Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Hindari 5 Kebiasaan Ini Agar Tidak Harus Bedah Skoliosis
#1
[Image: bedah-skoliosis-1587047726.jpg]
Tulang belakang adalah salah satu bagian tubuh yang paling penting bagi kehidupan seorang manusia. Kondisi tulang belakang yang baik bisa menjamin tubuh kita dapat bergerak secara dinamis. Salah satu kelaianan di tulang belakang yang mengkhawatirkan adalah skoliosis. Jika sudah parah, kondisi kesehatan itu harus ditangani dengan prosedur bedah skoliosis.
Secara sederhana dan dalam pengertian yang mudah, skoliosis adalah kondisi di mana tulang belakang mengalami bengkokan. Jika pada orang normal tulang belakang berbentuk lurus, penderita skoliosis memiliki bentuk tulang belakang seperti huruf C atau S.
Meski dapat menimpa siapa saja dan pada usia berapa pun, skoliosis umum terjadi pada anak-anak sebelum usia pubertas, sekitar 10-15 tahun. Namun, saat pertama kali timbul gejala, kondisi itu terbilang ringan dan dapat diatasi dengan mudah, asalkan sesegera mungkin.
Pasalnya, gejala skoliosis ini akan terus berkembang seiring waktu beserta kebiasaan atau kondisi tertentu yang berkaitan dengan tulang belakang. Untuk itu, penting untuk mengetahui beberapa hal yang bisa memicu atau memperparah gejala skoliosisi. Berikut beberapa kebiasaan buruk yang kerap dilakukan banyak orang dan memicu kelainan tulang belakang:
1.    Duduk Bersila
Kebiasaan duduk menyilangkan kaki atau bersila, yang sering dilakukan orang Indonesia merupakan salah satu pemicu kelainan tulang belakang. Kebiasaan menyilangkan kaki dalam waktu yang lama dapat membuat tulang panggul berputar dari posisi seharusnya dan menyebabkan skoliosis.
2.    Duduk Terganjal Dompet
Laki-laki merupakan kelompok orang yang kerap menyimpan dompet di saku belakangnya. Jika sedang duduk, dompet itu otomatis mengganjal, sehingga posisi duduk mereka tidak rata atau lurus satu sama lain. 
Menduduki dompet tebal ini dapat menggeser posisi tulang panggung dan menekan posisi yang lain. Satu atau dua derajat saja bokong sebelah kanan naik selama berjam-jam, misalnya, akan menyebabkan sakit punggung dan memicu skoliosis.
3.    Membawa Beban Berat
Punggung yang banyak menahan beban berat juga jadi salah satu penyebab skoliosis. Terutama, ketika beban tersebut hanya ditumpukan di salah satu pundak. Berat yang tidak seimbang dapat membuat tulang melengkung ke samping.
Selain itu, kebiasaan menggunakan tas selempang atau hanya di satu pundak juga dapat tmembuat tulang punggung bergeser dari posisinya sehingga lama kelamaan bisa menyebabkan skoliosis.
4.    Menulis Sambil Tiduran
Menulis sambil tiduran menjadi kebiasaan yang banyak dilakukan setiap orang terutama para pelajar saat sedang di sekolah. Posisi menulis atau tertidur di meja dalam kurun waktu yang lama membuat tulang belakang tidak lurus dan berpotensi mengakibatkan skoliosis.
5.    Belajar Sambil Telungkup atau Tengkurap
Kebiasaan menelungkupkan badan sambil beraktivitas seperti belajar dan membaca membuat tulang belakang dan leher tidak berada di posisi yang seharusnya. Kondisi ini memicu terjadinya skoliosis.
Aktivitas itu, terutama duduk meliuk-liuk di sofa dapat memicu berputarnya tulang belakang. Untuk menghindari terjadinya skoliosis parah yang mengharuskan diatasi dengan bedah skoliosis, ada baiknya setiap orang dapat memberbaiki posisi duduk dengan sikap yang ergonomi.
Posisi itu di antaranya seperti posisi paha yang horizontal dengan lantai, punggung lurus tapi santai, kepala tidak membungkuk, dan posisi mata sejajar dengan bahan bacaan.
***
Bedah skoliosis merupakan tindakan medis yang cukup kompleks dan serius. Dengan kata lain, prosedur ini memiliki beragam risiko dan komplikasi, juga kemungkinan kegagalan. Belum lagi dengan biaya yang cukup besar.
Oleh karenanya penting peduli terhadap diri kita untuk menjaga kondisi dan kesehatan tulang belakang tetap terjaga agar tidak perlu berurusan dengan dokter untuk mengatasi kelainan itu dengan prosedur bedah skoliosis. Bukankah menjaga jauh lebih baik ketimbang mengobati, bukan?
 
Reply




Users browsing this thread: 1 Guest(s)

About Ziuma

ziuma - forum diskusi dan komunitas online. disini kamu bisa berdiskusi, berbagi informasi dan membentuk komunitas secara online. Bisa juga berdiskusi dengan sesama webmaster/blogger. forum ini berbasis mybb

              Quick Links

              User Links

             powered by