Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Haid tidak teratur, Apa bisa hamil?
#1
Haid yang tidak teratur bisa jadi salah satu masalah untuk wanita menikah. Untuk itu, dibutuhkan program hamil untuk haid tidak teratur yang tepat.
Ketidakteraturan masa haid membuat Anda sulit menebak masa subur. Akibatnya, proses pembuahan sel telur bisa jadi tidak maksimal karena pemilihan waktu yang tidak tepat.
Untuk itu, Anda membutuhkan program hamil untuk haid tidak teratur. Yuk simak panduan selengkapnya di bawah ini!

[Image: mengenal-program-hamil-anak-perempuan-be...551777.jpg]

Apa itu haid tidak teratur?
Haid tidak teratur adalah siklus menstruasi yang lebih singkat dari 21 hari atau lebih panjang dari 36 hari. Siklus haid dianggap tidak teratur jika berbeda-beda di setiap bulan.
Katakanlah siklus haid Anda di suatu bulan sepanjang 23 hari, lalu di bulan lainnya lebih panjang jadi 35 hari. Kondisi inilah yang dianggap masalah haid tidak teratur.
Riset membuktikan bahwa panjang siklus haid berhubungan dengan fertilitas wanita. Dengan kata lain, jika siklus Anda berjalan lebih lama tapi terjadi secara konsisten, kemungkinan Anda tidak mengalami masalah kesuburan.
Sebaliknya, seseorang yang mengalami siklus menstruasi bervariasi mungkin bisa jadi pertanda awal masalah kesuburan. Jika hitungan siklus meleset 1-2 hari seharusnya Anda tidak perlu khawatir. Namun, jika meleset sampai 5 hari atau lebih, kemungkinan ada masalah kesuburan.
Selain itu, haid tidak teratur yang terjadi sesekali juga normal. Stres atau penyakit dapat membuat ovulasi dan menstruasi tertunda, menyebabkan siklus Anda berjalan lebih lama, terkadang lebih singkat.
Nah jika Anda mengalami haid tidak sesuai jadwal hanya satu atau dua kali dalam setahun, Anda tidak perlu khawatir.

Penyebab haid tidak teratur
Sebelum bicara soal solusi untuk haid tidak teratur, Anda perlu memahami terlebih dahulu sumber masalahnya. Sebab, ada cukup banyak faktor penyebab haid tidak teratur.
Secara umum ada beberapa faktor penyebab haid tidak teratur, di antaranya:
  • [font=Arial]Sedang sakit[/font]
  • [font=Arial]Stres[/font]
  • [font=Arial]Ketidakseimbangan hormon seperti Polycystic Ovarian Syndrome (PCOS)[/font]
  • [font=Arial]Kurang makanan bernutrisi[/font]
  • [font=Arial]Kelelahan[/font]
  • [font=Arial]Olahraga berlebihan[/font]
  • [font=Arial]Terlalu gemuk atau terlalu kurus[/font]
  • [font=Arial]Masa perimenopause[/font]
Nah penanganan untuk setiap penyebab tersebut tentu berbeda-beda. Misalnya untuk kasus kelebihan berat badan (overweight), langkah paling bijak adalah mencoba menurunkan berat badan dengan olahraga dan konsumsi makanan sehat.
Lalu untuk kondisi seperti PCOS dan penyakit lainnya, Anda bisa mencari pengobatan yang tepat untuk mengatasi sumber penyakit penyebab masalah tersebut.

Cara program hamil untuk haid tidak teratur
Jika Anda masih berovulasi, artinya Anda memenuhi kondisi untuk hamil. Namun, dengan kondisi haid tidak teratur, kesempatan Anda untuk hamil mungkin lebih kecil daripada wanita lain dengan haid teratur.
Sebenarnya salah satu solusi terbaik yang bisa Anda coba adalah dengan melakukan hubungan seks secara reguler. Misalnya, coba berhubungan seks setiap 2-3 hari sekali.
Dengan demikian, Anda tidak perlu repot menghitung masa subur atau sebaliknya. Hubungan seks secara rutin seharusnya memperbesar peluang kehamilan.
Meski begitu, jika Anda masih merasa kesulitan, ada beberapa langkah yang bisa Anda coba dalam program hamil untuk haid tidak teratur. 
Misalnya dengan mencoba menggunakan alat bantu ovulation test dan mengonsumsi obat.

Gunakan Ovulation test
Masa subur umumnya terjadi di tengah-tengah siklus menstruasi. Jika memiliki siklus rutin 28 hari, Anda akan mencapai puncak masa subur sekitar hari ke-14.
Namun, ketika mengalami haid tidak teratur, memprediksi masa subur jadi lebih sulit. Akibatnya Anda juga akan kesulitan mengatur waktu untuk hubungan seks yang bisa meningkatkan peluang kehamilan.
Nah Anda bisa menggunakan bantuan alat ovulation test atau ovulation predictor kits. Alat ini dapat mendeteksi lonjakan hormon luteinizing yang dapat memicu kesuburan.
Alat ini mudah digunakan, hanya membutuhkan urine Anda. Jika Anda merasa masalah haid tidak teratur mulai mengganggu program kehamilan, coba gunakan alat bantu ini.

Konsumsi obat
Langkah berikutnya yang bisa Anda coba adalah konsumsi obat yang membantu meningkatkan kesuburan. Salah satu pilihan obat yang sering digunakan adalah Clomid, khususnya bagi wanita dengan sindrom ovarium polikistik atau biasa dikenal dengan PCOS.
Clomid sudah teruji efektif dalam merangsang kesuburan wanita. Meski begitu, ada beberapa efek samping Clomid yang mungkin terjadi seperti:
  • [font=Arial]Sensasi panas dari dalam tubuh[/font]
  • [font=Arial]Payudara terasa lembek[/font]
  • [font=Arial]Perut kembung[/font]
  • [font=Arial]Pelepasan sel telur dalam jumlah banyak yang dapat membantu proses kehamilan[/font]
Selain itu, jika masalah haid tidak teratur disebabkan oleh tiroid yang kurang aktif atau terlalu aktif, dokter mungkin akan meresepkan obat untuk meningkatkan atau memblokir hormon tiroid.

Kapan harus ke dokter?
Sebagian besar kasus haid tidak teratur sebenarnya tidak mengkhawatirkan asal tahu sumber masalahnya. Meski begitu, ada beberapa kondisi yang perlu Anda waspadai seperti:
  • [font=Arial]Tidak mengalami menstruasi selama tiga bulan atau lebih[/font]
  • [font=Arial]Darah mens terus keluar selama sepekan atau lebih[/font]
  • [font=Arial]Setiap satu atau dua jam Anda harus mengganti pembalut karena penuh, dan ini berlangsung hingga beberapa jam[/font]
  • [font=Arial]Anda telah mencoba hamil selama satu tahun[/font]
Demikian informasi lengkap mengenai haid tidak teratur dan program hamil untuk haid tidak teratur. Konsultasikan dengan dokter jika Anda mengalami beberapa kondisi di atas.
Reply




Users browsing this thread: 1 Guest(s)

About Ziuma

ziuma - forum diskusi dan komunitas online. disini kamu bisa berdiskusi, berbagi informasi dan membentuk komunitas secara online. Bisa juga berdiskusi dengan sesama webmaster/blogger. forum ini berbasis mybb

              Quick Links

              User Links

             powered by