Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Gangguan Kehamilan HELLP Sindrom, Siapa yang Paling Berisiko?
#1
[Image: hellp-sindrom.jpg]


HELLP sindrom termasuk jenis komplikasi saat kehamilan dan berpotensi mengancam jiwa. Sindrom ini terdiri dari 3 gangguan kesehatan diantaranya hemolisis, peningkatan kadar enzim di hati, serta rendahnya jumlah trombosit. Bahkan angka kematian akibat HELLP sindrom dilaporkan hingga mencapai 30%.
Gejala yang mungkin timbul diantaranya kelelahan, nyeri perut bagian bawah, mual dan muntah, sakit kepala, bengkak di tangan dan wajah, pandangan buram, serta sakit saat mengambil napas dalam. Selain itu, terdapat beberapa faktor yang meyebabkan peningkatan risiko HELLP sindron, antara lain:
1.  Pendduduk Kaukasia
HELLPS sindrom dipengaruhi oleh jenis ras dan suku. Kaukasia merupakan penduduk berkulit putih yang banyak tersebar di Amerika dan Eropa. Menurut Journal of Pregnancy, perempuan Kakukasia lebih sering mengalami HELLPS sindrom dibandingkan perempuan Afrika-Amerika dan Hispanik. Studi lain juga menyebutkan bahwa penduduk berkulit putih memiliki kemungkinan lebih tinggi mengalami HELLPS sindrom.
2.  Penderita obesitas
Berdasarkan Southern Medical Journal, tidak terdapat hubungan yang signifikan antara berat badan ibu dengan tingkat keparahan HELLP sindrom. Akan tetapi, berat badan berkaitan dengan peningkatan tekanan darah yang menjadi faktor risiko HELLP sindrom lainnya. Penderita obesitas lebih rentan mengalami hipertensi dibandingkan orang dengan Indeks Massa Tubuh (IMT) normal.
Selain itu, peningkatan IMT juga berkaitan dengan kondisi pre eklampsia. Perempuan yang menderita obesitas bahkan sebelum kehamilan berisiko mengalami pre eklampsia.
3.  Terjadi pada kehamilan pertama atau kedua
Berdasarkan Fakultas Kedokteran Unair, sebagian besar ibu yang mengalami HELLP sindrom terjadi pada kehamilan pertama dan risiko kembali mengalami penyakit yang sama di kehamilan kedua semaki berkurang. Meskipun kehamilan kedua tetap tergolong risiko tinggi jika dibandingkan dengan ibu tanpa HELLP sindrom.
4.  Penderita penyakit ginjal
Beberapa sumber menyebutkan bahwa gagal ginjal akut selama kehamilan berhubungan dengan kemungkinan mengalami HELLPS sindrom. Akan tetapi, sumber lain menyebutkan bahwa gagal ginjal akut lebih berhubungan dengan kejadian pre eklampsia. Meskipun pre eklampsia juga merupakan faktor risiko HELLPS sindrom.
Sebanyak 10% pasien gagal ginjal akut menderita HELLP sindrom. Penelitian mengenai hubungan keduanya masih memerlukan penelitian lebih lanjut. Gagal ginjal akut dan HELLP sindrom berisiko menyebabkan kematian pada bayi dan ibu hamil.
5.  Mempunyai riwayat pre eklampsia
HELLP sindrom berkaitan erat dengan pre eklampsia. Sebanyak 10-20% perempuan yang mengalami pre eklampsia tingkat parah juga mengalami HELLP sindrom. Pada banyak kasus terjadi di kehamilan usia di bawah 35 minggu. Pre eklampsia ditandai dengan tekanan darah tinggi dan kandungan protein yang tinggi di dalam urin. Meskipun ada juga kasus HELLP sindrom yang tidak disertai dengan pre eklampsia.
6.  Perempuan hamil berusia sekitar 30 tahun
Sebuah penelitian dilakukan dan dipublikasikan melalui San Paulo Medical Journal, hasilnya menunjukkan bahwa penderita HELLP sindrom paling banyak dialami ibu hamil berusia 19-34 tahun. Lebih dari 50% penderita berada pada rentang umur tersebut. Begitu pula pada studi lain yang menunjukkan bahwa rata-rata umur penderita HELLPS sindrom yaitu sekitar 30 tahun. Meskipun masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut dengan jumlah subyek lebih banyak.
Pada dasarnya, HELLP sindrom tidak bisa dicegah namun Anda sebisa mungkin mendeteksi gejalanya sejak dini. Dengan demikian dapat dilakukan pemeriksaan dan perawatan secepatnya. Lakukan pola hidup sehat untuk menghindarkan risiko obesitas yang mampu meningkatkan kemungkinan HELLP sindrom.
Reply




Users browsing this thread: 1 Guest(s)

About Ziuma

ziuma - forum diskusi dan komunitas online. disini kamu bisa berdiskusi, berbagi informasi dan membentuk komunitas secara online. Bisa juga berdiskusi dengan sesama webmaster/blogger. forum ini berbasis mybb

              Quick Links

              User Links

             powered by