Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Ini Ciri Skin Tag yang Harus Diwaspadai
#1
Skin tag atau kutil merupakan daging tumbuh dengan ukuran yang cukup kecil dan tidak berbahaya. Skin tag biasanya muncul di area-area tertentu seperti ketiak, paha, kelopak mata, leher, hingga di area bawah payudara.

Kebanyakan skin tag berukuran kecil lebih dari 2 mm, namun ada juga yang bisa tumbuh hingga ukuran 5 cm. Permukaan skin tag sendiri biasanya halus dan memiliki bentuk yang asimetris seperti butiran beras.

Meskipun tidak berbahaya dan bukan kanker, kamu tetap harus mewaspadai beberapa ciri skin tag yang sudah membahayakan. Sebab, jika dibiarkan bisa saja terjadi iritasi atau hal-hal yang tidak diinginkan.
Penyebab skin tag
Penyebab munculnya skin tag sendiri belum dipastikan dengan jelas, bisa jadi disebabkan karena gesekan. Sebab, munculnya skin tag sendiri merupakan hal yang umum terjadi pada orang dewasa.

Beberapa studi yang dilakukan menyebutkan jika resistensi insulin hingga penambahan berat badan menjadi salah satu faktor yang menyebabkan munculnya skin tag.

Selain itu, munculnya skin tag juga disebabkan karena efek samping dari kehamilan. Perubahan hormon kehamilan dan berat badan yang terus naik membuat skin tag bisa muncul.

Berikut beberapa keadaan yang rentan memunculkan adanya skin tag:
Memiliki kelebihan berat badan
Ibu hamil
Memiliki resistensi insulin atau diabetes tipe 2
Terkena virus HPV
Iritasi karena bergesekan dengan perhiasan
Ciri skin tag yang berbahaya
Meskipun bentuknya menonjol, kecil, dan berwarna kemerahan seperti daging, skin tag biasanya umumnya tidak berbahaya. Bahkan kemunculan skin tag juga tidak menimbulkan rasa nyeri, sehingga tidak sedikit orang yang tidak menyadari keberadaan skin tag.

Namun, ada beberapa kondisi di mana kamu harus mulai waspada dengan skin tag yang mungkin saja berbahaya untuk diri kamu sendiri.

Salah satu cirinya yakni skin tag tiba-tiba berdarah karena tergesek perhiasan. Selain itu, kamu juga harus segera menemui dokter jika skin tag sudah mulai mengganggu aktivitas, seperti nyeri atau terkelupas. Skin tag yang sering mengalami gesekan biasanya akan menjadi infeksi dan bisa berdarah.
Cara menghilangkan skin tag
Apabila skin tag berdarah atau mengalami iritasi, sebaiknya jangan mengobatinya sendiri di rumah dan segera menemui dokter untuk melakukan konsultasi. Tentu akan menjadi berbahaya jika skin tag yang mengalami iritasi dihilangkan sendiri.

Secara medis, biasanya dokter spesialis kulit akan melakukan beberapa cara untuk menghilangkan skin tag dan tidak selalu dilakukan dengan operasi.

Cryotherapy

Apabila kamu terlalu takut untuk melakukan operasi, kamu bisa mencoba metode cryotherapy karena metode ini memanfaatkan nitrogen cair untuk membekukan skin tag. Setelah skin tag beku, dokter kemudian akan mengangkat skin tag dari kulit.

Operasi pengangkatan

Jangan membayangkan jika operasi ini adalah operasi pembedahan besar. Sebab, operasi pengangkatan skin tag termasuk operasi bedah kecil yang hanya dilakukan dengan bius lokal saja. Dokter akan mengangkat skin tag dengan cara menggunting atau memotong dengan pisau bedah.

Bedah listrik

Bedah listrik tentunya tidak sama dengan prosedur bedah biasa, sebab bedah listrik memanfaatkan arus listrik dengan frekuensi yang cukup tinggi untuk menghasilkan panas. Nantinya, skin tag akan dipanaskan dengan aliran listrik tegangan tertentu.

Ligasi

Ligasi adalah cara penghilangan skin tag dengan cara mengikat serta memotong aliran pembuluh darah dengan benang operasi. Jika ukuran skin tag kecil, biasanya dokter tidak akan melakukan pembiusan pada pasien. Pembiusan lokal akan diberikan untuk skin tag dengan ukuran besar dan banyak.

Nah, itu dia beberapa ciri di mana kamu harus segera menemui dokter. Jangan sampai skin tag menimbulkan hal yang berbahaya untuk tubuh jika tidak segera diobati.
Reply




Users browsing this thread: 4 Guest(s)

About Ziuma

ziuma - forum diskusi dan komunitas online. disini kamu bisa berdiskusi, berbagi informasi dan membentuk komunitas secara online. Bisa juga berdiskusi dengan sesama webmaster/blogger. forum ini berbasis mybb

              Quick Links

              User Links

             powered by