Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Thread Modes
Ini Dia Cara Mengatasi Polusi Udara
#1
[Image: cara-mengatasi-polusi-udara.jpg]
.
Polusi udara adalah salah satu ancaman terbesar bagi lingkungan yang memiliki dampak pada keberlangsungan kehidupan manusia. Dalam dunia yang kompleks saat ini, sulit rasanya mencari cara mengatasi polusi udara dengan mudah karena kebergantungan manusia akan produk berbahan kimia dan penggunaan kendaraan bermotor berbahan bakar minyak. Padahal, dampak polusi udara lebih dari sekadar asap. Kualitas udara yang buruk sering dihubungkan dengan penyakit asthma pada anak-anak dan juga pemanasan global. Tidak menghiraukan masalah polusi udara tidak hanya memiliki riisko bahaya pada kesehatan kita, tetapi juga berdampak pada keadaan bumi untuk generasi yang akan datang. Apa yang bisa kita lakukan saat ini dalam mengatasi polusi udara? Artikel ini akan membahasnya dengan lebih mendalam.
.
Ketahui darimana polusi udara berasal
Menurut Badan Perlindungan Lingkungan (EPA) Amerika, ada 6 penyebab utama polusi udara, yaitu ozon permukaan tanah, zat partikel, timbal, sulfur oksida, nitrogen oksida, dan karbon monoksida. Mungkin Anda sudah pernah mendengar dan tahu apa itu karbon monoksida, timbal, dan juga zat partikel. Ozon permukaan tanah memang terdengar awam, namun hal ini merupakan salah satu penyumbang terbesar polusi udara. Berbeda dengan lapisan alami ozon yang mengelilingi bumi dan membantu mengatur suhu dengan cara melindungi bumi dari sinar matahari berbahaya, ozon permukaan tanah terjadi ketika nitrogen oksida bercampur dengan senyawa organic yang mudah menguap. Reaksi kimia yang terjadi menghasilkan ozon permukaan tanah yang dapat menyebabkan berbagai macam gangguan kesehatan. Penyakit pernapasan seperti asma, bronkitis, dan juga emfisema adalag beberapa gangguan kesehatan yang dapat disebabkan oleh ozon permukaan tanah. Ozon permukaan tanah ini biasa terjadi di tempat yang banyak ditemukan uap bensin, asap knalpot mobil, tempat penyimpanan bahan-bahan kimia, dan emisi limbah pabrik. Apabila Anda ingin mengurangi polusi udara, cara mengatasi polusi udara yang pertama Adalah dengan mengurangi jumlah ozon permukaan tanah.
.
Kurangi pengguaan kendaraan bermotor
Selain efek langsung penggunaan kendaraan bermotor terhadap polusi udara, penggunaan bahan bakar yang dibuat dengan cara membakar batu bara dan minyak juga menyebabkan meningkatnya sulfur dioksida. Badan Perlindungan Lingkungan (EPA) menyatakan kilang minyak bumi merupakan produsen sulfur dioksida terbesar. Semakin sering Anda menggunakan kendaraan bermotor, semakin banyak polusi udara yang akan Anda hirup. Sangat tidak mungkin menghentikan penggunaan kendaraan bermotor mengingat kebutuhan aktivitas yang serba cepat. Namun, Anda bisa mengakalinya dengan naik kendaraan umum (alih-alih menggunakan kendaraan pribadi) dan beralih menggunakan moda transportasi ramah lingkungan seperti sepeda atau mobil listrik.
.
Tanam banyak tanaman
Saah satu cara mengatasi polusi udara yang paling mudah adalah dengan menanam banyak tanaman. NASA baru-baru ini menemukan bahwa beberapa tanaman rumahan seperti Peace Lily, English Ivy, dan juga Gerbera Daisy sangat berguna dalam mengurangi kadar karbon monoksida di udara. Tanaman-tanaman rumahan tersebut bekerja layaknya hati manusia, yaitu dengan menyaring zat kimia dan senyawa berbahaya yang ada di udara, menyerap racun melalui pori-pori kecil di setiap daunnya, dan “mencerna” polusi tersebut melalui batang tanaman, akar, dan di keluarkan ke tanah.
.
Memulai melalukan gaya hidup yang ramah lingkungan memang tidak mudah. Namun, cara mengatasi polusi udara di atas penting dilakukan, tidak hanya untuk menjaga kesehatan pernapasan Anda sekeluarga, tetapi juga membantu dalam mengurangi dampak yang ditimbulkan oleh pemanasan global terhadap kondisi lingkungan.

Reply




Users browsing this thread: 1 Guest(s)

About Ziuma

ziuma - forum diskusi dan komunitas online. disini kamu bisa berdiskusi, berbagi informasi dan membentuk komunitas secara online. Bisa juga berdiskusi dengan sesama webmaster/blogger. forum ini berbasis mybb

             Quick Links

             User Links

             Support by

  • Ngalih.id