Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Gatal Karena Alergi Dingin & Panas? Ini Solusinya
#1
Gatal-gatal, atau dalam dunia medis sering disebut dengan istilah urtikaria, adalah kondisi alergi pada kulit akibat paparan suatu makanan, alergi dingin atau panas, dan obat-obatan tertentu. Gatal-gatal ini dapat berbentuk benjolan kemerahan pada kulit yang gatal dan akan hilang dalam waktu 24 jam sejak pertama muncul. Pada umumnya, gatal-gatal sering disebabkan oleh alergi. Namun, beberapa hall lain seperti gigitan serangga, infeksi, dan stres dapat menyebabkan kondisi serupa. Mengetahui apa yang menjadi pemicu gatal-gatal penting agar Anda tahu jenis perawatan dan pengobatan yang diperlukan. Selain itu, Anda bisa menghindari hal tersebut untuk mencegah gatal-gatal kembali lagi. 

Akan tetapi, Anda harus menghubungi dokter apabila memiliki gejala tambahan seperti sakit kepala, pembengkakan di wajah dan tenggorokan, dan kesulitan bernapas. Hal tersebut dapat menjadi tanda-tanda adanya alergi yang serius dan harus mendapatkan perawatan medis dengan segera. Apabila kondisi gatal-gatal Anda masih terbilang, Anda bisa mengikuti cara-cara berikut ini.

Obat Bebas Antihistamin

Obat antihistamin biasa digunakan untuk mengobati gatal-gatal akibat alergi dingin, makanan, dan penyebab alergi lainnya. Obat-obatan ini bekerja dengan memblokir respon histamin pada tubuh Anda. Beberapa pilihan obat jenis ini seperti cetirizine, loratadine, dan fexofenadine. Namun, apabila gejala gatal-gatal semakin memburuk, segera konsultasikan dengan dokter ahli untuk mendapatkan perawatan serta resep yang tepat untuk meringankan kondisi gatal-gatal Anda.

Mandi Oatmeal

Sifat anti-peradangan yang ada pada oatmeal dapat membantu meringankan gejala gatal-gatal (salama Anda tidak memiliki alergi terhadap komponen dalam oatmeal apapun). Tambahkan sekitar 64 gram oatmeal ke dalam air hangat (air tidak boleh terlalu panas karena panas berlebih dapat memicu gatal-gatal dan membuat perawatan atau pengobatan menjadi tidak efektif). Berendam ke dalam campuran air dan oatmeal tersebut selama kurang dari 15 menit dan hindari menggaruk atau meggosok kulit dengan handuk ketika Anda ingin mengeringkan tubuh.

Lidah buaya (aloe vera)

Lidah buaya sering digunakan untuk merawat luka bakar karena sifat anti-peradangan yang dimilikinya. Karena itulah lidah buaya juga sering digunakan untuk meringankan gejala gatal-gatal. Sebelum menggunakan lidah buaya sebagai perawatan kondisi gatal-gatal, pastikan Anda tidak memiliki alergi apapun terhadap tanaman ini. Jika sudah pasti aman, gosokkan lidah buaya pada kulit yang alergi beberapa kali dalam sehari.
Kompres dingin

Gejala gatal-gatal dapat menjadi buruk apabila kulit mendapatkan paparan panas. HIndari duduk atau berada di bawah sinar matahari langsung dapat mengurangi gejala gatal-gatal. Selain itu, Anda bisa menggunakan kompres dingin pada area yang gatal selama 10 menit untuk meredakan iritasi.

Hindari produk-produk tertentu yang dapat membuat kulit iritasi

Beberapa jenis sabun dapat membuat kulit Anda menjadi kering dan menyebabkan rasa gatal. Selalu pastikan Anda menggunakan sabun yang diproduksi khusus untuk kulit yang sensitif. Produk-produk yang memiliki wangi tertentu dan mengandung bahan-bahan kimia yang dapat membuat iritasi juga harus dihindari. Selain sabun, produk yang dapat menyebabkan iritasi lain termasuk lotion dan pelembap kulit.

Cara-cara tersebut di atas merupakan perawatan alternatif yang bisa Anda lakukan untuk mengobati gatal-gatal yang disebabkan oleh alergi dingin, panas, gigitan serangga, dan lain-lain. Gatal-gatal biasanya akan menghilang dengan sendirinya. Namun, apabila dalam 24 jam gatal-gatal malah menjadi semakin lebih parah, segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan diagnosa dan perawatan yang tepat. Hindari hal-hal yang dapat membuat alergi untuk mencegah gatal-gatal menjadi lebih buruk.
Reply




Users browsing this thread: 1 Guest(s)

About Ziuma

ziuma - forum diskusi dan komunitas online. disini kamu bisa berdiskusi, berbagi informasi dan membentuk komunitas secara online. Bisa juga berdiskusi dengan sesama webmaster/blogger. forum ini berbasis mybb

              Quick Links

              User Links

             powered by