Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Infeksi Norovirus dan tanggapan kesehatan masyarakat
#1
Beberapa gejala dan penyebab Infeksi Norovirus

Infeksi norovirus adalah infeksi virus yang menyebabkan muntah dan diare. Virus ini mudah menular melalui sentuhan orang ke orang yang lain. Mencuci tangan secara menyeluruh dengan sabun dan air mengalir membantu mencegah penyebarannya.

---
Infeksi norovirus dapat menyebabkan timbulnya muntah dan diare yang parah secara tiba-tiba. Virus ini sangat menular dan umumnya menyebar melalui makanan atau air yang terkontaminasi selama persiapan atau melalui permukaan yang terkontaminasi. Melalui kontak dekat dengan orang yang terinfeksi dapat membuat Anda juga terinfeksi.

Diawali dengan diare, sakit perut, dan muntah biasanya mulai 12 hingga 48 jam setelah terpapar.Tanda atau gejala pada orang yang terkena infeksi norovirus biasanya berjalan sekitar satu sampai tiga hari, dan banyak juga orang yang sembuh total tanpa melakukan pengobatan. 

Namun, pada beberapa orang, terutama bayi, orang dewasa yang lebih tua, dan orang dengan kondisi medis yang mendasarinya, muntah dan diare dapat menyebabkan dehidrasi parah dan memerlukan perhatian medis.Infeksi norovirus lebih sering terjadi di daerah yang padat dan ramai seperti rumah sakit, panti jompo, pusat tempat penitipan anak, bahkan di sekolah.

Apa saja gejalanya?

Tanda dan gejala infeksi norovirus meliputi:
-Mual
-Muntah
-Sakit perut atau kram
-Diare encer atau cair
-Merasa sakit
-Demam ringan
-Nyeri otot

Tanda dan gejala biasanya mulai 12 hingga 48 jam setelah terpapar norovirus dan berlangsung selama satu hingga tiga hari. Anda bisa mengeluarkan virus melalui tinja Anda hingga dua minggu setelah Anda pulih. mengilangkan virus ini dapat berlangsung selama berminggu-minggu hingga berbulan-bulan jika Anda memiliki kondisi kesehatan yang mendasarinya.Beberapa orang yang terinfeksi norovirus tidak memiliki tanda atau gejala yang signifikan.

Norovirus sangat menular dan ditumpahkan dalam kotoran manusia dan hewan yang terinfeksi. Anda bisa mendapatkan norovirus dengan:

-Makan makanan yang terkontaminasi
-Minum air yang terkontaminasi
-Tangan yang menyentuh kedalam mulut setelah tangan bersentuhan dengan daerah, barang, maupun orang yang terkontaminasi
-Berada dalam kontak dekat dengan orang yang memiliki infeksi norovirus

Komplikasi Infeksi Norovirus

Menurut orang-orang yang pernah terinfeksi, infeksi norovirus biasanya hilang dalam beberapa hari sehingga tidak sampai mengancam jiwa. Namun, pada beberapa orang, khususnya anak-anak, orang dewasa yang lebih tua, dan orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah yang terinfeksi norovirus dapat menyebabkan tenggorokan dehidrasi.

Tanda-tanda peringatan dehidrasi yakni kelelahan, mulut dan tenggorokan kering, lesu, pusing, penurunan keluaran urin.
Anak-anak yang merasakan atau mengalami dehidrasi akan menangis dengan air mata yang sedikit bahkan sampai tidak keluar air matanya. Mereka mungkin sangat mengantuk atau rewel.
Apa tanggapan kesehatan masyarakat?

Wabah norovirus meningkat di musim dingin dan umum terjadi di lingkungan keluarga dan kelompok termasuk fasilitas perawatan perumahan, rumah sakit, pusat penitipan anak, dan sekolah. Di bawah Undang-Undang Kesehatan Masyarakat wabah dalam pengaturan ini harus diberitahukan ke unit kesehatan masyarakat setempat.

Unit kesehatan masyarakat mampu:

-Saran tentang cara mengidentifikasi wabah
-Memberikan saran tentang cara mengendalikan wabah
-Membantu menyelidiki wabah untuk menentukan sumber dan cara penularan
-Nasihat tentang pengecualian orang dengan gastroenteritis virus dari tempat kerja, sekolah atau pertemuan publik lainnya.

Cari bantuan medis jika Anda mengalami diare yang tidak kunjung sembuh dalam beberapa hari, dan juga hubungi dokter jika Anda mengalami muntah yang parah, tinja berdarah, sakit perut, dan dehidrasi.
Reply




Users browsing this thread: 2 Guest(s)

About Ziuma

ziuma - forum diskusi dan komunitas online. disini kamu bisa berdiskusi, berbagi informasi dan membentuk komunitas secara online. Bisa juga berdiskusi dengan sesama webmaster/blogger. forum ini berbasis mybb

              Quick Links

              User Links

             powered by