Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Ini 5 Alasan Anda Harus Konsumsi Snack Sehat!
#1
[Image: snack-sehat.jpg]

Banyak orang menghindari untuk mengonsumsi camilan karena mereka takut bahwa camilan tersebut merupakan faktor utama dari penambahan berat badan pada mereka. Namun tahukah Anda, snack sehat atau camilan sehat justru dapat memberikan manfaat bagi kesehatan Anda.

Selain itu ada beberapa manfaat lain yang bisa Anda dapatkan jika Anda memilih camilan sehat sebagai snack yang Anda konsumsi secara konsisten dan terus menerus. Mau tahu apa saja manfaat lain dari mengonsumsi camilan sehat? Ini penjelasannya!

Pentingnya snack sehat bagi kesehatan

  • Peningkatan asupan nutrisi
Makan snack sehat atau camilan sehat memungkinkan Anda menambahkan asupan nutrisi penting. Buah dan sayur mengandung vitamin A dan C yang keduanya penting untuk kekebalan tubuh penyembuhan luka serta gigi dan gusi. Mereka juga menawarkan serat dan mengisi perut dengan sedikit kalori.
Tambahan keju rendah lemak atau yogurt unutk meningkatkan asupan protein yang diperlukan untuk kesehatan otot, kulit, sel, dan rambut. kerupuk gandum utuh menambahkan karbohidrat kompleks dan serat tambahan. Makanan olahan susu rendah lemak pun dapat meningkatkan asupan kalsium, nutrisi yang dibutuhkan untuk kesehatan tulang. Segenggam kacang pada saat ngemil menambahkan lemak sehat ke dalam makanan Anda, yang dapat melindungi jantung dan otak Anda.

Orang yang menjalani diet khusus, karena diabetes, kolesterol tinggi, atau kondisi medis lainnya perlu memilih camilan sehat yang rendah gula dan tinggi protein, serat, lemak sehat, vitamin, mineral, dan nutrisi penting. Beberapa contoh camilan sehat adalah:

Kacang-kacangan
Keju cottage dengan buah atau tomat mini
Yogurt
Packet makanan ringan dengan keju, buah, daging, kacang-kacangan, dan biscuit gandum
Sereal sehat dengan yogurt atau susu
  • Kontrol nafsu makan
Makan camilan di antara waktu makan dapat mencegah Anda menjadi sangat lapar sehingga Anda memakan makanan cepat saji yang tidak sehat. Camilan sehat dapat mencegah rasa lapar dan memungkinkan Anda untuk tetap mengonsumsi makanan dalam jumlah sedang saat Anda makan makanan berikutnya. Pilih makanan ringan seperti keju, buah atau biskuit gandum.
  • Meningkatkan energi
Camilan sehat yang terdiri dari karbohidrat kompleks, protein dan lemak sehat dapat meningkatkan energi Anda untuk jangka waktu yang lebih lama daripada camilan manis. Ini karena gula akan menyebabkan gula darah Anda melonjak dan kemudian jatuh, membuat Anda lapar dan lesu.
  • Konsentrasi yang lebih baik
Menambahkan snack sehat di antara waktu makan akan meningkatkan fokus dan kinerja, baik di sekolah maupun tempat kerja. Anak-anak dapat memahami dan mempertahankan informasi yang diberikan di kelas. Orang dewasa mungkin akan mendapati bahwa camilan kecil di sore hari membuat mereka dapat menyelesaikan tugas dengan cepat dan efisien. Cobalah camilan seperti popcorn, granola  atau roti gandum.
  • Kontrol berat badan
Jika Anda ingin menurunkan berat badan atau mengendalikannya, sediakan snack sehat untuk membantu Anda membuat pilihan yang lebih tepat. Berikut beberapa saran:
- Sediakan camilan, seperti popcorn, kacang-kacangan, atau biskuit atau roti gandum
- Buah kering rendah gula
- Sayuran segar
- Kacang buncis atau kedelai panggang
- Sayuran dan saus kacang atau hummus dalam kotak makan
- Kangkung, wortel panggang

Mengonsumsi snack sehat dapat menjadi bagian dari pola makan yang sehat, asalkan kita tidak mengonsumsi terlalu banyak kalori sepanjang hari. Anda pun perlu memperhatikan apa saja yang sudah masuk ke dalam tubuh selama seharian penuh.

Memilih makanan atau camilan apa saja yang masuk merupakan salah satu cara untuk membuat tubuh menjadi lebih baik dengan menjaga makanan dan camilan sehat saja yang boleh dikonsumsi. Semoga berhasil terus mengonsumsi snack sehatnya!
Reply




Users browsing this thread: 1 Guest(s)

About Ziuma

ziuma - forum diskusi dan komunitas online. disini kamu bisa berdiskusi, berbagi informasi dan membentuk komunitas secara online. Bisa juga berdiskusi dengan sesama webmaster/blogger. forum ini berbasis mybb

              Quick Links

              User Links

             powered by