aktivitas. Biasanya, tempat ini disewa oleh para pekerja lepas (freelance) atau sebuah perusahaan start up yang belum memiliki gedung pribadi. 

Banyak yang mengatakan jika Coworking Space adalah sebuah tempat terbaik untuk bertemu dengan banyak komunitas-komunitas besar agar dapat melakukan kolaborasi kerja.

Konsep ruang bersama ini sudah ada sejak tahun 2010. Kala itu, seorang Yohan Totting mendirikan Coworking Space pertama di Indonesia. Bukan di Jakarta, pria tersebut membuat Hackerspace di Bandung yang merupakan adaptasi dari Hackerspace Singapura. 

Semenjak saat itu, coworking sangat berkembang pesat. Pertumbuhan tersebut terbantu lantaran semakin banyaknya perusahaan rintisan yang membutuhkan ruang kerja fleksibel.

Sebelum dikenal di seluruh dunia, coworking ternyata bermula di Schraubenfabrik, Wina, Austria pada tahun 2002. Sedari awal, tujuan pembangunan ruang bersama tersebut memang untuk memberikan ruang sebesar-besarnya bagi para entrepreneurfreelancer dan juga perusahaan start up yang telah menggeliat di sana.

Mau tau seberapa besar coworking bakar-bakar uang? Cek jawabannya di sumber artikel.

Sumber: Klik Disini.

Reply




Users browsing this thread: 1 Guest(s)

About Ziuma

ziuma - forum diskusi dan komunitas online. disini kamu bisa berdiskusi, berbagi informasi dan membentuk komunitas secara online. Bisa juga berdiskusi dengan sesama webmaster/blogger. forum ini berbasis mybb

             Quick Links

             User Links

             Support by

  • Ngalih.id