Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Fungsi dan Jenis-Jenis Nota Dalam Transaksi Bisnis
#1
Sumber: Fungsi dan Jenis-Jenis Nota Dalam Transaksi Bisnis

Dalam aktivitas suatu perusahaan, kegiatan jual beli merupakan hal yang penting karena mempengaruhi perkembangan perusahaan. Khususnya perusahaan dagang.  Sebagai bukti dari proses jual beli tersebut biasanya akan di terbitkan bukti pembayaran yang sah.

Bukti pembayaran juga dapat digunakan untuk melengkapi arsip setiap transaksi bagi pelaku usaha. Bukti pembayaran memiliki jenis yang beragam salah satunya adalah nota. Nota yang sering kita lihat dan digunakan oleh para pegiat usaha memiliki beberapa jenis sesuai dengan fungsinya. Selain itu nota juga dapat digunakan sebagai alat pencocokan antara barang dan transaksi yang tercatat.

Pengertian nota adalah merupakan sebuah catatan  yang berisikan transaksi tertentu yang dapat di jadikan sebagai bukti sah atas pembelian suatu barang atau jasa yang di berikan kepada pembeli. Biasanya nota dibuat rangkap dua, satu lembar untuk pembeli dan lembaran kedua untuk penjual

Beberapa hal yang terdapat dalam nota diantaranya:
  • Terdapat nama perusahaan
  • Nomor nota
  • Tanggal transaksi
  • Jumlah barang
  • Jenis barang
  • Harga satuan
  • Jumlah harga
  • Total harga
  • Nama penerima
Hampir semua lapisan masyarakat tidak asing dengan nota yang merupakan bukti sah dari proses jual beli. Ketika terdapat barang yang kurang sesuai, nota dapat digunakan untuk mengembalikan barang kepada penjual. Biasanya ketika hal itu terjadi, dalam melakukan pengembalian barang, biasanya penjual akan memberikan nota kembali tetapi dengan jenis nota yang berbeda. Nota ini akan membantu penjual untuk melakukan penyesuaian dalam transaksi yang telah dicatat.

Sumber: Fungsi dan Jenis-Jenis Nota Dalam Transaksi Bisnis

Semua yang tercantum di dalam nota merupakan catatan untuk penjual. Hal yang tercatat dalam nota dapat mempengaruhi catatan debit kredit dalam transaksi perusahaan. Nota juga dapat digunakan sebagai patokan dalam melihat dengan cepat jumlah barang yang terjual dalam satu hari atau satu bulan.

Fungsi nota
Fungsi nota sendiri dapat dilihat pada masing-masing jenis nota. Fungsi nota secara umum yang dapat kita gunakan dalam sebuah usaha kita adalah sebagai berikut:

Mengetahui jumlah produk yang terjual

Jumlah total pembayaran
Sebagai tanda terima yang sah serta bukti transaksi sah dalam proses jual beli
Sebagai sumber data dalam pembukuan suatu perusahaan pada periode tertentu

Berdasarkan jenisnya nota dapat dikelompokan menjadi beberapa jenis tergantung kebutuhannya. Nota tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

Nota kontan
Nota kontan merupakan bukti atas transaksi yang dilakukan untuk mendokumentasi transaksi atas pembelian atau penjualan secara tunai. Nota ini dibuat rangkap dua yang biasa kita sebut nota asli dan salinan nota. Salinan nota biasanya digunakan untuk arsip pemilik toko.

Nota penjualan
Nota penjualan merupakan resi atau bukti dari sebuah pembelian barang secara tunai serta diberikan oleh penjual kepada pembeli. Secara umum, nota memiliki dua rangkap, halaman pertama dipegang pembeli, halaman kedua dipegang penjual sebagai dokumen pembukuan.

Nota debit
Nota Debit adalah bukti perusahaan telah mendebit perkiraan pelanggannya yang disebabkan oleh berbagai hal. Nota debit dikirimkan oleh perusahaan kepada pelanggannya karena barang yang dibeli dikembalikan karena mengalami kerusakan atau tidak sesuai dengan pesanan, dan penjual setuju barangnya diterima kembali atau harganya dikurangi.

Nota kredit
Nota kredit merupakan bukti atas transaksi penerimaan kembali barang yang telah dijual secara kredit kepada pihak tertentu. Barang tersebut dikembalikan barang yang datang tidak sesuai pesanan atau mengalami kerusakan. Pemilik toko akan memeriksa kembali dokumen faktur yang sebelumnya untuk melakukan penyesuaian atas barang yang dikembalikan kepada penjual. Penggunaan nota kredit ini dapat diberlakukan untuk semua pembeli atau hanya pada pembeli tertentu semua itu tergantung pada pemilik toko.


Sumber: Fungsi dan Jenis-Jenis Nota Dalam Transaksi Bisnis
Reply




Users browsing this thread: 2 Guest(s)

About Ziuma

ziuma - forum diskusi dan komunitas online. disini kamu bisa berdiskusi, berbagi informasi dan membentuk komunitas secara online. Bisa juga berdiskusi dengan sesama webmaster/blogger. forum ini berbasis mybb

              Quick Links

              User Links

             powered by