Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Ini Cara Halo Jasa Rekrut Karyawannya
#1
[Image: Jasa-Reflexology-Massage.jpg]
Budaya kerja startup seperti di Halo Jasa memang memiliki keunikan tersendiri. Berbeda dengan korporasi besar yang masih berpegang pada nilai - nilai lama seperti ada jarak antara atasan dan bawahan, dan bekerja sesuai dengan SOP yang sudah ada dan tak bisa diubah seenaknya karena akan berhubungan pada sistem kerja perusahaan. Startup memiliki budaya kerja yang dinamis, "liar" akan ide - ide, eksekusi tanpa basa-basi, dan semangat kolaborasi tinggi. Termasuk dalam hal merekrut karyawan baru dan mitra yang kerja sama, cara - cara baru yang jauh berbeda dengan korporasi besar.
.
Pada prinsipnya, setiap perusahaan fondasi paling pertamanya adalah manusia. Perusahaan adalah sebuah hasil dari pemikiran dan ide manusia yang memiliki tujuan, visi, dan misi tertentu demi memberikan solusi pada masyarakat akan suatu masalah. Sukses atau tidaknya perusahaan sangat ditentukan oleh kualitas manusia yang ada di dalamnya. Produk dan jasa yang dihasilkan oleh perusahaan merupakan hasil kerja keras dan kerja sama dari setiap individu yang ada di dalam perusahaan. Setiap karyawan harus melengkapi satu sama lain dengan semangat kolaborasi demi mencapai tujuan perusahaan. Maka dari itu, rekrutmen merupakan hal terpenting bagi perusahaan untuk bisa sukses dan bertahan di tengah - tengah persaingan bisnis yang semakin ketat seiring perkembangan teknologi.
.
Bagi Halo Jasa, bekerja seorang diri tidaklah cukup karena setiap karyawan harus memiliki loyalitas dalam mengembangkan talenta dan tanpa henti untuk belajar. Dalam hal ini, setiap karyawan harus memiliki growth mindset atau pola pikir yang bertumbuh dengan tidak berhenti hanya menguasai satu bidang, tapi terus belajar mengembangkan diri dan menemukan potensi terbaik di bidang - bidang lainnya. Selain itu, pegawai harus memiliki prinsip berbagi, berkembang di semua layanan, dan mampu menemukan korelasi dengan komunikasi bersama pegawai lainnya. Semangat yang dibawa karyawan adalah bersenang - senang dari hari ke hari, dengan begitu karyawan akan bekerja dengan pola pikir yang positif supaya bisa bergerak menuju tujuan. Selain itu, dengan memiliki semangat dan kepercayaan, seorang karyawan dapat menjadi manusia yang lebih baik dan mampu menemukan kesuksesan di masa depan.
.
Ada tiga fundamental yang harus ditanamkan dalam benak setiap karyawan untuk membantu customer dalam menyelesaikan permasalahan rutinitas sederhana sehari - hari. Pertama, loyalty consumer; semua yang pegawai lakukan termasuk loyalitas konsumen terhadap kepuasan produk menjadi jaminan. Kedua focus on growth; bekerja dengan kerendahan hati, tulus berbagi, dan terus belajar, untuk mengedepankan pola pikir terus tumbuh tanpa henti. Ketiga north star matrix; untuk mendorong pertumbuhan berkelanjutan dan jangka panjang, setiap karyawan berfokus untuk berkolaborasi dengan tetap berorientasi terhadap north star matrix.
.
Untuk mendapatkan talenta terbaiknya, informasi lowongan kerja ada di website resmi dan di portal - portal job online seperti TechinAsia, Linkedin, dan Jobstreet. Setelah pelamar mengirimkan CV, perusahaan akan melakukan seleksi sebelum dipanggil wawancara dengan user, baru dengan HRD. User disini dalam artian atasan yang nantinya akan berhubungan langsung dengan calon karyawan, misalkan pelamar mengajukan diri untuk bekerja di bidang marketing, maka yang akan mewawancarai terlebih dahulu adalah manajer marketing. Kemudian, pelamar akan diberikan tes di sesi interview, seperti tes kepribadian dan pada posisi tertentu seperti graphic design, content specialist, atau yang berhubungan dengan IT, ada beberapa tes tambahan. Setelah melewati proses tersebut, perusahaan akan memberikan keputusan akan hasil seleksi untuk karyawan baru.

.
Proses perekrutan tersebut harus dilalui agar nantinya karyawan baru bisa beradaptasi dengan lingkungan kerja dan terlibat dalam meningkatkan layanan - layanan yang ada di aplikasi. Salah satunya jasa massage, dimana user bisa memanggil terapis yang berkualitas ke rumah mereka untuk relaksasi. Karyawan baru nantinya diharapkan dapat mengembangkan layanan tersebut menjadi lebih berkualitas, dan menjaga kepuasan pelanggan sehingga bisnis perusahaan pun bisa berkembang dengan baik.
.
Startup digital seperti Halo Jasa menunjukan bagaimana startup tetap merekrut pegawai barunya dengan seleksi yang ketat, detail, dan teliti. Meskipun startup memang dikenal dengan fleksibilitasnya, namun merekrtu pegawai baru adalah hal yang tidak bisa dianggap remeh karena pegawai adalah aset bagi setiap perusahaan. Maju atau tidaknya suatu perusahaan ditentukan kualitas manusia yang ada di dalamnya, maka dari itu memiliki karyawan yang kompeten menjadi kunci penting bagi perkembangan usaha.
Reply




Users browsing this thread: 1 Guest(s)

About Ziuma

ziuma - forum diskusi dan komunitas online. disini kamu bisa berdiskusi, berbagi informasi dan membentuk komunitas secara online. Bisa juga berdiskusi dengan sesama webmaster/blogger. forum ini berbasis mybb

              Quick Links

              User Links

             powered by