Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Gejala Kekurangan Vitamin E dan Penyebabnya
#1
[Image: suplemen-vitamin-E.jpg]

Kekurangan vitamin E bisa menyebabkan munculnya berbagai gejala merugikan pada tubuh. Tidak hanya itu, kekurangan vitamin E juga bisa membahayakan sistem imun tubuh. Maka dari itu, mari kenali penyebab dan cara mengobati kekurangan vitamin E ini bisa dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin E atau suplemen vitamin E. Sama seperti kondisi kekurangan vitamin lainnya, kekurangan vitamin E tentu memiliki gejala yang membuat hidup tak nyaman. Beberapa gejala kekurangan vitamin E itu meliputi:
  • Kelemahan otot
Vitamin E sangatlah penting untuk sistem saraf pusat. Sebab, vitamin E adalah salah satu antioksidan paling penting dalam tubuh. Jika kekurangan vitamin E terjadi, maka stres oksidatif pun akan datang juga. Alhasil, kelemahan otot bisa muncul.
  • Kesulitan menggerakkan tubuh
Kekurangan vitamin E dapat menyebabkan saraf bernama Purkinje di dalam tubuh rusak. Saraf ini memiliki fungsi dalam mengirimkan sinyal ke otak, untuk menggerakkan tubuh, termasuk berjalan.
  • Mati rasa dan kesemutan
Kekurangan vitamin E juga dapat merusak serabut saraf, sehingga membuatnya tak bisa mengirimkan sinyal ke otak dengan baik. Hal ini dapat menyebabkan mati rasa dan kesemutan di beberapa bagian tubuh.
  • Gangguan penglihatan
Kekurangan vitamin E dapat menyebabkan rusaknya reseptor cahaya di retina dan sel-sel lainnya pada mata. Seiring berjalannya waktu, hal ini bisa menyebabkan kebutaan jika tidak ditangani dengan segera.
  • Melemahnya sistem imun tubuh
Kekurangan vitamin E yang mungkin sangat ditakuti adalah melemahnya sistem imun tubuh. Sel-sel kekebalan tubuh ini akan terhambat juga tidak “dipasok” dengan vitamin E yang cukup. Bukan anak-anak, tapi orang dewasa lah yang paling berisiko mengalami gejala kekurangan vitamin E ini.
Penyebab kekurangan vitamin E
Sebenarnya, kekurangan vitamin E adalah kondisi yang jarang terjadi karena vitamin E mudah ditemukan di beberapa makanan dan saat ini tersedia suplemen vitamin E. Namun, ada beberapa kondisi medis yang bisa menyebabkan kekurangan vitamin E dalam tubuh. Apa saja kondisi medis itu?
  • Penyakit
Kekurangan vitamin E dapat disebabkan oleh beberapa penyakit, yang biasanya mengganggu fungsi tubuh dalam menyerap lemak. Sebab, tubuh membutuhkan lemak untuk menyerap vitamin E. Jika kemampuan tubuh dalam menyerap lemak terganggu, kekurangan vitamin E bisa terjadi. Berikut ini adalah beberapa penyakit yang bisa menyebabkan kekurangan vitamin E:
  1. Pankreatitis kronis (peradangan pada pankreas yang tidak dapat disembuhkan)
  2. Penyakit celiac (penyakit autoimun di mana seseorang tidak dapat mengonsumsi gluten karena dapat merusak usus halusnya)
  3. Penyakit organ hati kolestatik (melambatnya aliran empedu dari organ hati)
  4. Fibrosis kistik (penyakit genetik yang menyebabkan lendir di dalam tubuh melengket)
Selain beberapa penyakit di atas, kekurangan vitamin E dapat menyerang bayi prematur yang kekurangan lemak dan berat badan. Sebab, bayi yang terlahir prematur, masih memiliki sistem pencernaan yang prematur juga. Hal ini menyebabkan turunnya kemampuan tubuh dalam menyerap lemak dan vitamin E.
  • Faktor genetik
Kekurangan vitamin E ternyata bisa diturunkan dari orangtua. Biasanya, penyakit yang menyebabkan kekurangan vitamin E dalam keluarga adalah abetalipoproteinemia bawaan dan defisiensi vitamin E turunan. Kedua penyakit ini dapat mengakibatkan rendahnya kadar vitamin E yang ekstrem.Jika beberapa kondisi medis di atas terjadi pada Anda, ada baiknya langsung datang ke dokter dan meminta rekomendasi pengobatan terbaik untuk meningkatkan kadar vitamin E dalam tubuh, serta menyembuhkan penyakit yang menyebabkannya.
Jika masih ragu makanan apa yang paling efektif dan memberikan dosis sesuai dengan kebutuhan harian vitamin E, cek artikel di SehatQ.com agar bisa tahu betul apa yang sebaiknya dikonsumsi.
Reply




Users browsing this thread: 1 Guest(s)

About Ziuma

ziuma - forum diskusi dan komunitas online. disini kamu bisa berdiskusi, berbagi informasi dan membentuk komunitas secara online. Bisa juga berdiskusi dengan sesama webmaster/blogger. forum ini berbasis mybb

              Quick Links

              User Links

             powered by